17 Tips Sukses dalam Karier dan Usaha versi Orang Sukses

tips sukses Mark Zuckerberg pendiri Facebook

Semua orang ingin berhasil dalam hidup, termasuk juga dalam karier dan usaha. Gak sedikit dari mereka yang butuh tips sukses agar tujuan tersebut bisa tercapai. Dengan menjalankan tips tersebut, mereka berharap bisa memiliki reputasi yang baik.

Pastinya agar harapan tersebut bisa terwujud, dibutuhkan tekad dan kedisiplinan yang tinggi. Sebab sebanyak apa pun tips sukses yang dibagikan gak bakal memberikan efek kalau kamu sendiri tidak menjalankannya dengan benar.

Satu hal yang harus kamu tahu adalah komitmen itu penting supaya tips-tips sukses tersebut bisa memberi efek sebagaimana yang kamu harapkan. Intinya, tips-tips kayak gimana pun canggihnya gak bakal berguna tanpa adanya komitmen.

Nah, bagi kamu yang ingin menjadi pengusaha sukses, perlu tahu nih cara menjadi pengusaha sukses agar bisa mencapainya suatu saat ini.

Berikut tips sukses dan cara menjadi pengusaha sukses yang Lifepal himpun dari berbagai sumber.

  1. Tips sukses pertama adalah berinvestasi pada bisnis yang dimengerti
  2. Belajar dari kesalahan
  3. Sukses adalah arena pertarungan
  4. Menuju sukses harus jemput bola
  5. Fokus bagaimana memecahkan persoalan yang ada
  6. Selalu tetapkan goal yang ingin dicapai
  7. Fokus pada apa yang pengin dicapai
  8. Tips sukses selanjutnya, jadilah orang yang proaktif
  9. Belajar dari setiap kesalahan yang diperbuat
  10. Bersikap pengin tahu dan jangan lupa minta masukan
  11. Tips sukses ampuh, selalu berusaha mengembangkan diri
  12. Disiplin!
  13. Bergaul dengan orang-orang hebat
  14. Berpikiran terbuka
  15. Selalu memikirkan sebuah solusi, bukan masalahnya
  16. Keluar dari zona nyaman
  17. Makan-makanan sehat

1. Tips sukses pertama adalah berinvestasi pada bisnis yang dimengerti

Investor kawakan Warren Buffett punya tips sukses berinvestasi yakni: ketahui dan pahami bisnis. Buffett dalam keputusannya untuk berinvestasi mempelajari dan menganalisis apa yang terjadi di dalam bisnis, bukan apa yang terjadi di pasar luar.

Ia pun meyakini bahwa bisnis harus sederhana. Salah satu kunci sukses dalam berinvestasi menurut Buffett adalah tidak pernah berinvestasi dalam bisnis yang tidak dimengerti. Ini ia pelajari setelah pernah mengalami kerugian besar ketika membeli perusahaan Dexter Shoes pada tahun 1993.

Bahkan ia harus merelakan pundi-pundi kekayaannya susut ketika berupaya menghentikan kerugian dari bisnis tersebut. Atas kejadian itu, Buffett pun belajar tidak akan membeli saham yang tidak pernah ia pahami.

2. Belajar dari kesalahan

Masih ingat skandal Facebook dan Cambridge Analytica yang terjadi pada tahun 2018? Skandal pencurian data puluhan juta pengguna Facebook yang digunakan untuk memenangkan calon Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Facebook melakukan pelanggaran terkait privasi para penggunanya.

Atas dasar itu, Facebook didenda Rp70 triliun. Kasus tersebut akhirnya melecut Mark Zuckerberg untuk memperkuat data pemilik akun Facebook. Mark pun belajar atas skandal yang menimpa dirinya dan Facebook.

Baginya, saat memulai sebuah perusahaan akan ada banyak kesalahan yang dilakukan tapi tidak perlu malu untuk mengakui dan menghindarinya.

Mark menekankan paling penting adalah belajar dengan cepat dari kesalahan dan tidak menyerah. Ia percaya tidak ada yang mustahil dan selalu berlari melewati rintangan.

3. Sukses adalah arena pertarungan

Menjadi pengusaha e-commerce sukses dunia, Jeff Bezos membagikan kunci sukses dalam hidup. Bagi mereka yang bermimpi menjadi pengusaha sukses maka hal yang perlu dipersiapkan adalah langkah berani untuk maju.

Dalam hal ini kesuksesan yang akan terjadi ketika kita memulai bisnis kita sebagai bagian dari eksperimen. Saat melakukan eksperimen sering kali mengalami kegagalan tapi kata Bezos hal tersebut tidak apa-apa. Itulah risikonya.

Bagi Bezos sukses adalah sebuah arena pertarungan sehingga kita yang berada dalam arena tersebut harus berkembang dan bekerja dengan penuh gairah. Maka, tidak akan sulit nantinya untuk bersaing dengan para pesaing kita.

4. Menuju sukses harus jemput bola

Sandiaga Uno telah dikenal sebagai pengusaha sukses di Indonesia di berbagai sektor mulai dari: keuangan, pertambangan, telekomunikasi dan produk kehutanan. Ia dikenal sebagai orang bertangan dingin untuk membenahi kinerja perusahaan yang sedang krisis dan setelah sehat aset perusahaan tersebut memiliki nilai yang tinggi.

Dalam perjalanan hidupnya, siapa sangka pernah menjadi pengangguran pada krisis moneter 1997. Sandiaga pulang ke Indonesia setelah perusahaan tempat bekerjanya bangkrut dan lamaran kerjanya selalu ditolak di perusahaan yang ia lamar.

Sandiaga kemudian berbalik arah dengan mencoba peruntungan yakni mendirikan perusahaan penasihat keuangan.

Kilas balik perjalanan Sandiaga yang sempat menjadi pengangguran adalah soal keyakinan. Ia menuturkan bahwa menuju sukses, seseorang harus menjemput bola. Jangan hanya menunggu kesempatan tapi mencari kesempatan tersebut.

5. Fokus bagaimana memecahkan persoalan yang ada

Sukses William Tanuwijaya menjadikan Tokopedia sebagai perusahaan e-commarce terbesar di Indonesia menjadi inspirasi banyak anak muda untuk memulai sebuah usaha rintisan. William adalah pengusaha sukses muda yang membangun Tokopedia dari nol tanpa memiliki modal.

Dua tahun berusaha mencari pemodal ia kerap mengalami kegagalan. Perusahaan internet pada tahun 2007 belum menerima kepercayaan dari orang banyak untuk berinvestasi.

Meski begitu ia tidak putus asa hingga akhirnya pada tahun 2009 ia mendapatkan kepercayaan dari pemodal dan resmi diluncurkan.

Dari William kita belajar sukses adalah semangat yang harus terus tertanam. Ia tidak mengeluh akan keterbatasan modal misalnya yang sulit diraih selama dua tahun mencari pemodal. Namun, ia fokus bagaimana cara memecahkan persoalan yang ada.

6. Selalu tetapkan goal yang ingin dicapai

Apa pun yang kamu lakukan tentu saja memiliki goal yang harus dicapai. Begitu juga dalam menjalani pekerjaanmu.

Tanpa adanya goal, rasanya membosankan melakukan ini itu. Udah gitu tentunya kamu kurang bersemangat pula buat menjalani aktivitas sehari-hari, termasuk dalam bekerja.

Mulai dari sekarang buatlah daftar goal apa yang kamu pengin capai dari hari ke hari dalam pekerjaanmu. Tetapkan goal mana yang menjadi prioritas dan tempatkan di urutan pertama dalam daftar yang kamu susun tersebut.

Lalu kelompokkan goal tersebut, mana yang jangka pendek dan mana yang jangka panjang. Lakukan evaluasi secara berkala goal tersebut. Dengan begitu, kamu jadi tahu mana yang belum tercapai dan mana yang perlu ditingkatkan.

7. Fokus pada apa yang pengin dicapai

Setelah menetapkan apa aja yang menjadi goal-mu, fokuslah buat mencapainya. Misalnya aja kamu pengin pekerjaanmu selesai satu jam sebelum waktu pulang kerja. Itu berarti kamu benar-benar harus maksimalkan waktu bekerja.

Terkadang dalam proses mencapainya, ada aja yang menjadi kendala. Entah itu mulai dari godaan membuka media sosial, teman yang ajak ngobrol, hingga ajakan meeting yang udah kayak dosis obat tiga kali sehari.

Di sini kamu perlu pintar-pintar menyiasatinya semisal mulai bekerja lebih awal satu jam sebelum waktu kerja dimulai atau mendengarkan musik agar gak terganggu obrolan teman kerja.

8. Tips sukses selanjutnya, jadilah orang yang proaktif

Saat berada di kantor, jangan jadi orang yang pasif. Saat senggang, libatkanlah diri dalam obrolan atau mulailah obrolan. Perluaskan pertemanan selama di tempat kerja. Hal ini nantinya membantu kamu ketika berada dalam kesulitan menjalankan pekerjaan.

Gak cukup di tempat kerja, aktif juga di beberapa kegiatan di luar sana yang ada hubunganya dengan kariermu. Makin luas jalinan pertemanan, makin bagus nantinya untuk peningkatan kariermu.

Asal tahu aja nih. Tips sukses ini udah terbukti mencetak banyak orang sukses. Dengan adanya jaringan pertemanan alias koneksi, gak menutup kemungkinan peluang-peluang bagus mampir ke kamu.

9. Belajar dari setiap kesalahan yang diperbuat

Dalam melaksanakan tips sukses ini, pertama-tama kamu perlu mengakui kalau kamu benar melakukan kesalahan. Bagaimana pun juga kesalahan itu adalah bagian dari proses belajar.

Dari kesalahan, kamu bisa menemukan di mana kelemahanmu dan apa yang mesti diperbuat agar itu bisa diperbaiki dan gak terulang lagi di kemudian hari.

Boleh aja awal-awal kamu kecewa pada diri sendiri. Cuma setelahnya kamu harus bangkit, belajar, dan memulai lagi.

Satu lagi yang perlu kamu tahu. Jangan segan buat meminta bantuan dari teman-temanmu. Apalagi dari yang berpengalaman.

Sebab temanmu yang udah berpengalaman pastinya pernah alami apa yang kamu alami. Dari temanmu itu kamu dapat banyak pelajaran untuk memperbaiki kesalahan di kemudian hari.

10. Bersikap pengin tahu dan jangan lupa minta masukan

Tanamkan sikap ingin tahu dalam diri. Inilah tips sukses selanjutnya yang perlu kamu praktikan dalam diri sendiri.

Jangan diartikan pengin tahu urusan pribadi teman sekantor atau kejelekan-kejelekan mereka. Bukan seperti itu maksudnya. Bersikap pengin tahu di sini kamu belajar hal-hal yang ada hubungannya dengan pekerjaan yang belum kamu ketahui.

Kamu bisa belajar dari teman kerja yang udah berpengalaman. Atau kamu bisa mengetahuinya dari atasan atau bos. Sekarang ini di dunia kerja kita dituntut serba cepat. Gak terkecuali cepat dalam menjalankan pekerjaan.

Kecepatan kamu dalam beradaptasi dan menyelesaikan pekerjaan jadi kunci dalam meraih kesuksesan dalam karier.

11. Tips sukses ampuh, selalu berusaha mengembangkan diri

Apapun bidang pekerjaan yang sedang kamu geluti, entah itu sebagai bawahan, atasan, atau seorang pengusaha, cobalah untuk selalu mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi. Caranya? 

Caranya kamu bisa belajar dari rekan kerja, orang sukses, atau mengambil kursus yang relevan untuk masa depan kariermu. 

Contohnya, meskipun kamu sudah memiliki gaji yang menggiurkan, tapi jangan lupa untuk selalu memperkaya kemampuan diri terhadap bahasa asing, misal bahasa Inggris.

Karena siapa tahu saja, perusahaanmu nanti bakal menjalin kerja sama dengan perusahaan asing. Kalau kamu gak bisa ngomong dengan lancar, lama-lama posisimu bakal tergusur dengan orang baru. 

12. Disiplin

Tips sukses selanjutnya, cobalah untuk selalu disiplin dalam mengerjakan segala tugas. Contoh-contoh disiplin yang bisa kamu terapkan dengan mudah adalah, tidak datang terlambat ke kantor, selalu menyelesaikan tugas tepat waktu. 

Semua itu bisa dicapai asalkan kamu berhasil menyingkirkan segala gangguan-gangguan kecil dan fokus mencapai tujuan. 

13. Bergaul dengan orang-orang hebat

Sukses juga bisa dicapai dengan mengandalkan lingkungan sekitar. Misalnya lingkungan sekitarmu diisi oleh orang-orang pekerja keras, cerdas, dan disiplin, lama-lama kamu bakal ketularan kok. 

Tapi sebaliknya, kalau kamu sering berkumpul dengan orang-orang yang malas, lama-lama kreativitasmu juga bakal terkikis. Ambisimu untuk sukses pun perlahan akan terhambat. 

14. Berpikiran terbuka

Kesuksesan tidak bisa diraih dengan sendirian, apalagi di lingkungan organisasi perusahaan. Kamu harus dituntut untuk bekerja sama dengan orang lain dan tentunya dengan pemikiran yang berbeda-beda. 

Oleh sebabnya kamu perlu memiliki pikiran yang terbuka. Belajarlah untuk melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain. Siapa tahu saja pemikiran orang lain itu lebih baik daripada yang kamu pikirkan. 

15. Selalu memikirkan sebuah solusi, bukan masalahnya

Setiap pekerja pasti memiliki masalahnya masing-masing. Tapi sayangnya, bukannya justru memikirkan solusi yang terbaik, mereka malah lebih senang memikirkan bagaimana masalah ini terjadi. 

Memang sih, mengidentifikasikan masalah itu hal yang baik, tapi jangan sampai itu menjadi masalah baru lagi. Segera cari solusi untuk menyelesaikannya. 

16. Keluar dari zona nyaman

Orang sukses selalu keluar dari zona nyaman mereka. Karena ketika kamu sampai di zona nyaman, biasanya kamu bakal berhenti untuk menjadi lebih baik lagi, dan berhenti untuk mendorong batas-batas yang sebenarnya bisa kamu dapatkan. 

Cara sederhana untuk melakukan tips sukses ini, cobalah untuk melakukan pekerjaan yang sebenarnya tidak dibebankan ke kamu. Mintalah atasanmu tugas tambahan yang kira-kira bisa kamu bantu untuk kerjakan.

Dengan begitu, kamu bakal mendapatkan pengetahuan baru di dunia kerja yang pastinya sangat bermanfaat untuk masa depanmu. 

17. Makan-makanan sehat

Kenapa harus makan-makanan sehat? Jelas dong karena makanan itu ibarat kata bahan bakar kita untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Kalau misalnya kamu makan-makanan tinggi gula, berlemak, dan tinggi karbohidrat, yang ada bakalan lesu seharian, jadi malas bekerja deh. 

Itu sebabnya, kamu perlu menerapkan pola makan sehat, bergizi lengkap. Biar bisa fit seharian dalam melaksanakan pekerjaan. Itu tadi tips-tips sukses yang bisa kamu terapkan agar karier dan usahamu makin moncer. Selamat mencoba!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →