Ini 20 Maskapai Terbaik di Dunia, Garuda Indonesia Peringkat Berapa?

Maskapai penerbangan

Skytrax, lembaga penilai industri penerbangan ini kembali merilis daftar maskapai penerbangan terbaik di dunia.

Seperti biasa beberapa maskapai ada yang mengalami naik peringkat, tapi juga ada yang turun peringkat, termasuk maskapai asal Indonesia, Garuda yang harus mengalami turun sebanyak tiga peringkat.

Mengejutkannya lagi, daftar 20 besar maskapai terbaik ini tidak ada maskapai dari AS. Padahal, kita tahu salah satu industri pesawat terbang paling besar lahir di sana, yaitu Boeing.

Penilaian Skytrax ini didasarkan dari survei yang dilakukan ke 21 juta penumpang pesawat terbang.

Kira-kira siapa saja ya yang masuk list 20 besar maskapai penerbangan terbaik di dunia? Garuda Indonesia ada di peringkat berapa? Berikut ulasannya seperti dikutip dari laman resmi Skytrax:

1. Qatar Airways

Maskapai penerbangan
Maskapai penerbangan Qatar Airways (Instagram/@qatarairways)

Qatar Airways menduduki peringkat pertama sebagai maskapai penerbangan terbaik di tahun 2019. Maskapai asal Qatar ini juga menempati peringkat pertama di kategori kelas bisnis terbaik. Tahun 2018, Qatar harus puas duduk di urutan kedua.

Di tahun 2020, di tengah pandemi virus corona, maskapai Qatar Airways menerapkan penggunaan masker dan sarung tangan pada tiap awak kabin. Tujuannya bukan cuma untuk untuk memastikan kesehatan dan keselamatan penumpang dan awak kabin.

Baca juga: Kayak Hotel Bintang Lima, Ini 10 Kabin Pesawat Terbaik di Dunia

2. Singapore Airlines

Maskapai penerbangan
Maskapai penerbangan Singapore Airlines (Instagram/@singaporeair)

Singapore Airlines harus puas tergeser dari posisi pemuncak, dan kini mereka bertengger di posisi kedua sebagai airlines di dunia. Tapi, Singapore Airlines tetap juara di kelas penerbangan first class.

Meskipun juara kelas, maskapai satu ini juga mengalami cukup banyak kerugian akibat pandemi virus corona 2020, yaitu sekitar Rp2,2 triliun.

3. ANA

Maskapai penerbangan
Maskapai penerbangan ANA (Instagram/@ana.japan)

Maskapai asal Jepang ini tetap bertahan di posisi ketiga. Tapi, tahun ini, mereka mendapatkan penghargaan sebagai maskapai dengan pelayanan bandara terbaik. Gak cuma itu saja, makanan yang disajikan di penerbangan juga menjadi yang terlezat di dunia.

Buat kamu yang mau melakukan perjalanan dengan maskapai satu ini, perlu diingat ya sampai 7 April 2020 telah memotong 90 persen penerbangan internasional mereka.

4. Cathay Pacific Airlines

Maskapai penerbangan
Maskapai penerbangan Cathay Pacific Airlines (Instagram/@cathaypacific)

Maskapai asal Hong Kong tahun ini naik ke urutan keempat dari tahun lalu hanya di urutan ke-6.

Cathay gak cuma masuk ke jajaran 10 besar airlines terbaik di dunia, tapi mereka juga mendapatkan rating tinggi di aspek teknologi dan keamanan penerbangan.

Sayangnya meskipun termasuk ke dalam jajaran maskapai terbaik dunia, maskapai satu ini akan menutup tiga pangkalan kru kabin di Amerika Serikat.

5. Emirates

Maskapai penerbangan
Maskapai penerbangan Emirates (Instagram/@emirates)

Emirates harus terpaksa turun ke urutan ke-5 tergeserkan oleh Cathay. Meski turun, tahun ini Emirates tetap juara di kategori hiburan penerbangan terbaik.

Pada Mei 2020, maskapai ini mulai membatasi membatasi jumlah penumpang per pesawat sebagai pencegahan penularan corona.

6. Eva Air

Maskapai penerbangan
Maskapai penerbangan Eva Air (Instagram/@evaairways)

Eva Air juga terpaksa turun satu peringkat dari tahun lalu ke posisi keenam. Tapi, soal kebersihan kabin dan katering kelas ekonominya, maskapai yang bermarkas di Taiwan ini menempati peringkat pertama.

Pada tahun 2020, EVA Air menempati peringkat ke-9 di antara maskapai lainnya di dunia berdasarkan analisis oleh Jet Airliner Crash Data Evaluation Center (JACDEC).

7. Hainan Airlines

Maskapai penerbangan
Maskapai penerbangan Hainan Airways (Instagram/@hainanairlines)

Maskapai asal China ini berbangga hati karena naik satu peringkat dari tahun lalu. Mereka juga mendapatkan penghargaan sebagai crew kabin terbaik di dunia.

8. Qantas Airways

Maskapai penerbangan
Maskapai penerbangan Qantas Airways (Instagram/@qantas)

Posisi Qantas tahun ini meroket tiga posisi dan masuk ke jajaran 10 besar maskapai penerbangan terbaik di dunia. Kelas bisnisnya juga diklaim sebagai yang terbaik di regional Australia Pasifik.

9. Lufthansa

Maskapai penerbangan
Maskapai penerbangan Lufthansa

Tahun 2019 bukan tahun yang baik buat maskapai asal Jerman satu ini. Pasalnya, mereka turun peringkat dari tahun lalu yang menempati posisi ke-7. Tapi, Lufthansa masih memegang penghargaan airlines terbaik di Eropa.

Saat ini maskapai Lufthansa sedang mencari pinjaman sebesar 290 juta euro dari pemerintah Belgia untuk menghindari kebangkrutan anak perusahaan Belgia, Brussels Airlines.

10. Thai Airways

Gak bergeser dari posisinya tahun lalu, Thai Airways masih betah di posisi ke-10. Meski banyak maskapai Asia di atas peringkatnya, tapi Thai punya fasilitas spa terbaik di dunia tahun ini.

Sayangnya meskipun menduduki peringkat ke-10 maskapai terbaik, Thai Airways dilaporkan bangkrut akibat tidak mendapatkan suntikan dana.

11. Japan Airlines

Maskapai penerbangan
Maskapai penerbangan Japan Airlines (Instagram/@japanairlines_jal)

Japan Airlines naik dua peringkat dari penilaian tahun lalu. Prestasinya tahun ini yaitu menyabet gelar kursi ekonomi terbaik di dunia.

Sayangnya pandemik virus corona mengakibatkan Japan Airlines untuk memangkas rute perjalanannya, hingga mencapai 40 persen.

12. Garuda Indonesia

Maskapai penerbangan
Maskapai penerbangan Garuda Indonesia (Instagram/@garuda.indonesia)

Nah, buat yang nungguin di mana posisi Garuda Indonesia, tahun ini Garuda Indonesia harus rela turun tiga peringkat dari tahun lalu yang menempati posisi ke-9.

Garuda Indonesia juga telah menyabet berbagai penghargaan lainnya misalnya maskapai dengan tingkat ketepatan waktu terbaik dunia versi OAG Flightview 2019.

Meski terdepak dari 10 besar airlines terbaik, tapi di Indonesia, Garuda masih yang terdepan.

13. Swiss International Airlines

Maskapai penerbangan
Maskapai penerbangan Swiss International Airlines

Maskapai asal Swiss ini juga turun satu peringkat. Tapi, mereka memenangkan penghargaan sebagai layanan ruang tunggu kelas satu terbaik di dunia.

14. China Southern Airlines

Maskapai penerbangan
Maskapai penerbangan China Southern Airlines (Instagram/@china_southern)

Posisi China Southern Airlines gak beranjak dari posisi ke-14. Begitu pula dengan posisi mereka yang gak bergeser sebagai maskapai terbesar di Asia.

Sayangnya meski menjadi maskapai terbesar di Asia, dampak virus corona membuat maskapai satu ini menurunkan harga tiket menjadi super murah, hanya 10-20 persen aja lho.

15. Austrian Airlines

Maskapai penerbangan
Maskapai penerbangan Austrian Airlines (Instagram/@austrianairlines)

Merangkak satu peringkat ke posisi 15, Austrian Airlines tahun ini juga memenangkan penghargaan katering kelas ekonomi dan kelas bisnis terbaik di Eropa.

Mereka juga mendapatkan penghargaan awak kabin terbaik di Eropa lho!

16. Air New Zealand

Maskapai penerbangan
Maskapai penerbangan Air New Zealand (Instagram/@airnz)

Penghargaan tertinggi Air New Zealand tahun ini adalah, memenangkan penghargaan airlines dengan ekonomi premium terbaik di Asia Pasifik.

Di akhir tahun 2019, Air New Zealand memenangkan penghargaan Airline Excellence Awards yang dinobatkan oleh AirlineRatings.com. Kemenangan tersebut mengalahkan maskapai Singapura, Singapore Airlines.

17. Bangkok Airways

Maskapai penerbangan
Maskapai penerbangan Bangkok Airways (Instagram/@bangkokairways)

Bangkok Airways tahun ini berhasil masuk ke jajaran 20 airlines di dunia. Tahun lalu mereka cuma berada di posisi ke-21.

18. KLM Royal Dutch Airlines

Maskapai penerbangan
Maskapai penerbangan KLM Royal Dutch Airlines (Instagram/@klm)

Maskapai ini termasuk yang tertua di dunia, karena telah berdiri sejak tahun 1919. Posisinya lumayan sih naik satu peringkat dari tahun lalu.

Dalam rangka merayakan usia satu abadnya, KLM mengganti perlengkapan di kabin seperti alat makan, karpet, dan pelapis tempat duduk dengan bahan yang lebih ramah lingkungan.

19. British Airways

Maskapai penerbangan
Maskapai penerbangan British Airways (Instagram/@british_airways)

Maskapai asal Inggris ini melompat jauh dari posisinya tahun lalu. Tahun lalu, mereka cuma menempati posisi ke-31, tapi kini secara mengejutkan masuk ke jajaran 20 besar maskapai terbaik di dunia.

Namun per April 2020, maskapai satu ini telah merumahkan 30 ribu karyawannya.

20. Air Asia

Maskapai penerbangan
Maskapai penerbangan Air Asia (Instagram/@airasia)

Maskapai penerbangan serba murah ini menjadi penutup 20 besar maskapai terbaik di dunia. Selain itu, tahun ini Air Asia juga memenangkan penghargaan sebagai penerbangan low cost terbaik di dunia.

Air Asia juga meluncurkan beberapa layanan perjalanan tanpa kontak guna menekan penyebaran virus corona, seperti kios tanpa kontak, opsi pembayaran tanpa kontak, Sistem Rekonsiliasi Penumpang (PRS), serta peningkatan fitur pada aplikasi seluler.

Itulah daftar 20 maskapai penerbangan terbaik di dunia. Sedih juga ya Garuda Indonesia harus terdepak dari daftar 10 terbaik, tapi semoga tahun depan menjadi yang terbaik! (Editor: Chaerunnisa)