Manfaat Menabung dan Cara Menabung untuk Masa Depan

manfaat menabung

Menurut KBBI menabung adalah kegiatan menyimpan uang. Menyimpan uang bisa dilakukan di mana-mana, bisa bank atau celengan dengan harapan untuk mendapatkan manfaat menabung.

Kegiatan menabung ini sudah menjadi kegiatan yang wajib dilakukan semua orang untuk mempersiapkan masa depan. 

Tidak hanya untuk mereka yang telah berpenghasilan, tetapi untuk mereka yang masih anak-anak juga perlu lho. 

Namun, masih ada saja yang sulit untuk melakukannya. 

Berbagai alasan pun mereka jadikan dalih, seperti masalah kebutuhan hidup yang banyak, cicilan yang belum kunjung lunas, dan lain-lain. 

Padahal, gak ada batasan minimal uang yang harus ditabung. Selama konsisten dilakukan pasti akan menjadi banyak. Belum lagi segudang manfaat menabung yang bakal dirasakan. 

Manfaat menabung sejak dini

Menabung sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Jangan menunggu nanti-nanti untuk mempersiapkan dana di masa depan, apalagi kalau memiliki tujuan keuangan yang besar. 

Tujuan keuangan yang besar itu semisal mau menabung untuk pernikahan, membangun rumah, atau membeli sebuah barang mewah semisal mobil. 

Semakin dini kamu menabung, semakin cepat tujuan keuangan kamu tercapai. Namun, semakin telat kamu menabung, semakin terlambat pula tujuan kamu tercapai. 

Lantas, apa saja manfaat menabung sejak dini? 

1. Membantu mencapai tujuan keuangan 

Setiap manusia pasti memiliki tujuan keuangannya masing-masing. Misalnya, ingin memiliki rumah ketika usia 30 tahun. Tujuan tersebut tentu bisa dicapai jika keuangan memadai. 

Kalau mengandalkan gaji satu bulan mungkin tidak cukup, tapi kalau kamu menyisihkan uang sejak duduk di bangku sekolah kemudian menyisihkan gaji bulanan sejak pertama kali bekerja, bukan tidak mungkin dalam waktu dekat tujuan tersebut bisa tercapai. 

2. Membantu mempersiapkan dana masa depan 

Manfaat menabung sejak dini adalah bisa membantu mempersiapkan dana untuk masa depan. Karena kamu tidak akan pernah tahu, kira-kira pengeluaran apa yang bakal kamu perlukan di masa yang akan datang. 

Misalnya, untuk membantu biaya kuliah, biaya pelatihan-pelatihan profesional yang dibutuhkan kelak, sampai biaya-biaya kebutuhan rumah tangga nantinya.

3. Mampu menghindari kita dari utang 

Utang menjadi solusi bukan cuma buat kebutuhan mendesak, melainkan keinginan. Ingin membeli sesuatu kadang diwujudkan dengan utang karena uang yang dimiliki tidak mencukupi. 

Misalnya, ingin membeli mobil untuk kebutuhan sehari-hari, tapi duit tidak cukup, alhasil kamu membeli secara kredit. 

Andaikan kamu memiliki tabungan yang telah dikumpulkan sejak dini, mungkin kamu akan terbebas dari utang. 

Manfaat menabung untuk anak

Kegiatan menabung harus diperkenalkan sejak dini, bahkan sejak anak-anak. Sebab bagi anak-anak, ada banyak manfaat menabung yang bisa dirasakan, khususnya saat sudah dewasa nanti.

Bagi anak-anak, menabung bisa dilakukan di mana saja, bisa di celengan, atau di tabungan khusus anak-anak. 

1. Melatih kedisiplinan

Manfaat menabung bagi anak-anak yang pertama adalah melatih kedisiplinan mereka. Anak-anak diminta untuk menyisihkan sebagian uang jajan mereka untuk ditabung. 

Kegiatan ini harus dilakukan secara rutin dengan pantauan orang tua. Dengan cara ini, anak-anak jadi lebih terbiasa untuk hidup disiplin di kemudian hari. 

2. Melatih kesabaran

Anak-anak harus diajarkan menabung apabila ia menginginkan sesuatu. 

Ketika mereka menyisihkan sedikit demi sedikit uang jajan mereka untuk membeli sesuatu, di situlah kesabaran mereka dilatih. 

3. Melatih pengelolaan keuangan

Tanpa mengerti pengelolaan keuangan, hidup mungkin akan kacau. Demi menghindari hal itu, anak-anak perlu diajarkan untuk mengelola keuangan lewat kegiatan menabung. 

Dengan menabung, mau gak mau mereka akan menyisihkan uang jajan mereka ke dalam tabungan. 

Artinya, uang jajan tersebut telah dikelola dengan baik untuk mempersiapkan masa depan.

4. Mendidik anak untuk lebih sederhana 

Biasanya anak-anak menabung karena memiliki tujuan tertentu, misalnya mau membeli mainan yang mereka inginkan.

Agar tujuan tersebut cepat tercapai, mereka akan berusaha untuk menahan membeli hal-hal lainnya.

Secara tidak langsung, mereka telah belajar untuk hidup lebih sederhana demi mencapai sebuah tujuan.

5. Mengajarkan kerja keras 

Manfaat menabung bagi anak-anak selanjutnya adalah mengajarkan mereka bahwa segalanya tidak bisa didapatkan secara instan harus perlu kerja keras dan pengorbanan. 

Dengan menabung, mereka jadi belajar berusaha menyisihkan uang jajannya untuk mencapai yang mereka inginkan.

Manfaat menabung bagi keluarga

Bagi sebuah keluarga apalagi yang memiliki anak, menabung merupakan kegiatan wajib yang harus mereka lakukan. Karena saat berkeluarga, kebutuhan hidup akan semakin kompleks.

Ada banyak manfaat menabung yang didapatkan bagi sebuah keluarga, mulai dari pendidikan anak sampai memenuhi kebutuhan hiburan keluarga. 

1. Memenuhi pendidikan anak 

Salah satu jembatan yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan adalah pendidikan. Semakin tinggi pendidikan, semakin besar peluang untuk mencapai kesuksesan. 

Sebagai sebuah keluarga, tentu kamu ingin dong anak-anak kita mendapatkan pendidikan yang terbaik. Nah, sayangnya untuk mendapatkan pendidikan terbaik itu juga diperlukan dana. 

Dana pendidikan setiap tahunnya diperkirakan naik. 

Oleh sebab itu, sebagai orang tua kamu perlu mempersiapkannya sedini mungkin dengan cara menabung, bahkan sedari anak belum sekolah. 

Selain tabungan, kamu juga bisa mempersiapkan pendidikan anak lewat asuransi pendidikan.

Hanya dengan premi mulai Rp200 ribuan, kamu bisa memastikan pendidikan anak hingga kuliah, terlepas dari kondisi orang tua di masa depan.

2. Mempersiapkan dana pensiun 

Manfaat menabung berikutnya adalah untuk mempersiapkan dana pensiun di hari tua. Saat pensiun nanti, kamu mungkin sudah tidak menerima penghasilan lagi.

Akan tetapi, kebutuhan hidup harus tetap terpenuhi. Karena itu, persiapkan tabungan sedini mungkin untuk menghadapi masa pensiun nanti. 

3. Mempersiapkan diri saat keadaan darurat

Keadaan darurat bisa terjadi kapan saja, misalnya kamu di-PHK, atau salah satu anggota keluarga ada yang terkena sakit keras dan membutuhkan banyak uang untuk pengobatan. 

Manfaat menabung dalam masalah ini tentu saja untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi kondisi darurat.

Jika tidak memiliki banyak tabungan, kamu mungkin akan repot menghadapinya.

4. Memenuhi kebutuhan hiburan keluarga 

Manfaat menabung selanjutnya adalah bisa memenuhi kebutuhan hiburan keluarga. Setiap keluarga membutuhkan hiburan untuk saling mengakrabkan atau sekadar melepas penat.

Hiburan tersebut bisa berbentuk liburan bersama, makan bersama di restoran, atau berbelanja barang-barang yang diinginkan. Memiliki tabungan dapat memenuhi kebutuhan tersebut. 

Kamu tidak perlu mengambil cicilan atau utang untuk memenuhi kebutuhan hiburan keluarga bila memiliki tabungan yang cukup. 

Sarana menabung yang tepat

Setelah mengetahui tentang manfaat menabung, lantas di mana sih sarana menabung yang tepat? Sarana menabung ini tentu harus disesuaikan pula dengan tujuan kamu. 

Jika menyetorkan tabungan dalam jumlah besar, menabung di bank adalah pilihan yang tepat. 

Cara menabungnya pun cukup mudah dengan membuka rekening dan menyetorkan dana ke rekening tersebut. 

Menabung di bank memiliki dua keuntungan. Pertama, sudah disematkannya teknologi dengan tingkat keamanan tinggi, sehingga tabunganmu akan tersimpan dengan aman. 

Kedua adalah adanya bunga tabungan yang memungkinkan nilai tabungan kamu bertambah. 

Untuk anak-anak, kamu bisa mengajarkan mereka untuk menabung menggunakan celengan. Beli celengan dengan bentuk karakter yang mereka sukai untuk menarik minatnya menabung. 

Bisa juga kamu membuatkan mereka rekening tabungan bagi mereka, namun dengan produk tabungan anak.

Keunggulan tabungan anak adalah setoran awalnya yang ringan dan pembukaan rekeningnya yang praktis. 

Cara menabung yang baik 

Manfaat menabung tidak akan bisa kamu rasakan bila tidak diikuti dengan tindakan menabung yang baik. Berikut ini beberapa tips cara menabung yang baik.

  • Tentukan nominal tabungan setiap bulannya dan konsisten tidak boleh kurang. 
  • Sisihkan uang tabungan di awal gajian, bukan di saat tanggal tua. 
  • Pergunakan rekening khusus, seperti misalnya tabungan berjangka agar uang tabungan tidak bisa ditarik dengan mudah. 
  • Pisahkan rekening tabungan dengan rekening pengeluaran hari-hari. 
  • Tentukan tujuan keuangan agar semangat untuk menabung. 
  • Hidup hemat dan jangan terlalu boros. 

Gunakan kalkulator menabung bulanan untuk mencapai target

Kamu mungkin masih bingung berapa sih uang yang harus ditabung? Sebenarnya, tidak ada batasan dalam menabung, kamu bisa menyesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai.

Misalnya, ingin membeli mobil baru yang harganya mahal, tentu tabungan yang harus kamu sisihkan harus besar agar cepat tercapai. Atau kamu sudah memiliki target waktu? 

Jika sudah memiliki target berapa tahun untuk mencapainya, kamu tinggal gunakan kalkulator menabung bulanan untuk mengetahui berapa sih uang yang harus kamu sisihkan setiap bulannya. 

Langsung aja digunakan kalkulator menabung bulanan di bawah ini.

Cara menghindari perilaku boros

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, untuk bisa menabung dengan baik kamu harus hidup hemat dan menghindari perilaku boros

Pasalnya, masih banyak nih mereka-mereka yang sulit untuk menghindarinya. 

Agar manfaat menabung makin cepat dirasakan, kamu harus atasi dulu masalah boros tersebut dengan cara-cara berikut ini,

  • Menghindari utang. Sebisa mungkin untuk tidak memiliki utang, jika ingin membeli sesuatu, menabunglah. 
  • Bawa bekal. Buat anak-anak hingga para pekerja untuk mengurangi biaya makan di sekolah atau tempat kerja, lebih baik membawa bekal dari rumah. 
  • Belilah hal-hal yang diperlukan, bukan diinginkan. Agar manfaat menabung bisa dirasakan, jangan mudah tergoda dengan keinginan.
  • Mengatur pos pengeluaran. Usahakan untuk mengalokasikan pos tabungan lebih besar dari biasanya. Untuk pos foya-foya atau lifestyle bisa dikurangi agar tabungan cepat menggendut. 
  • Targetkan pengeluaran sehari-hari kalau bisa bawa uang secukupnya. Misalnya sehari kamu menargetkan pengeluaran Rp100.000 untuk sekeluarga, usahakan untuk disiplin dan tidak melebihi itu. 

Demikianlah informasi singkat mengenai manfaat menabung hingga cara menabung yang baik. Semoga informasi di atas bisa membuat kamu semakin semangat untuk menggendutkan rekening tabungan. 

Apabila kamu memiliki pertanyaan lain terkait tabungan, investasi, bisnis, hingga asuransi, tanyakan langsung ke para ahli yang telah bekerja sama dengan Lifepal di Tanya Lifepal

Pertanyaan-pertanyaan seputar manfaat menabung

Berikut ini sejumlah pertanyaan-pertanyaan tentang manfaat menabung. 

Manfaat menabung tentu sangatlah banyak, yang utama, menabung membantu kita untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan yang telah direncanakan.

Selain itu, menabung juga membantu kita untuk mempersiapkan masa depan yang penuh dengan ketidakpastian.

Cara menyimpan uang yang baik tentu pertama adalah harus menentukan sarananya.

Jika ingin menabung secara rutin, kamu bisa memilih sarana tabungan yang aman di bank. Setelah itu, usahakan untuk menabung setiap awal gajian atau baru mendapatkan uang.

Artinya, kamu harus menyisihkan di awal dan bukan menyisakan di akhir.

Lakukan secara konsisten dan kurangi sifat boros agar tidak tergoda mengambil uang tabungan sebelum tujuan keuangan tercapai.

Mengetahui mana kebutuhan dan mana keinginan adalah cara terjitu untuk mengatasi sikap boros.

Boros biasanya disebabkan oleh kegiatan pembelian sesuatu yang kita inginkan namun, belum tentu kita butuhkan.

Menyimpan uang lebih baik di produk-produk perbankan, seperti rekening tabungan.

Selain keamanannya yang terjamin, menabung di rekening tabungan juga berkesempatan mendapatkan bunga setiap tahunnya dari nilai yang kita tabungkan.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →