Masalah Keuangan Timbul Gara-Gara 4 Faktor Ini, Apakah Salah Satunya Kamu Lakukan?

Keuangan bermasalah seringkali menimpa masyarakat perkotaan saat ini (SHutterstock)

Masalah keuangan emang sangat berbahaya. Kalau dibiarkan, lama-lama bisa bikin kondisi keuangan gak sehat sehingga menyebabkan terjadinya kebangkrutan. Penyelesaian yang cepat perlu dilakukan buat mengatasi masalah keuangan dengan segera. Namun, lebih baik lagi kalau mengambil langkah antisipatif supaya masalah keuangan ini gak sampai muncul.

Itulah kenapa ada baiknya mengenali dan mengetahui faktor-faktor apa aja yang memicu terjadinya masalah keuangan. Nah, berikut ini adalah faktor-faktornya dan keputusan apa yang sebaiknya diambil.

1. Perencanaan keuangan gak dibuat sama sekali menjadi penyebab utama masalah keuangan

Menghitung pengeluaran tiap bulan (Shutterstock).
Menghitung pengeluaran tiap bulan (Shutterstock).

Keuangan yang sehat diawali dengan perencanaan keuangan yang baik. Tanpa perencanaan keuangan, mustahil kondisi keuangan dalam keadaan yang baik-baik aja.

Apalagi kebanyakan orang yang mengalami masalah keuangan mengakui gak memiliki keuangan yang terencana. Padahal, perencanaan keuangan sungguh membantu dalam mencapai tujuan-tujuan keuangan, baik tujuan jangka pendek maupun jangka panjang.

Selain terhindar dari persoalan keuangan, ada banyak manfaat dari memiliki perencanaan keuangan, mulai dari mempersiapkan dana darurat, uang muka KPR, dana pernikahan, dana kelahiran anak, dana pendidikan, dana pensiun, hingga modal usaha.

2. Tabungan gak dimiliki, bahkan dana darurat pun juga gak punya

Memiliki dana darurat itu penting (Shutterstock).
Memiliki dana darurat itu penting (Shutterstock).

Menabung itu pada dasarnya baik. Itulah kenapa banyak penasehat keuangan (financial advisor) dan perencana keuangan (financial planner) menyarankan pentingnya memiliki tabungan.

Bahkan, hal pertama-pertama yang paling sering mereka sarankan adalah membangun dana darurat. Sebab dana darurat sangat berperan nantinya ketika kamu sangat membutuhkan dana dalam jumlah besar dalam situasi gak terduga tanpa harus pinjam uang ke sana ke sini.

Membangun dana darurat itu gak sulit kok. Minimal sisihkan penghasilan tiap bulannya hingga terkumpul sebanyak 3 – 6 kali penghasilan. Semakin besar dana darurat, semakin bagus buat keuangan.

3. Asuransi berperan sebagai proteksi keuangan, tapi cenderung disepelekan

Jangan pernah menyepelekan asuransi (Shutterstock).
Jangan pernah menyepelekan asuransi (Shutterstock).

Masih menganggap bayar premi asuransi itu membuang-buang uang? Lebih baik buanglah jauh-jauh anggapan tersebut. Sebab masalah keuangan itu lahir karena gak adanya asuransi.

Udah jelas-jelas, asuransi itu diciptakan sebagai penyelamat di kala risiko-risiko yang merusak kondisi keuangan terjadi. Asuransi sendiri bekerja dengan mengganti kerugian keuangan yang dialami nasabah akibat risiko-risiko gak terduga. Itulah alasannya asuransi disebut proteksi.

Kalau pun gak memiliki asuransi, baik asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa, kamu seenggaknya punya BPJS ditambah dengan asuransi kantor. Lebih baik lagi kalau menambahnya dengan asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, hingga rumah.

Soal premi, gak usah khawatir. Ada kok asuransi ya mematok premi yang terjangkau. Selama mencarinya di tempat yang tepat, pasti dapat harga yang cocok.

4. Menunda investasi, padahal di masa depan begitu berharga nantinya

Investasi saham (Shutterstock).
Investasi saham (Shutterstock).

Jangan menunda berinvestasi kalau pengin memiliki hari tua yang bahagia. Gak cuma dirasakan pada masa tua sih sebenarnya, investasi juga bermanfaat dalam mempersiapkan dana pendidikan, dana pernikahan, bahkan memiliki rumah sendiri tanpa harus KPR.

Berinvestasi gak usah pusing-pusing. Mulailah menanam modal di instrumen yang kamu pahami semisal deposito. Perlahan-lahan, tapi pasti pelajarilah instrumen lainnya, seperti reksa dana, Surat Berharga Negara (SBN), hingga saham.

Ketika pemahamanmu udah jauh, kamu bakal menemukan instrumen mana yang baik buat tumbuh kembang modal sampai akhirnya bikin kekayaan berlipat nilainya.

Itu tadi beberapa faktor yang memicu terjadinya masalah keuangan. Dengan memiliki perencanaan keuangan yang baik, tabungan, dana darurat, asuransi, dan investasi, kamu niscaya bisa bebas dari masalah keuangan buat selama-lamanya. (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →