Mau Buka Bisnis Tapi Modal Sedikit? Jangan Manyun, Simak Opsi Ini Deh

Buka Bisnis Tapi Modal Sedikit

Lagi cari peluang bisnis ya?

Bingung mau bisnis apa?

Buka bisnis tapi modal sedikit alias cekak?

Begitulah derita yang lagi galau mau buka bisnis. Sumber galaunya pasti berasal dari mind set tentang buka usaha. Rata-rata masih berpikir memulai usaha itu butuh modal sekian belas sampai puluh juta.

Secara logika memang betul sih. Harus diakui, bisnis susah berjalan tanpa ditopang modal.

Tapi bisa beda di lapangan. Faktanya, ada banyak cara yang bisa ditempuh buat berbisnis meski modalnya cekak.

[Baca: Mau Berbisnis dengan Modal Kecil tapi Gaji Enggak Mencukupi, Gimana Dong?]

Mereka yang berpikir uang adalah modal utama dari sebuah usaha hanyalah orang yang beranggapan usaha itu baru dapat jalan ketika modal itu dibelanjakan sesuatu dan kemudian dijual.

Padahal besaran modal bukan satu-satunya sumber kesuksesan berbisnis. Modal hanya satu komponen pendukung. Jadi tanamkan mind set seperti itu dulu agar enggak manyun gara-gara modal pas-pasan.

[Baca: Kreatif Ciptakan Peluang Bisnis dari Kebutuhan yang Lagi Ngetren dan Happening]

Nah, buat yang mau terjun ke bisnis tapi modalnya supercekak, coba deh contek beberapa jalan keluar memulai bisnis tanpa modal segede gunung.

Buka Bisnis Tapi Modal Sedikit 1
Asal halal dan gak merugikan, pada dasarnya apapun bisa jadi bisnis kok

Dropshipper

Dropship beda sama reseller. Kalau reseller wajib beli barang dulu baru bisa jualan. Sedangkan dropship enggak perlu keluarkan duit belanja barang. Dengan kata lain, dropship itu mirip-mirip ‘calo’.

Prinsip kerjanya simpel. Cukup promosikan produk orang lain untuk mendapat respons konsumen. Begitu ada yang tertarik, baru kemudian pesan produk itu sekaligus minta ke produsennya kirim langsung ke konsumen.

Pendek kata, si dropshipper ini sama sekali enggak punya barang dan bisa langsung berbisnis tanpa modal. Benefit lainnya bisnis modal begini praktis, bisa dilakukan di mana saja, bahkan sama sekali enggak keluar biaya operasional.

Tinggal dikuatkan metode promosinya yang efektif agar barang milik supplier itu bisa dikenal dan diakses konsumen.

Meski begitu tetap ada minusnya. Utamanya tak tahu kualitas barang, sangat tergantung terhadap supplier, kadang tak tahu ketersediaan barang, dan terakhir keuntungannya kecil.

Konsinyasi

Konsinyasi adalah menitipkan produk ke sejumlah toko dengan sistem bagi hasil. Cara ini pas banget bagi yang punya barang tapi tak punya toko. Bisa juga sebaliknya, punya toko tapi tak punya barang. Prinsip utama konsinyasi adalah ‘laku bayar’.

Di lapangan, metode seperti ini bukan berarti mulus-mulus saja. Tetap ada risikonya. Misalnya saja kemungkinan barang rusak saat dititipkan, pemilik toko bersifat pasif terhadap barang itu, pembayaran yang molor, dan lain-lain.

Biar meminimalisir kerugian dari cara konsinyasi ini, ada baiknya perkuat pembukuan yang rinci dan detail. Rajin cek ke toko untuk tahu secara pasti seputar stok barang yang dititipi. Biasanya kalau barang yang cepat laku bakal bikin pemilik toko senang. Akhirnya repeat order pun akan sering.

Buka Bisnis Tapi Modal Sedikit 1
Walaupun modal minim, rencana bisnis tetep harus ada dong

Cari partner

Mencari partner dalam berbisnis bisa jadi solusi yang masuk akal pula. Dengan cara ini maka kebutuhan modal bisa ditanggung bersama. Tinggal pekerjaan rumahnya adalah mencari partner yang cocok.

Ini yang utama mengingat bisnis berurusan dengan duit dan terkait hubungan jangka  panjang. Ada baiknya mencari partner yang benar-benar satu chemistry dan punya semangat yang sama.

Selain itu, alangkah baiknya juga kerjasama bisnis yang dibangun dituangkan dalam bentuk tertulis. Di situ dirinci dengan detail hak dan kewajiban masing-masing pihak.

Jalan dengan modal seadanya

Modal cekak bukan berarti halangan dong. Yang penting mulai dulu dengan sokongan modal seadanya. Asalkan punya keyakinan kuat kalau bisnis itu punya peluang tumbuh. Tanpa keyakinan itu, mau modal sebesar apapun tetap saja enggak pede.

Bila dalam perjalanannya bisnis itu menunjukkan tanda-tanda prospek yang cerah, tak ada salahnya mempertimbangkan pengajuan kredit ke bank untuk modal usaha. Toh, sekarang banyak produk dari perbankan untuk kegiatan produktif.

[Baca: Pahami Jenis Kredit UKM yang Bisa Jadi Sumber Modal]

Nah, sekarang sudah terbuka kan mind set kalau modal cekak itu bukan halangan berbisnis. So, sudah siap berbisnis dari sekarang? Good luck ya dan jangan lupa berdoa sama Yang Maha Kuasa biar segalanya lancar.

 

Image credit:

  • http://majalahouch.com/newversion/wp-content/uploads/2014/06/bisnis-anak-sekolah.jpg
  • http://cdn.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2016/06/24/723468/670×335/intip-tips-atur-uang-thr-agar-bisa-buka-bisnis-sampingan.jpg
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →