Mau Gesek Kartu Kredit di Luar Negeri? Jangan Abaikan 5 Aturan Main Ini

gesek kartu kredit di luar negeri

Kartu kredit memang jadi sohib buat berpergian ke luar negeri. Bukan semata-mata kemudahan transaksi saja, tapi juga praktis untuk beragam kebutuhan. Praktis karena enggak perlu lagi menukar uang dengan mata uang yang berlaku di negara yang dituju.

 

Bandingkan kalau bawa uang tunai. Pastinya repot karena mesti mampir dulu ke money changer untuk menukarkan dulu dengan mata uang yang berlaku di negara tersebut. Belum lagi potensi menjadi target kriminal. Bayangkan ada di negeri orang tapi enggak pegang duit sepersen pun gara-gara jadi korban tindak kriminal.

 

Pendek kata, kartu kredit jadi alat pembayaran yang efisien. Meski sementara waktu tinggal di negeri orang, hidup berasa lebih mudah dengan kartu kredit. Bisa disebut, kartu kredit jadi mata uang universal saat bertransaksi di mana saja.

 

Meski begitu, kartu kredit tetap dipersiapkan dulu sebelum berangkat ke luar negeri. Sebelum gesek kartu kredit di luar negeri, pastikan kartu kredit dalam kondisi ‘fit’ untuk digunakan transaksi di negeri orang. Apa saja yang mesti disiapkan?

 

1.Laporkan rencana perjalanan ke penerbit kartu kredit

Beritahu waktu dan tujuan perjalanan ke penerbit kartu kredit. Dengan begitu, pihak penerbit akan melakukan pembukaan Velocity yang merupakan proses untuk membantu pemegang kartu kredit yang mengalami penolakan  di mesin EDC saat gesek kartu kredit di luar negeri.

 

gesek kartu kredit di luar negeri

 Kalo destinasi udah ditentuin, sekarang nyiapin kartu kredit biar fit!

 

 

Velocity ini sebenarnya bertujuan mencegah terjadinya penyalahgunaan transaksi di mana kartu bakal diblok karena ada transaksi mencurigakan di luar negeri.

 

Nah, karena sudah lapor, maka bank akan membuka Velocity tersebut. Kalau nanti pas apes ternyata kehilangan kartu kredit, buru-buru kontak call center untuk segera diblokir.

 

2.Cek limit dan tanggal berlaku kartu kredit

Pastikan semua tagihan sudah dibayar sehingga limit kartu kredit menjadi maksimal. Dengan jumlah limit yang maksimal maka kartu kredit bisa dengan leluasa digunakan.

 

gesek kartu kredit di luar negeri

 Kalo kartu kredit udah mendekati limit sih bisa bahaya masbro dan mbaksist. Pastiin nggak ada tagihan biar nyaman bepergian ke luar negeri

 

 

Di sisi lain, bila cukup lama berpergian di luar negeri, tak ada salahnya mengajukan penambahan limit ke bank. Penambahan limit ini sifatnya bisa sementara selama ada di luar negeri atau bisa juga dipermanenkan.

 

[Baca: Trik Naikkan Limit yang Bakal Dikabulkan Bank]

 

Yang tak kalah penting juga, cek dengan seksama tanggal berlaku kartu kredit. Pastikan kartu kredit belum masuk kadaluwarsa. Kartu kredit hanya akan jadi sampah dan tak berguna kalau sudah lewat tanggal berlakunya.

 

3.Simpan call center bank penerbit dan nomor kartu kredit Anda di tempat aman

Jangan lupa untuk mencatat call center bank penerbit kartu kredit. Bukan cuma itu, catat juga nomor kartu kredit. Misalnya di notebook atau buku. Pastikan lokasinya terpisah dari dompet.

 

gesek kartu kredit di luar negeri

 Nomor call center jangan sampai kelupaan. Sewaktu-waktu diperluin tinggal hubungin aja

 

 

Tujuannya untuk berjaga-jaga jika kehilangan kartu kredit atau pun bermasalah saat transaksi. Begitu kartu kredit hilang, maka bisa langsung menghubungi call center agar segera diblok demi terhindar dari penyalahgunaan kartu kredit.

 

4.Kenali biaya transaksi luar negeri

Lazimnya, setiap transaksi belanja menggunakan kartu kredit di luar negeri dikenai biaya administrasi tambahan. Nilainya bisa satu persen sampai tiga persen dari nilai belanjaan. Pastinya, kamu musti cek langsung ke bank penerbit kartu kreditmu.

 

Misalnya bila kartu kredit mengutip biaya transaksi di luar negeri sebesar 3 persen, maka saat belanja sebesar 500 dollar AS bakal dikenai biaya 15 dollar AS. Makin banyak belanja maka makin besar pula biaya yang mesti dibayarkan. Bayangkan kalau belanja sampai 5000 dollar AS, pasti kena biaya 150 dollar AS. Angka yang besar, bukan?

 

gesek kartu kredit di luar negeri 3

 Jangan asal gesek kartu kredit ya, cek dulu berapa  biaya transaksi luar negeri

 

 

Tak ketinggalan juga, ketahui sejak awal seberapa besar biaya selisih kurs, tarik tunai, maupun biaya penggunaan ATM.

 

Maka itu, dapatkan informasi yang detail soal biaya transaksi luar negeri ini ke penerbit kartu kredit. Hal ini mengingat biaya transaksi luar negeri bervariasi untuk setiap penerbit kartu kredit atau bank.

 

Syukur-syukur malah kartu kredit yang dimiliki meniadakan biaya transaksi ini. Contohnya kartu kredit Standard Chartered visa.

 

5.Rahasiakan informasi PIN maupun Card Security Code

Jangan pernah berikan informasi apapun saat bertransaksi kartu kredit. Lebih-lebih Card Security Code (CSC) yang berjumlah tiga digit di belakang kartu. CSC kerap digunakan untuk verifikasi pembayaran di mana pihak merchant gagal menggesek kartu tersebut. Jadi jika mesin EDC gagal gesek kartu kredit di luar negeri, maka CSC itu yang digunakan untuk transaksi.

 

gesek kartu kredit di luar negeri

 Contoh letak CSC atau CVV di belakang kartu kredit. Tiga digit nomor ini tergolong sakti. Kalo ampe bocor ke tangan orang lain, bisa berabe bro

 

 

Biar lebih aman, tutupi tiga digit angka itu misalnay dengan plester. Maklumlah, siapa pun yang bisa menyebutkan 3 kode verifikasi artinya benar-benar memegang fisik kartu tersebut.

 

 

Meski terasa mudah, tetap jangan abaikan aturan main saat menggesekkan kartu di luar negeri. Pahami dulu ketentuannya agar tetap bijaksana saat bertransaksi dengan kartu kredit.


Ketahui dengan cermat konsekuensi yang timbul saat kartu kredit digesekkan di mesin EDC. Toh, semua itu bertujuan pada kenyamanan dan keamanan gesek kartu kredit di luar negeri.

 

 

 

Image credit:

  • https://blog.tokopedia.com/wp-content/uploads/2014/05/Traveling-ke-Luar-Negeri-Blog.png
  • http://www.katariau.com/foto_berita/22cara-menaikkan-limit-kartu-kredit.jpg
  • http://www.gayahidupku.com/wp-content/uploads/2014/01/call-center.jpg
  • http://panduanwisata.id/files/2014/09/tips-kartu-kredit-luar-negeri-photo-from-www.dailyfinance.com_.jpg
  • https://www.cellarlink.com.au/buy-wine-online/store/Content/Images/uploaded/credit-card-numbers-with-cvv.jpg
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →