Masih Ngeyel Mau Traveling Dadakan ke Luar Kota? Ini Dia 4 Efek Negatifnya

traveling dadakan

Tentunya sudah pada tahu, traveling bisa lebih murah kalau direncanakan sejak jauh hari. Tapi mungkin masih ada yang ngeyel mau jalan-jalan dadakan.

Apalagi traveling dadakan ke luar kota. Bisa bikin rugi uang dan waktu!

Mungkin kita belum percaya kalau belum merasakannya sendiri. Tapi mending jangan sampai deh kejadian traveling dadakan baik disengaja maupun tidak.

Mau buktinya? Berikut ini alasan traveling dadakan ke luar kota bisa bikin rugi uang dan waktu:

1. Tiket perjalanan mahal

Entah via darat, rel, maupun udara, tiket perjalanan yang dibeli dadakan kemungkinan besar lebih mahal bila dibandingkan dengan beli sejak jauh hari. Terlebih tiket pesawat.

traveling dadakan
Jangan harap dapat tiket pesawat murah ya kalau pesannya dadakan (Pesawat terbang/Okezone)

Kita jadi gak leluasa membandingkan tarif satu penerbangan dengan penerbangan lain. Mungkin saja kita mengira sudah mendapat harga termurah, ternyata masih ada yang lebih murah.

Itu kalau beli via online. Saat beli tiket on the spot atau langsung di loket, tarif bisa jadi makin menguras kocek.

2. Tarif hotel mahal

Sama dengan tiket perjalanan, tarif hotel umumnya bisa lebih murah bila gak dipesan dadakan. Situs-situs traveling seperti Traveloka dan Mister Aladin sering memberikan diskon hotel maupun tiket perjalanan untuk pemegang kartu kredit tertentu.

Bila beli mepet, jelas sangat mungkin sudah kehabisan. Banyak yang mengincar diskon-diskon semacam itu via online. Salah satunya dengan mendaftarkan e-mail ke situs yang bersangkutan agar rutin menerima info terbaru, terutama diskon.

3. Rencana perjalanan gak matang

Salah satu manfaat merencanakan traveling sejak jauh hari adalah mematangkan rute wisata. Bila rencana gak matang, atau malah tanpa rencana, bisa jadi bujet wisata membengkak.

Misalnya seharusnya bisa langsung ke destinasi A, tapi malah transit dulu di B. Otomatis pengeluaran jadi lebih besar karena mesti beli tiket perjalanan dua kali.

traveling dadakan
Sudah travelingnya dadakan, sampai destinasi malah ada kebakaran (kebakaran di pantai/Tours)

Selain itu, waktu terbuang percuma. Mestinya bisa cepat sampai di destinasi yang dituju, eh malah “terdampar” di lokasi lain yang gak cihui. Jadi gak bisa memaksimalkan waktu buat bersenang-senang.

4. Ada potensi barang ketinggalan

Ketika traveling dadakan, persiapan pun dilakukan gradag-grudug. Kemungkinan ada barang ketinggalan lebih besar ketimbang traveling dengan rencana sebelumnya.

Barang yang paling sering ketinggalan adalah alat mandi. Bisa juga kekurangan baju ganti, termasuk daleman. Masak, pakai side A side B?

Ujung-ujungnya, beli baru. Keluar duit lagi. Iya kalau barang yang dibeli harganya standar. Kalau lebih mahal daripada harga pasaran karena belinya di lokasi wisata? Rugi dong.

traveling dadakan
Perasaan semua barang yang dibutuhkan udah masuk koper, eh tahunya celana pendek ketinggalan. Dadakan sih travelingnya (Bawa koper/Okezone)

Traveling dadakan memerlukan modal besar dan mental sekuat titanium agar pengalaman liburan menyenangkan. Banyak risiko yang mungkin terjadi dan merusak suasana liburan yang mestinya berwarna-warni.

Makanya, ketimbang membiasakan diri liburan dadakan, mulai deh kebiasaan merencanakan liburan sejak jauh hari. Paling minim 3 bulan sebelum keberangkatan sudah harus ada rencana.

Syukur-syukur bisa setahun sebelumnya. Dengan begitu, bujet liburan pun bisa lebih matang disiapkan.

Kita bisa menghitung berapa anggaran untuk tiket, berapa untuk jalan-jalan di lokasi tujuan, dan lainnya. Selain itu, kita dapat memanfaatkan promo liburan, antara lain promo kartu kredit.

Banyak situs seperti Traveloka dan Mister Aladin yang menawarkan harga khusus bila transaksi menggunakan kartu kredit tertentu. Kartu kredit itu antara lain Standard Chartered, Citibank, Permata, Bank Mega, Mandiri, dan BCA.

Daftar lengkap bisa dilihat di masing-masing situs. Temukan promo yang sesuai dan masih berlaku, karena umumnya ada periode promo kartu kredit tersebut.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Pilih 4 Kartu Kredit Terbaik untuk Travel Ini Biar Liburan Lebih Hemat]

[Baca: Bujet Pas-Pasan Bukan Berarti Gak Bisa Liburan. Coba 4 Destinasi Ini]

[Baca: Pilih 1 Minggu Travel Mewah atau 1 Bulan Travel Merakyat?]

[Baca: Sering Business Trip? Manfaatkan 5 Kartu Kredit Ini Untuk Nikmati Fasilitas Airport Lounge]

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis