Modal Rp 6.000 Bisa Investasi! Ini Keuntungan dan Cara Buka Tabungan Emas

[TEMPO/STR/Dasril Roszandi]

Tabungan emas bisa menjadi salah satu solusi tepat untuk kamu yang ingin mencapai #MerdekaFinansial atau kebebasan finansial. Pasalnya, dengan uang minim kamu sudah bisa berinvestasi yaitu dalam bentuk emas batangan.

Ibarat pepatah bilang, sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit. Nabung sedikit demi sedikit, lama-lama jadi banyak, demikian pula halnya dengan menabung emas.

Ya, tabungan emas merupakan salah satu program milik Pegadaian untuk memudahkan masyarakat untuk berinvestasi. Dana yang dipersiapkan juga gak terlalu besar kok, yaitu dengan uang sebesar Rp 6.000 saja.

“Tabungan emas? Gimana ya maksudnya? Kita nabung dalam bentuk emas gitu?”

Bukan. Tabungan emas yang dimaksud di sini adalah kamu menabung dalam bentuk uang untuk membeli emas.

Seperti yang dilansir dari situs resmi Pegadaian, harga emas batangan seberat 0,01 gram sebesar Rp 5.950 tepatnya di tanggal 13 Agustus 2018. Jadi dengan uang sebesar Rp 6.000 aja kamu udah bisa mulai investasi emas. Mudah banget bukan?

Tabungan emas memang ditujukan untuk masyarakat menengah ke bawah yang ingin berinvestasi. Ya, karena kan gak semua orang bisa beli emas secara tunai.

Investasi emas itu sangat menguntungkan lho. Karena ini jenis investasi jangka panjang, jadi keuntungannya baru bisa kamu rasakan di beberapa tahun bahkan puluhan tahun kemudian.

Karena itu, banyak orang yang memilih investasi emas untuk mengamankan keuangan mereka di masa tua. Ya, kamu pasti gak mau dong pas tua nanti masih aja pusing mikirin utang-utang yang tak kunjung selesai. Boro-boro mikirin liburan menikmati masa tua, yang ada kamu malah kerja keras buat bayar utang.

Karena itulah, mumpung masih muda, mending mulai terjun ke investasi emas ya supaya bisa #MerdekaFinansial di kemudian hari.

Lalu, bagaimana cara membuka rekening tabungan emas di Pegadaian?

Ada beberapa tahapan yang harus kamu lakukan untuk membuka rekening tabungan emas di Pegadaian. Berikut ini persyaratannya, termasuk berapa biaya yang harus kamu persiapkan.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi
  • Usia minimal 21 hingga 55 tahun.
  • Mengisi formulir pengajuan rekening tabungan emas.
  • Melampirkan identitas diri seperti KTP, SIM atau Paspor yang masih berlaku.
  • Membayar biaya administrasi sebesar Rp 10 ribu.
  • Membayar fasilitas titip emas sebesar Rp 30 ribu per tahun atau Rp 2.500 per bulan.
  • Dapat membeli emas dengan kelipatan 0,01 gram.

Perlu kamu ketahui kalau selama proses menabung, emas tetap akan berada di Pegadaian dan fisik emas baru baru dapat diambil oleh nasabah jika beratnya sudah mencapai minimal 5 gram

Untuk mencetak fisik emas juga akan dikenakan biaya cetak yang dinominal disesuaikan dengan berat emas.

Apa saja keuntungan tabungan emas?

Seperti yang dikutip dari situs resmi Pegadaian, berikut tiga keuntungan tabungan emas.

1. Investasi dengan uang kecil

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu tak perlu mengeluarkan uang gede untuk mulai investasi yaitu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 6.000.

Hal itu tentu saja dapat memudahkanmu karena kamu gak perlu mengeluarkan kocek besar untuk berinvestasi. Jadi, kebutuhanmu yang lainnya pun bisa tetap tercukupi.

2. Aman

Membuka tabungan emas, maka emasmu akan tersimpan aman di Pegadaian. Selain itu, emas milikmu juga akan diasuransikan oleh Pegadaian dengan layanan profesional.

Jadi, kamu gak perlu khawatir emasmu tiba-tiba hilang atau dicuri seperti kalau menyimpannya di rumah.

3. Bisa dijaminkan dan dijual

Kamu tentu sudah tahu kalau emas merupakan salah satu instrumen investasi yang mudah dicairkan alias bisa dijaminkan atau dijual dengan cepat.

Jadi saat kamu membutuhkan uang karena ada keperluan mendesak, kamu bisa langsung datang ke Pegadaian. Nah, pihak Pegadaian akan memberikan taksiran berapa nominal uang yang akan kamu terima. Mudah kan?

Itu dia keuntungan dan cara membuat rekening tabungan emas. Dengan segudang manfaat dan kemudahan, masih ragu untuk mulai investasi? Yuk mulai nabung emas, supaya #MerdekaFinansial di masa depan!

Buat kamu yang mau dapat Smartphone Samsung A6+ dan 20 Voucher Sodexo, yuk ikutan kontes #MerdekaFinansial MoneySmart.id di tautan berikut ini: bit.ly/Merdeka_Finansial

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →