Mark Zuckerberg Jadi Orang Terkaya Ketiga Dunia, Ini Fakta Uniknya

Mark Zuckerberg jadi orang terkaya ketiga di dunia.

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, dinyatakan sebagai orang terkaya ketiga di dunia versi Indeks Miliarder Bloomberg. Cukup mengejutkan, karena Zuckerberg, dengan kekayaan yang ditaksir mencapai US$ 81,6 miliar atau setara Rp 1.163 triliun, menyalip Warren Buffett, pemilik Berkshire Hathaway.

Menurut analisa Bloomberg, harta kekayaan bos Facebook berusia 34 tahun itu lebih banyak US$ 373 juta atau sekitar Rp 5,3 triliun saja dari Buffett, sang pengusaha gaek berusia 87 tahun. Ada fakta-fakta menarik di seputar ‘naiknya’ Zuckerberg ke peringkat baru itu. Apa saja, simak selengkapnya di bawah ini!

Bisnis teknologi merajai dunia

Kini, kekayaan Zuckerberg cuma diungguli oleh pendiri Amazon Jeff Bezos dan pendiri Microsoft Bill Gates yang berturut-turut menempati posisi pertama dan kedua. Formasi tiga besar kali ini juga cukup unik lho. Pasalnya, ketiga orang tersebut sama-sama memperoleh kekayaannya dari bidang teknologi. Menurut perhitungan Bloomberg, industri teknologi menyumbang seperlima atau lebih dari US$ 5 triliun dari seluruh kekayaan global.

Udah kaya, tinggal beramal deh

Yang juga menarik, bergesernya posisi Buffett terjadi bukan lantaran sesuatu yang buruk menimpa kerajaan bisnisnya. Hal itu terjadi lantaran kegemaran Buffett untuk menyumbangkan harta pribadinya untuk amal.

Hingga kini, Buffett sudah mendonasikan saham Kelas B Berkshire Hathaway senilai US$ 290 juta yang sebagian besar dimasukkan ke yayasan milik Bill Gates. Nah, jangan kaget ya, nilai saham tersebut kini sudah mencapai lebih dari US$ 50 miliar atau sekitar Rp 718 triliun!

Langkah mulia seperti ini rupanya juga dilakukan Zuckerberg. Lansiran Businessinsider, lewat lembaga amal Chan Zuckerberg Initiative, ia bertekad menyumbangkan 99% sahamnya di Facebook untuk keperluan pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan.

Forbes punya kalkulasi lain

Beda Bloomberg, beda lagi Forbes. Majalah finansial Amerika Serikat itu pada tahun 2018 masih menempatkan Mark Zuckerberg di peringat 5 orang terkaya di dunia.

Dengan kekayaan, yang menurut kalkulasi Forbes ada di kisaran US$ 77,6 miliar atau sekitar Rp 1.114 triliun, Zuckerberg belum menggeser Warren Buffett yang bertengger di urutan tiga dengan kekayaan US$ 84 miliar atau setara Rp 1.206 triliun. Harta Zuck pun masih di bawah Bernard Arnault yang kerajaan bisnisnya menaungi 70 brand ternama termasuk Luis Vuitton dan Sephora.

Tapi Bloomberg dan Forbes satu suara soal siapa yang pantas menempati posisi satu dan dua orang terkaya dunia. Siapa lagi kalau bukan Jeff Bezos di urutan pertama, disusul Bill Gates di urutan “runner up”.

When I was a baby and took my first steps, my mom wrote the date in a baby book. When my sister's children took their first steps, she recorded it with photos and videos. When Max started walking, I wanted to capture the whole scene with a 360 video so our friends and family can feel like they're right there with us. Here it is!

Posted by Mark Zuckerberg on Friday, 16 December 2016

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →