Modal Rp 1.000 Dapat Rp 5 Juta, Ini Tips Menabung Tanggalan yang Simpel Banget

Salah satu cara agar manajemen keuangan stabil adalah dengan mengikuti tips menabung yang memang terkesan hanya teori, tapi nyatanya berguna banget lho.

Menabung itu sendiri sebenarnya sudah diterapkan sejak kecil, dimana orang tua kamu pasti menyuruh untuk menyisihkan uang jajan setiap hari yang kemudian ditabung di celengan.

Ajaran menabung yang diterapkan oleh orangtua kita sejak kecil sangat berguna banget lho, sayangnya banyak orang yang saat beranjak dewasa justru enggan menabung dengan berbagai alasan. Penghasilan yang belum cukuplah, banyak kebutuhan dan beribu alasan lainnya.

Padahal menabung itu persoalan sepele lho yang bisa kamu lakukan dengan cara yang gampang dan menyiksa alias tidak membebani pengeluaran kamu.

Nah, salah satu tips menabung yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencoba metode menabung pakai tanggalan. Bahkan dengan modal awal hanya Rp 1.000, kamu bisa mendapatkan uang hingga Rp 5 juta lho.

Baca juga: Meski Murah, Masker Wajah Ini Bisa Bikin Kulitmu Tambah Cerah Loh!

Gimana caranya?

Menabung dengan sistem tanggalan (Shutterstock).

Simpel banget kok, kamu hanya perlu memasukkan uang ke dalam celengan atau wadah bening sesuai dengan jumlah tanggal pada hari itu. Jadi, kamu harus menabung secara rutin setiap hari.

Modal awalnya pun gak perlu besar, kamu bisa memulai dengan nominal Rp 1.000 untuk tanggal 1, Rp 2.000 di tanggal 2 dan begitu seterusnya hingga akhir bulan. Lakukan cara tersebut selama satu tahun.

Jika sudah akhir bulan, kamu bisa mengambil uang tersebut dan simpan di tempat yang tak terlihat atau bisa diamankan di tabungan kamu.

Nah, biar uang hasil menabung tanggalan kamu gak berkurang sedikitpun, kamu bisa memilih untuk menggunakan jenis TabunganKu yang banyak ditawarkan oleh bank. Kenapa?

Kalau kamu menggunakan tabungan biasa, maka akan dikenakan biaya administrasi setiap bulan sekitar Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu. Mayan kan, kalau uang kamu terpotong setiap bulan sebesar Rp 15 ribu. Maka dalam satu tahun, uangmu akan  berkurang sebesar Rp 15 ribu x 12 yaitu Rp 180 ribu.

Dengan menggunakan TabunganKu, maka uangmu akan aman karena tidak akan terkena biaya administrasi. Bahkan, kamu bisa mendapatkan bunga setiap bulannya. Justru malah semakin bertambah kan.

Nah, balik lagi ke tips menabung dengan tanggalan. Kalau kamu rutin melakukan hal tersebut selama setahun, kira-kira berapa sih uang yang akan kamu dapatkan di akhir tahun? Yuk, kita itung-itung.

Baca juga: Kulit Makin Kinclong dengan Serum Wajah, Ini Rekomendasinya, Gak Sampai Rp 200 Ribu!

Jumlah uang yang akan kamu dapatkan menabung dengan metode tanggalan:

Menabung sistem tanggalan (Shutterstock).

Dalam satu tahun, ada tujuh bulan yang hingga tanggal 31, hingga tanggal 30 ada empat dan satu bulan hanya sampai tanggal 28.

Yuk, hitung yang satu bulan hingga tanggal 31:

  • Tanggal 1, Rp 1.000
  • Tanggal 2, Rp 2.000
  • Tanggal 3, Rp 3.000
  • Tanggal 4, Rp 4.000
  • Tanggal 5, Rp 5.000
  • Seterusnya hingga tanggal 31, Rp 31 ribu.

Berarti di akhir bulan kamu akan mendapatkan uang sebesar Rp 496 ribu. Karena dalam satu tahun ada tujuh bulan yang hingga tanggal 31, maka Rp 496 ribu (dikali) tujuh bulan yaitu sebesar Rp 3.472.000.

Sementara untuk bulan yang hingga tanggal 30, berarti Rp 496 ribu (dikurangi) Rp 31 ribu yaitu sebesar Rp 465 ribu. Dalam satu tahun, kamu bisa mengumpulkan uang sebesar Rp 465 ribu (dikali) empat bulan yaitu Rp 1.860.000. Sedangkan tanggal 28, berarti hanya dihitung hingga tanggal 28 yaitu sebesar Rp 406 ribu.

Baca juga: Sambil Nunggu Persalinan, Ibu Hamil Bisa Lakukan 5 Ide Usaha Ini dari Rumah

Nah, ayo kita jumlahlah secara keseluruhan di bawah ini:

  • Tanggal 31, Rp 3.472.000
  • Tanggal 30, Rp 1.860.000
  • Tanggal 28, Rp 406.000

Berarti total uang yang bisa kamu dapatkan selama satu tahun menabung dengan menggunakan metode tanggalan yaitu sebesar Rp 5.738.000.

Lumayan banget kan uang yang kamu dapatkan saat akhir tahun nanti. Bisa untuk jalan-jalan saat tahun baru atau dialokasikan ke investasi. Karena itu, menabung dengan metode tanggalan bisa jadi solusi yang tepat buat kamu yang merasa sulit untuk menyisihkan uang buat di tabung.

Tunggu apalagi, yuk coba terapkan metode menabung ini dari sekarang. Selamat mencoba! (Editor: Winda Destiana Putri).