Mau Ajukan Pinjaman Multiguna dengan Jaminan BPKB, Begini Simulasinya

Biaya Mutasi Motor

Buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB) gak hanya berguna sebagai bukti kepemilikan kendaraan. Lebih dari itu, pinjaman multiguna bisa diajukan dengan jaminan BPKB.

Itulah kenapa banyak pamflet bertebaran di tiang listrik atau tertancap di batang pohon tentang pinjaman dengan jaminan BPKB. Simpel saja cara kerjanya: BPKB kita berikan, langsung cair duit pinjaman.

Memberikan BPKB sebagai jaminan kredit multiguna pun banyak untungnya. Di antaranya:

1. Dana lebih cepat di tangan

Dengan BPKB, gak perlu ada appraisal atau penaksiran nilai jaminan. Beda jika kita menjaminkan sertifikat rumah.

Bank atau lembaga lainnya, seperti perusahaan pembiayaan atau multifinance, akan mengirim orang untuk menaksir nilai rumah tersebut sebagai dasar pemberian kredit. Jadi, prosesnya lebih lambat.

Umumnya, mereka menerima BPKB kendaraan yang umurnya maksimal 15 tahun. Dana yang diberikan biasanya 80 persen dari nilai pasaran kendaraan tersebut.

Bila menjaminkan BPKB mobil seharga Rp 200 juta, misalnya, bisa mendapatkan  maksimal Rp 160 juta.

2. Bunga lebih ringan

Bunga kredit multiguna umumnya lebih ringan ketimbang kredit lainnya, terutama kartu kredit dan kredit tanpa agunan (KTA). Bunga kartu kredit di atas 2 persen per bulan.

Adapun KTA juga berkisar di angka itu. Sedangkan, kredit multiguna dari BFI Multifinance, misalnya, hanya sekitar 1,1 persen.

Bunga kredit multiguna bisa lebih ringan karena ada jaminan yang diberikan. Jadi, bank punya pegangan lebih kuat untuk memberikan pinjaman. Kalau kredit macet, jaminan itu akan disita.

3. Tetap bisa berkendara

Meski BPKB berada di tangan pemberi pinjaman, kendaraan secara fisik masih kita pegang. Artinya, kita masih bisa berkendara ke mana-mana.

Surat kelengkapan kendaraan di jalan hanya mencakup STNK. Gak perlu takut ditilang polisi kalau gak bawa BPKB.

Bila menjaminkan BPKB kendaraan operasional toko, umpamanya, gak perlu khawatir bisnis bakal terganggu. Sebab, kendaraan masih bisa dipakai buat wara-wiri untuk kepentingan usaha.

Ditambah lagi, BPKB yang dipegang pemberi pinjaman dijamin keamanannya. Kalau disimpan di rumah, mungkin potensi BPKB hilang atau rusak lebih besar.

4. Syarat ringan

Syarat utama permohonan kredit multiguna adalah adanya jaminan yang diberikan. Syarat lainnya hanya berupa berkas-berkas identitas seperti KTP.

Ini beda dengan kebanyakan KTA, yang mensyaratkan kartu kredit untuk pencairan pinjaman. Tanpa kartu kredit, kita masih bisa mengakses kredit multiguna.

Simulasi Kredit Multiguna

Untuk mengetahui lebih lanjut kredit multiguna dengan jaminan BPKB, kita simak simulasi dari kredit yang diberikan BFI Multifinance berikut ini:

Misalnya kendaraan yang dijaminkan adalah mobil Avanza tahun 2007. Harganya di pasaran Rp 100 juta. Kalau dana maksimal yang bisa diberikan adalah 80 persen, berarti kita bisa memperoleh pinjaman Rp 80 juta.

Bila hendak mengajukan plafon 36 bulan atau tiga  tahun, di bawah ini simulasi cicilan yang mesti disiapkan dengan hitungan dasar bunga BFI Multifinance:

P = pokok pinjaman = Rp 80 juta

i = suku bunga per tahun = 13,4%

t = lama kredit dalam bulan = 36

Hitungan cicilan:

Cicilan pokok per bulan = P / t = Rp 80 juta / 36 = Rp 2.222.222

Bunga per bulan = P x i / 12 = Rp 80 juta x 13,4% / 12 = Rp 893.333

Cicilan total per bulan = Rp 2.222.222 + Rp 893.333 = Rp 3.115.555

Untuk tenor tiga  tahun, kita hanya cukup bayar Rp 3,1 jutaan per bulan flat selama 36 kali. Cicilan bakal lebih kecil kalau tenor lebih panjang.

Namun angka di atas belum mencakup biaya provisi dan administrasi. Dua jenis biaya itu hanya dikenakan pada cicilan pertama. Jumlahnya tergantung kebijakan pemberi pinjaman.

Dengan penjelasan di atas, kita bisa memanfaatkan kendaraan sebagai cara memperoleh dana segar tanpa mesti menjualnya. Tapi meski pinjaman multiguna banyak untungnya, kita tetap gak bisa sembarangan.

Harus cari pemberi pinjaman yang sudah punya nama, entah itu bank entah multifinance. Baca syarat dan ketentuannya dengan teliti. Pastikan semuanya sudah jelas sebelum kita bubuhkan tanda tangan pada perjanjian kredit.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →