Karier Cemerlang Mari Elka Pangestu dari Menteri Pariwisata hingga Direktur Bank Dunia

Mari Elka Pangestu

Kabar gembira dan membanggakan datang dari mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia era Presiden SBY, Mari Elka Pangestu. Mari Elka didapuk sebagai Direktur Bank Dunia yang baru, prestasi yang membanggakan bukan buat perempuan Indonesia.   

“Kami sangat senang untuk menyambut Mari dengan peran barunya yang sangat penting bagi institusi ini,” terang Presiden Bank Dunia David Malpass pada tanggal 10 Januari 2020 kemarin, mengutip dari Kompas.

Mari Elka Pangestu sendiri akan mengisi posisi Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia. Sebelumnya Srikandi Indonesia lainnya yakni Sri Mulyani juga sempat mengisi kursi strategis di Bank Dunia tahun 2010 hingga 2016 sebagai Direktur Pelaksana.

Pencapaian serupa patut kita apresiasi karena mereka telah mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. Mari Elka sendiri menjadi Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia bukan tanpa sebab, latar belakang pendidikan dan kariernya menjadi pertimbangan utama kenapa World Bank berani memberikan posisi tersebut. Nah daripada berlama-lama lagi mending kita simak langsung aja yuk profil lengkapnya berikut ini:

Baca juga: Mengabdi pada Negara, Menteri Ini Jadi Pejabat Paling Sederhana di Indonesia

Mari Elka Pangestu mendapatkan gelar Ph.D dari University of California

Mari Elka Pangestu
Mari Elka Pangestu mendapatkan gelar Ph.D dari University of California, (Ilustrasi/Shutterstock).

Perempuan kelahiran Jakarta, 23 Oktober 1956 ini memulai jenjang pendidikan tinggi Fakultas Ekonomi di Universitas Nasional Australia tahun 1979. Lalu melanjutkan tingkat Magister di Fakultas Ekonomi Universitas Nasional Australia di tahun 1981.

Gak berhenti sampai disitu, ia menyelesaikan pendidikan terakhirnya di University of California dan meraih gelar Ph.D pada tahun 1986, disertasi berjudul “The Effect of Oil Shocks on a Small Oil Exporting Country: The Case of Indonesia”. Dengan gelar yang lengkap seperti itu pantas aja sekarang sosoknya berhasil tembus ke Bank Dunia ya!

Baca juga: Sri Mulyani Jadi Menteri Lagi, Ini Sosok Pria di Balik Sang Menkeu

Marie Elka menjadi Menteri di Era Presiden SBY dan mengajar di beberapa Universitas

Mari Elka Pangestu
Mari Elka pernah menjabat menteri di era Presiden SBY, (Instagram/@maripangestu).

Sebelum menjadi Menteri, Marie Elka Pangestu bekerja di Centre for Strategic and International semenjak tahun 1986. Barulah pada tahun 2004 setelah SBY terpilih sebagai Presiden, sosok perempuan berzodiak scorpio ini duduk sebagai Menteri Perdagangan dari 2004 hingga 2009.

Dan dilanjutkan sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  di tahun 2011 hingga akhir periode kedua kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2014.

Gak hanya bekerja di CSIS dan pemerintahan, Mari Elka Pangestu juga aktif mengajar sebagai dosen di beberapa Perguruan Tinggi seperti di Universitas Prasetya Mulya dan Universitas Indonesia. Sedangkan di perusahaan besar ia sempat menjadi Presiden Komisaris di Bank Tabungan Pensiun Negara (BTPN).

Baca juga: Ini Nih 6 Fakta Bank Dunia yang Jarang Diketahui Orang

Mendapatkan banyak penghargaan

Mari Elka Pangestu
Mari Elka juga banyak menerima penghargaan sepanjang perjalanan kariernya, (Instagram/@maripangestu).

Mari Elka Pangestu juga memiliki berbagai penghargaan dari banyak pihak seperti Award Australian National University Masters Scholarship tahun 1980, penghargaan University of California Regents Fellowships tahun 1984 dan penghargaan Eisenhower Exchange Fellow, Individual National Program tahun 1990. 

Kisaran gaji dan harta Mari Elka Pangestu

Mari Elka Pangestu
Mari Elka memiliki kisaran gaji segini lho ketika nanti menjadi Direktur Bank Dunia, (Instagram/@maripangestu).

Mengutip data dari Glassdoor, rata-rata gaji yang didapatkan oleh jabatan Direktur di Bank Dunia adalah US$ 350 ribuan atau setara Rp 4,8 miliaran per tahun. Uang sebanyak itu belum termasuk dengan fasilitas dan tunjangan yang bakal didapatkan.

Sedangkan untuk hartanya sendiri tercatat pada LHKPN KPK terakhir tahun 2014 sebesar Rp 51.691.969.797 dan US$ 407.585.

Nah itulah sedikit profil dan karier Marie Elka Pangestu yang resmi menduduki kursi Direktur di Bank Dunia. Semoga sosok srikandi Indonesia ini mampu melaksanakan tugasnya dengan baik ya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →