Bukan Dolar AS, Ada 9 Mata Uang Bernilai Tukar Tertinggi

tabungan pendidikan, asuransi pendidikan

Nilai tukar mata uang sering digunakan untuk mengukur perekonomian suatu negara. Nyatanya banyak faktor yang akan menjadi penentunya. Mulai dari perbedaan suku bunga, tingkat inflasi, sampai kestabilan politik dan ekonomi. 

Nilai rupiah sendiri berpatokan kepada nilai tukar dalam dolar Amerika Serikat (AS).Hanya karena dijadikan patokan, bukan berarti Dolar AS adalah mata uang dengan nilai tukar tertinggi, lho

Ada sekitar sembilan mata uang lain yang nilai tukarnya melebihi Dolar AS bahkan bisa bikin kaya mendadak jika punya dalam jumlah banyak. Penasaran dengan mata uangnya? Yuk, simak daftarnya di bawah ini.

1. Dinar Kuwait (1 KWD = 45,8 ribu IDR)

Dinar Kuwait (1 KWD = 45,8 ribu IDR)

Mata uang dengan nilai tertinggi adalah Dinar Kuwait. Nilai tukar dengan Dolar AS sendiri mencapai US$3.28 sedangkan dengan rupiah mencapai Rp45.893.

Wajar saja jika nilai tukar mata uang Kuwait menjadi yang tertinggi di dunia sebab Kuwait adalah salah satu pengekspor minyak bumi dengan nilai ekspor mencapai Rp696 triliun pada tahun 2018 saja.

Contoh Kasus

Anda memiliki uang 1 Dinar Kuwait di kantong Anda. Uang tersebut ingin Anda gunakan untuk membuat masakan rumahan. Maka, jika 1 Dinar Kuwait setara dengan Rp45 ribu, resep masakan rumahan yang dapat Anda buat adalah:

  • Sayur Asem = Rp18 ribu
  • Bacem Tempe Tahu = Rp25 ribu

Dengan demikian, 1 Dinar Kuwait sudah cukup untuk Anda membuat dua menu masakan rumahan ala Lifepal, bahkan Anda masih mendapatkan kembalian sebesar Rp2.000, lho. 

2. Dinar Bahrain (1 BHD = 37 ribu IDR)

Dinar Bahrain (1 BHD = 37 ribu IDR)

Nilai tukar untuk 1 Dinar Bahrain dengan Dolar AS mencapai US$2.65, sedangkan dengan rupiah mencapai Rp37.080. Sama seperti Kuwait, sumber kekayaan utama dari negeri Timur Tengah ini adalah minyak bumi. 

Contoh Kasus

Di rekening tabungan Anda, terdapat kurang lebih 270 Dinar Bahrain. Uang tersebut ingin Anda manfaatkan untuk keperluan pernikahan. Maka, dengan 270 Dinar Bahrain atau setara dengan Rp9,999 juta, keperluan pernikahan yang dapat Anda penuhi di antaranya:

  • Masak sendiri = Rp2 juta
  • Sewa baju pernikahan dan seragam keluarga = Rp5 juta
  • Rias pengantin = Rp750 ribu
  • Dokumentasi = Rp700 ribu
  • Penghulu = Rp600 ribu
  • Souvenir, undangan, dan biaya lainnya = Rp900 ribu

Dengan demikian, 270 Dinar Bahrain sudah cukup membantu Anda menyiapkan pernikahan sederhana, lho.

3. Rial Oman (1 OMR = 36,3 Ribu IDR)

Rial Oman (1 OMR = 36,3 Ribu IDR)

Negara selanjutnya yang memiliki nilai tukar melebihi Dolar AS adalah Rial Oman. Nilai tukar untuk 1 Rial Oman dengan Dolar AS mencapai US$2.60 atau Rp36.302. Sampai saat ini minyak dan gas masih menjadi penopang utama ekonomi negara ini.

Contoh kasus

Saat ini di dompet Anda terdapat satu lembar uang 1 Rial Oman dan Anda ingin berlibur ke Kebun Binatang Ragunan, Jakarta. Maka, jika 1 Rial Oman setara dengan Rp36 ribu, berikut adalah daftar biaya yang akan Anda keluarkan.

  • Tiket masuk dewasa = Rp4.000
  • Biaya parkir mobil = Rp6.000
  • Wahana kereta keliling = Rp10 ribu
  • Sewa tikar = Rp10 ribu

Dengan demikian, 1 Rial Oman sudah cukup membuat Anda wisata seharian di Kebun Binatang Ragunan, bahkan Anda masih mendapatkan sisa Rp6.000 yang bisa Anda manfaatkan untuk membeli minuman.

4. Dinar Yordania (1 JOD = 19,7 Ribu IDR)

Dinar Yordania (1 JOD = 19,7 Ribu IDR)

Yordania termasuk negara yang memiliki nilai tukar mata uang melebihi Dolar AS. Nilai tukar untuk 1 Dinar Yordania setara dengan US$1.41 atau Rp19.713. Meskipun terkenal dengan cuacanya yang panas, namun jika Anda punya minimal 1 Dinar Yordania saja pastinya bisa bikin keuangan lebih adem daripada mengantongi 1 Dolar AS. 

Contoh kasus

M 1 Dinar Yordania  sudah bisa bikin Anda makan sepuasnya di restoran padang populer dengan lauk ayam pop.

5. Pound Gibraltar (1 GIP = 17,3 Ribu IDR)

Pound Gibraltar (1 GIP = 17,3 Ribu IDR)

Jelas terbukti bahwa nilai tukar mata uang berperingkat empat tertinggi dikuasai negara-negara Timur Tengah. Namun, selanjutnya adalah Pound Gibraltar. NIlai tukar untuk 1 Pound Gibraltar dengan Dolar AS adalah US$1.24 sedangkan dengan rupiah Rp17.345.

Negara yang terletak di ujung semenanjung Iberia dan berbatasan dengan Andalusia di Spanyol, ini menggunakan poundsterling sebagai mata uangnya dikarenakan termasuk negara Persemakmuran Inggris.

Nah, ketahuilah bahwa 1 Pound Gibraltar saja sudah cukup untuk membeli setengah ekor ayam yang bisa Anda olah menjadi berbagai masakan-masakan lezat.

6. Pound Inggris (1 GBP = 17,3 Ribu IDR)

Pound Gibraltar (1 GIP = 17,3 Ribu IDR)

Berbeda sedikit dari negara persemakmurannya, Gibraltar, nilai tukar 1 Pound Inggris setara dengan US$1.24 atau Rp17.309 jika dirupiahkan. Penguatan nilai tukar pound terjadi semenjak Inggris memutuskan untuk keluar dari negara Uni Eropa atau yang biasa dikenal dengan Brexit. 

Meskipun tidak sekuat Pound Gibraltar, Pound Inggris tetap lebih kuat jika dibandingkan dengan dolar Amerika Serikat. Satu Pound Inggris saja bisa Anda manfaatkan untuk membeli 1,5 liter minuman bersoda seharga Rp11 ribu dan camilan-camilan lainnya untuk teman santai di rumah.

7. Dolar Kepulauan Cayman (1 KYD = 16,7 Ribu IDR)

Dolar Kepulauan Cayman (1 KYD = 16,7 Ribu IDR)

Selain Gibraltar, negara Persemakmuran Inggris lainnya yang juga memiliki nilai tukar mata uang lebih kuat dibandingkan Dolar AS adalah Dolar Kepulauan Cayman. Nilai tukar untuk 1 Dolar Kepulauan Cayman setara dengan  US$1.20 atau Rp16.767 jika dirupiahkan.

Negara Kepulauan Cayman menjadi salah satu wilayah dengan tingkat kemakmuran tertinggi di antara wilayah lainnya di Karibia. Kemakmuran ini didukung dengan tingkat pariwisata dan industri perbankan yang sudah dikenal secara internasional. Selain itu negara ini merupakan salah satu negara yang meniadakan pajak penghasilan, sebagai gantinya setiap perusahaan harus membayar lisensi tahunan.

8. Euro (1 EUR = 15,6 Ribu IDR)

Euro (1 EUR = 15,6 Ribu IDR)

Mata uang berikutnya yang memiliki nilai tukar lebih kuat dibandingkan Dolar AS adalah euro yang digunakan 19 negara Uni Eropa dan empat negara kecil di Eropa. Nilai tukar untuk 1 Euro setara dengan US$1.22 atau Rp15.678 jika dirupiahkan.

Selain Dolar AS, Euro juga menjadi mata uang internasional yang biasa digunakan sebagai alat transaksi. 

Secara khusus bagi negara Eropa yang ingin menggunakan Euro sebagai mata uang, ada beberapa persyaratan yang harus diikuti, mulai dari memastikan inflasi di bawah 1,5 persen, defisit anggaran di bawah tiga persen PDB, rasio utang terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) kurang dari 60 persen.

9. Franc Swiss (1 CHF = 14 Ribu IDR)

Franc Swiss (1 CHF = 14 Ribu IDR)

Mata uang terakhir yang memiliki nilai tukar lebih kuat dibandingkan Dolar AS adalah Franc Swiss. Negara ini memiliki nilai tukar mata uang yang mencapai Rp14.094 atau US$1.01. 

Kuatnya nilai tukar Franc Swiss disebabkan sistem perbankannya yang stabil dan telah lama dikenal dengan sistem kerahasiaannya sehingga banyak investor yang memilih Swiss sebagai tempat mengamankan dana yang dimiliki.

Nah, jika Anda memiliki salah satu uang dari daftar di atas, jangan cuma disimpan saja di dompet, ya. Uang-uang ini bisa sangat menguntungkan, lho, jika Anda investasikan di investasi valas. 

Jika Anda tertarik untuk berinvestasi di bidang yang lain, misalnya di pasar modal, investasi emas, atau lainnya silakan cari tahu informasi selengkapnya di Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →