Jakarta Dilanda Banjir, Ini Pentingnya dan Jenis Asuransi yang Wajib Kamu Miliki

jenis asuransi

Di awal tahun 2020, sebagian wilayah Jakarta dilanda musibah banjir.  Banyak kerugian yang dialami oleh warga Jakarta dan sekitarnya, ini lho pentingnya bagi kamu memiliki asuransi. Jenis asuransi apa saja sih yang mesti dimiliki oleh korban banjir?

Memasuki dekade yang baru wilayah Ibu Kota dan sekitarnya seperti Tangerang Selatan, Bekasi dan Bogor diguyur hujan hampir seharian lebih. Akibatnya ratusan hingga ribuan penduduk harus di evakuasi oleh pemerintah setempat.

Ketinggian air yang mencapai 1 meter lebih membuat masyarakat gak bisa menyelamatkan barang berharga. Di media sosial bahkan terdapat video-video yang menampilkan banyaknya harta benda warga terseret banjir. 

Kejadian memilukan seperti ini pastinya gak pengin dialami oleh banyak orang? Salah satu cara mengatasi kerugian adalah dengan menggunakan asuransi. Bagi sebagian orang mungkin memiliki asuransi dianggap sepele, namun siapa yang menyangka bahwa sangat membantu kamu. 

Nah daripada berpanjang lebar lagi mending kita simak langsung aja nih ulasan mengenai jenis asuransi dan urgensi menggunakannya di musim hujan seperti sekarang ini.

Baca juga: 5 Jenis Asuransi yang Mesti Dimiliki Milenial Berdasarkan Urutan Kebutuhan Menurut Pakar

Pengertian asuransi

jenis asuransi
Ini lho pengertian asuransi bagi kamu yang belum mengerti, (Ilustrasi/Shutterstock).

Untuk sebagian masyarakat Indonesia, asuransi merupakan produk yang kurang populer karena pemahaman tentang hal yang satu ini masih terbilang rendah. Padahal di negara maju seperti Inggris dan Jerman, jenis-jenis asuransi sudah menjadi kebutuhan yang gak terelakkan lagi buat masa depan.  

Sebenarnya, apa sih asuransi itu? Menurut KBBI, asuransi sendiri adalah pertanggungan (perjanjian antara dua pihak, pihak yang satu berkewajiban membayar iuran dan pihak yang lain berkewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran apabila terjadi sesuatu yang menimpa pihak pertama atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang dibuat).

Singkatnya, asuransi merupakan salah satu investasi jangka panjang untuk memastikan kebutuhan gak terduga di masa depan bisa terpenuhi secara layak sesuai perjanjian. Kebutuhan tersebut terbagi atas berbagai macam jenis asuransi mulai dari kesehatan, jiwa, rumah, kendaraan hingga anak.

Oleh karena itu penting banget nih buat kamu yang sekarang belum memiliki asuransi untuk segera mendaftarkan diri.

Baca juga: Mau Dapat Premi Asuransi Jiwa Murah? Begini Strateginya, Perlu Dicoba Lho!

Manfaat dan pentingnya memiliki asuransi

jenis asuransi
Ini lho segudang manfaat kamu memiliki asuransi, (Ilustrasi/Shutterstock).

Banyak orang enggan menggunakan asuransi karena manfaatnya gak bisa selalu dirasakan. Seperti dijelaskan di atas, asuransi adalah pertanggungan antara 2 belah pihak untuk mengcover suatu permasalahan yang mungkin terjadi di masa depan.

Contohnya seperti bencana banjir yang saat ini tengah melanda kawasan Jakarta dan sekitarnya di awal tahun 2020. Gak ada yang bakal menyangka bahwa tinggi air bisa mencapai dada orang dewasa di beberapa lokasi, akibatnya mereka harus merelakan harta seperti mobil dan televisi hanyut terbawa arus banjir. 

Gak cuma banjir, ada banyak hal gak terduga lainnya yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Itu baru bencana, belum lagi dari sisi kesehatan masyarakat kota metropolitan yang cenderung memiliki gaya hidup yang kurang sehat.

Meskipun biaya perawatan di rumah sakit umumnya bakal di tanggung oleh pemerintah setempat, namun ada juga beberapa hal yang gak ditanggung seperti harta.

Baca juga: 5 Asuransi Mobil Terbaik dan Besaran Premi Berdasarkan Aturan OJK

Jenis asuransi yang tepat saat musim hujan

jenis asuransi
Ini lho sedertan jenis asuransi yang mesti kamu miliki buat antisipasi musim hujan dan banjir tiba, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ada bermacam-macam produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan di Tanah Air. Sebagai orang yang cerdas, kamu harus pintar-pintar nih memilih pilihan asuransi mana yang sesuai dengan kebutuhan diri kamu sendiri agar gak mubazir uangnya.

Berhubung awal bulan ini curah hujan sangat tinggi dan risiko banjir mengancam setiap waktu, ada beberapa jenis asuransi yang bisa kamu pertimbangkan berikut ini:

Asuransi mobil dan motor

Jenis asuransi pertama yang bisa kamu coba adalah asuransi kendaraan pribadi berupa motor atau mobil. Sebab kerugian materiil yang bisa disebabkan oleh banjir terbilang cukup mahal, apalagi kalau kendaraan pribadi kamu sampai terendam dan terseret air.

Uang puluhan hingga ratusan juta rupiah bisa dipastikan akan keluar dari dompet kamu untuk memperbaiki kerusakan mobil. Apesnya lagi kalau mobil kamu benar-benar sudah gak bisa masuk bengkel lagi, terpaksa harus merelakan mobil atau motor kesayangan melayang.

Umumnya pihak asuransi menawarkan premi sekitar 3 persenan dari harga mobil untuk pilihan All Risk (semua jenis klaim). Jadi misalkan kamu memiliki sebuah mobil seharga Rp 20 juta maka total premi yang harus dibayarkan per tahun sebesar Rp 6 juta.

Tentunya angkanya jauh lebih kecil jika kamu harus pergi ke bengkel dan memperbaiki suku cadang yang harganya bisa mencapai belasan bahkan puluhan juta.

Asuransi rumah

Jika mobil atau kendaraan pribadi kamu lainnya terendam air banjir dan mengalami kerusakan, biasanya risiko tersebut juga bakal dialami oleh rumah. Mau gak mau kamu bakal mengalami kerusakkan rumah. Pasalnya nih rumah merupakan kebutuhan primer bagi semua orang dan ini menjadi hal yang krusial.  

Kalau sudah terendam banjir dan mengalami kerusakan fisik yang besar, biaya yang dikeluarkan juga gak kalah mahal dibandingkan mobil lho.

Bahkan kasus yang terjadi pada tanggal 1 Januari 2020 kemarin ada beberapa rumah yang tanahnya amblas akibat banjir. Jadi bisa deh dipikir-pikir untuk menggunakan asuransi rumah bila lokasi perumahan kamu riskan terkena banjir.

Asuransi kesehatan

Selanjutnya ada asuransi kesehatan jika sewaktu-waktu kejadian yang gak diinginkan terjadi kepada kamu. Memasuki musim penghujan pastinya risiko mengalami kecelakaan semakin besar karena cuacanya yang buruk, apalagi untuk kamu yang pulang pergi kantor naik motor.

Oleh karena itu asuransi kesehatan bisa menjadi jenis asuransi selanjutnya yang bisa kamu gunakan di musim penghujan. Lagi pula gak hanya di musim hujan kok, asuransi kesehatan juga akan bermanfaat bila kamu sewaktu-waktu harus masuk ke rumah sakit dan terpaksa dirawat karena sakit.

Asuransi jiwa

Asuransi terakhir yang patut dipertimbangkan adalah asuransi jiwa. Amit-amit kalau kamu mengalami hal yang gak diinginkan saat bencana banjir terjadi.

Tapi yang namanya pencegahan harus dilakukan untuk skenario paling buruk sekalipun. Asuransi jiwa akan sangat membantu orang-orang yang berada di sekitarmu seperti keluarga dan saudara, apalagi yang sudah mempunyai istri dan anak.

Biaya kelanjutan hidup mereka bisa ditanggung oleh asuransi yang satu ini sampai limit tertentu sesuai dengan perjanjian.

Nah itulah sedikit penjelasan tentang jenis asuransi dan manfaatnya yang sangat penting di musim hujan seperti sekarang ini. Jadi tunggu apa lagi, yuk kita mulai menggunakan asuransi sesuai dengan kebutuhan! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →