Manfaat Pajak untuk Kepentingan Negara dan Masyarakat

objek pajak

Sudah rutin bayar pajak bahkan tidak pernah telat lapor, namun kira-kira hasil pajak kita dimanfaatkan untuk apa, ya? 

Seiring pemerintah terus menambah kualitas pelayanan publik, makin banyak fasilitas umum yang berhasil dibangun. Misalnya, jembatan penyeberangan antarpulau, halte bus, sampai sebatas penanaman pohon-pohon di trotoar pejalan kaki sebatas untuk memperindah struktur kota. 

Pada dasarnya, semua berhasil diraih berkat dana pembangunan yang berasal dari pajak. Namun, contoh-contoh di atas hanya sebagian kecil saja dari pemanfaatan pajak yang telah dilakukan pemerintah. Yang pasti, pajak dimanfaatkan untuk berbagai hal yang pastinya berguna untuk seluruh komponen negara secara utuh. 

Manfaat pajak sendiri terbagi atas dua tujuan, yaitu manfaat untuk kegiatan bernegara dan kebaikan masyarakat secara umum. Mari, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Manfaat Pajak Untuk Negara

manfaat pajak

Pajak adalah pungutan wajib yang dibayar warga negara secara perorangan atau badan usaha sesuai dengan ketentuan dalam UU Perpajakan yang berlaku. 

Selanjutnya sebagian dana yang telah disetorkan akan dimanfaatkan kembali untuk kesejahteraan negara dan masyarakat, yaitu mulai dari membayar utang negara, membiayai subsidi, hingga menunjang perekonomian negara.

Dalam prosesnya, pemanfaatan pajak terbagi menjadi empat, yaitu untuk anggaran, regulasi, stabilitas, hingga retribusi pendapatan. Berikut penjelasan lengkapnya.

Manfaat anggaran

Pajak memiliki manfaat sebagai sumber pendapatan negara. Dalam hal ini pajak digunakan untuk membiayai belanja pegawai, belanja barang, pemeliharaan, dan lain sebagainya. 

Sedangkan untuk pembiayaan pembangunan, biaya akan dikeluarkan dari tabungan pemerintah yang mana dalam hal ini sumber utama tabungan pemerintah berasal dari sektor pajak.

Manfaat regulasi

Dalam hal ini, pajak digunakan oleh pemerintah sebagai alat untuk mencapai tujuan tertentu. Misalnya, dalam rangka menggiring orang-orang melakukan penanaman modal, baik di dalam negeri maupun luar negeri, pemerintah memberikan berbagai fasilitas keringanan pajak. 

Contoh lainnya seperti dalam rangka melindungi produksi dalam negeri, pemerintah menetapkan bea masuk yang tinggi untuk produk dari luar negeri.

Manfaat stabilitas

Berkat dana yang dikumpulkan melalui pajak, pemerintah mampu menjalankan kebijakan yang berhubungan dengan stabilitas harga. Maka dari itu, arus inflasi bisa makin dikendalikan. Hal ini bisa dilakukan dengan mengatur peredaran uang di masyarakat, pemungutan pajak, dan penggunaan pajak yang efektif serta efisien.

Manfaat redistribusi pendapatan

Dengan adanya pajak, maka pemerintah mampu membiayai segala kepentingan umum, termasuk membiayai pembangunan, sehingga bisa membuka kesempatan kerja yang nantinya dapat meningkatkan pendapatan.

Manfaat Pajak bagi Masyarakat

 

Setelah kita melaksanakan kewajiban sebagai wajib pajak, maka secara tidak langsung kita telah membantu program pemerintah untuk memajukan pembangunan. Salah satu dampak pembangunan yang kita rasakan adalah pengadaan fasilitas dan layanan umum, seperti jalan tol, jembatan, sekolah, transportasi umum,dan masih banyak lagi.

Untuk tahu lebih jelas, berikut adalah manfaat-manfaat pajak untuk masyarakat.

Pelayanan publik

Pemerintah mengalokasikan dana pajak untuk mengoptimalkan fungsi pelayanan umum seperti berikut.

  • Meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan kesehatan.
  • Meningkatkan akses dan kualitas instansi pemerintahan.
  • Meningkatkan jumlah unit pelayanan publik yang telah menerapkan penggunaan e-services.

Pertahanan dan keamanan

Untuk mewujudkan negara yang aman dan seluruh masyarakat terlindungi, tentu tidak membutuhkan dana yang sedikit. Maka dari itu dana akan diambil dari pajak yang telah disetorkan. 

Dana tersebut akan digunakan untuk memperkuat kedaulatan negara melalui pengembangan Alutsista atau Alat Utama Sistem Pertahanan, peningkatan fungsi sistem peradilan pidana terpadu (SPPT), hingga pengadaan dan distribusi logistik saat bencana tiba.

Kualitas transportasi

Manfaat pajak berikutnya adalah untuk meningkatkan kualitas transportasi umum guna meningkatkan perekonomian masyarakat. Yang mana sasaran dari alokasi ini adalah pembangunan jalur kereta api, jalan baru, jembatan penyeberangan, bendungan, pelabuhan laut, bandara, hingga pembangunan irigasi serta rehabilitasi.

Rumah dan fasilitas umum

Pajak akan dialokasikan guna penyediaan rumah berbasis tabungan, pengembangan permukiman, pengelolaan air limbah, drainase, sampah, air bersih untuk permukiman, dan pembangunan serta peningkatan kualitas rumah swadaya. 

Kualitas pelayanan kesehatan

Pajak akan dialokasikan guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat, di antaranya:

  • Penyediaan makanan tambahan bagi balita kurus.
  • Pembinaan Puskesmas.
  • Peningkatan penyediaan obat.
  • Peningkatan akses kesehatan di seluruh Indonesia.

Pariwisata

Dana pajak dimanfaatkan untuk pengembangan pendidikan tinggi di bidang pariwisata, terlaksananya peningkatan akses transportasi ke destinasi wisata, peningkatan tata kelola pemberdayaan masyarakat, dan pengembangan komunikasi pemasaran pariwisata dalam negeri ke mancanegara.

Agama

Sebagaimana ada enam agama yang diakui di Indonesia, pengalokasian pajak turut difokuskan pada upaya peningkatan pelayanan ibadah masing-masing agama, misalnya pembangunan rumah ibadah yang bersih dan kuat. Contoh lainnya, pemerintah turut mengembangkan asrama haji dan pembinaan petugas haji profesional untuk kepentingan umat Islam.

Pendidikan

Pajak dimanfaatkan guna meningkatkan akses layanan pendidikan dasar, peningkatan kualitas bantuan operasional sekolah, meningkatkan kualitas pembelajaran melalui revitalisasi pendidikan tinggi, dan pengakreditasi pada ribuan prodi serta perguruan tinggi.

Dengan ulasan di atas, kita dapat mengetahui bahwa pembangunan fasilitas dan layanan umum yang kita nikmati selama ini bersumber dari pajak yang telah disetorkan oleh setiap wajib pajak. Maka dari itu sudah sepantasnya jika kita senantiasa menjaga fasilitas dan layanan yang telah dibangun oleh pemerintah agar dapat menikmati bersama untuk waktu yang lama.

Mari menjadi orang bijak yang selalu taat membayar pajak!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →