Ramai-Ramai Tolak Libra! Ketahui Dulu 5 Hal Tentang ‘Uang’ Facebook Ini

mata uang kripto

Raksasa media sosial asal Amerika Serikat, Facebook dalam waktu dekat akan meluncurkan mata uang kripto buatan mereka yang diberi nama Libra. Ini merupakan gebrakan dari Facebook, setelah tersandung kasus dugaan pencurian data pengguna.

Segala hal teknis terkait proyek besar ini gak sepenuhnya dikendalikan oleh Facebook, melainkan dirumuskan bersama dalam organisasi yang terdiri dari beragam raksasa perusahaan teknologi dan juga lembaga nirlaba dunia. Tujuan kepengurusan bersama ini bukan lain demi meningkatkan keamanan dan pengawasan.

Belum diketahui secara pasti ke depannya, apakah mata uang kripto besutan Facebook ini bakalan sukses menggeser transaksi konvensional seperti saat ini, atau hanya sebatas tren yang hanya bertahan beberapa waktu saja seperti uang kripto lainnya.

Realisasinya pun masih dalam tahap pengkajian, namun, dikutip dari CNET, mata uang kripto Libra ini bisa digunakan di semester I tahun 2020 nanti.

Baca juga: Bitcoin Naik Lagi, Ini 5 Cara Mendapatkannya Tanpa Harus Lakukan Mining

Apa tujuan Facebook meluncurkan Libra?

mata uang kripto
Logo Libra dan Facebook. (Shutterstock)

Semua hal yang dibuat tentu memiliki tujuan yang lebih besar, termasuk pembuatan mata uang kripto ini. Facebook bersama dengan memberi organisasi Libra lainnya ingin menciptakan kemudahan bertransaksi secara online di media sosial. Lebih besar lagi, ketika kemudahan bertransaksi di dunia maya semakin mudah, maka diharapkan mampu mengundang lebih banyak pengguna baru Facebook.

Karena dikutip dari CNN, masyarakat dunia yang telah memiliki dompet digital untuk menaruh uang kripto lumayan besar, yaitu sekitar 35 juta orang. Libra pun berambisi ingin menjadi salah satu mata uang kripto yang dipercaya oleh warganet.

Baca juga: Diprediksi Tembus Rp 85 Jutaan, Diduga Ini Penyebab Naiknya Harga Bitcoin

Bagaimana menjaga data rahasia nasabah nantinya?

mata uang kripto
Bagaimana cara jaga data nasabah? (Shutterstock)

Setahun belakangan, Facebook memang tengah didera isu kebocoran data pengguna. Data tersebut, diduga, secara diam-diam oleh lembaga Cambridge Analytica digunakan demi kebutuhan Pilpres AS pada tahun 2016 lalu. Jumlahnya gak tanggung-tanggung, mencapai 87 juta pengguna yang tersebar di seluruh dunia. Kalau menjaga data penggunanya saja gak bisa gimana Facebook mau menjaga data nasabah Libra?  

Nah untuk mengantisipasi hal ini, Facebook pun siap mengeluarkan dompet digital bernama Calibra. Jadi nantinya, untuk bertransaksi secara online para pemilik Libra harus menggunakan Calibra. Di Calibra, Facebook akan memisahkan data jejaring sosial dengan data nasabah kripto.

Pengawasannya pun akan semakin ketat, karena seluruh organisasi yang tergabung dalam Organisasi Libra akan turut andil, seperti misalnya, Uber, Visa, Mastercard, Vodafone, Mercy Corps dan masih banyak lagi.

Baca juga: Boleh Didagangkan di Indonesia, Kenapa Harga Bitcoin Gak Naik Kayak Dulu Ya?

Apa bedanya Libra dengan mata uang kripto lainnya seperti Bitcoin misalnya?

mata uang kripto
Ilustrasi Bitcoin. (Pixabay)

Cara kerja Libra sendiri sebetulnya sama dengan uang kripto lainnya. Libra juga akan disimpan di dalam sebuah blockchain. Hal ini sama dengan Bitcoin, Eter, dan lainnya. Tapi pembedanya adalah, blockchain tersebut akan diatur dan dikelola oleh Organisasi Libra.

Kalau kamu mengetahui bitcoin kan sepertinya mereka disimpan dan ditemukan secara liar di beragam perangkat komputer, nah Libra tidak seperti itu. Nilai Libra pun akan disesuaikan dengan popularitasnya terhadap mata uang global seperti Dolar maupun Euro. Jadi, nilainya juga bakalan fluktuatif seperti mata uang pada umumnya.

Bagaimana cara mengumpulkan Libra?

mata uang kripto
Calibra, dompet Libra. (Shutterstock)

Nah sayangnya, belum ada penjelasan secara rinci bagaimana cara mendapatkan uang kripto Libra ini. Tapi kemungkinan terbesarnya adalah Facebook akan membagikan secara gratis dalam jumlah tertentu, sebagai pemantik membangun ekosistem uang kripto ini. Untuk lebih jelasnya tunggu saja nanti saat Libra resmi diluncurkan.

Bisa buat transaksi apa saja?

mata uang kripto
Bisa buat transaksi apa saja? (Shutterstock)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kalau nantinya mata uang Libra ini bakal disimpan di aplikasi bernama Calibra. Calibra akan terhubung dengan aplikasi-aplikasi di ponsel pintar seperti WhatsApp dan Facebook. Ketika nanti terhubung, kamu bisa dengan leluasa bertransaksi melalui dua jejaring sosial itu dengan mudah, murah, dan transaksi cepat.

Di dalam Organisasi Libra itu sendiri terdapat beberapa perusahaan besar, salah satunya Uber. Dengan kehadirannya, berarti kemungkinan besar Libra bisa digunakan untuk membayar layanan perjalanan Uber.

Bermunculan penolakan terhadap Libra

Meski baru sekadar rencana, ternyata Libra sudah menimbulkan banyak penolakan dari berbagai kalangan, salah satunya Parlemen Amerika Serikat. Dikutip dari CNBC, penolakan muncul baik dari senator Partai Republik dan Partai Demokrat. Mereka menilai Facebook kurang tepat untuk mengeluarkan terobosan seperti ini. Salah satu alasannya adalah karena track record Facebook yang baru saja terkena skandal kebocoran data pengguna. Jadi, para anggota parlemen meragukan keamanan bertransaksi melalui produk Facebook.

Mata uang kripto Facebook ini juga dinilai tidak dapat mampu mengimbangi nilai mata uang global. Belum lagi, kepercayaan masyarakat yang kini sudah hilang terhadap Facebook.

Gak cuma di negara asalnya, di Prancis, Libra juga mendapat penolakan dari Menteri Keuangan Bruno Le Maire. Seperti dilansir dari Cointelegraph, Le Maire menilai bahwa Libra seharusnya menjadi mata uang digital regional Amerika Serikat saja, dan tidak diperluaskan ke negara-negara lain. Hal itu karena sangat berpotensi untuk disalahgunakan untuk pendanaan tindak pidana terorisme.  

Itu dulu sekilas tentang mata uang kripto Libra besutan Facebook. Untuk lebih lengkapnya, tunggu saja nanti tanggal mainnya. Kira-kira apakah mereka bisa menjadi salah satu alternatif mata uang global di masa yang akan datang? (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →