Mau Hidup Enak Saat Pensiun? Lakukan 3 Cara Ini Selagi Muda

hidup enak saat pensiun

 

Saat memasuki masa pensiun, tentu kamu gak lagi punya energi yang besar seperti saat masih produktif. Kamu juga gak lagi bisa bekerja dengan maksimal.

Bahkan untuk mencari pekerjaan pun bakalan sulit karena banyak perusahaan juga punya aturan soal usia maksimal para pegawainya. Oleh karena itu, penting bagi kamu mempersiapkan apa yang namanya dana pensiun.

Semua orang pasti ingin memiliki masa pensiun yang nyaman, dimana salah satu tujuan kenyamanannya adalah mempunyai gaya hidup yang kurang lebih sama pada saat masih produktif. Tapi mencapai tujuan tersebut tentunya cukup menantang.

Kita gak bakal tahu apakah dana tersebut bisa mencukupi seluruh kebutuhanmu nantinya. Kamu pun gak tahu berapa jumlah pasti yang dibutuhkan pada saat pensiun. Agar masa-masa pensiunmu dapat dilewati dengan nyaman, lakukan 3 hal ini selagi muda.

1. Hidup sederhana saat masih bekerja

Walaupun cara ini terdengar mudah, jarang sekali ada pekerja yang mampu melakukannya. Untuk hidup mencukupi kebutuhan saja sering terdengar sulit, apalagi hidup sederhana.

hidup enak saat pensiun
Hidup itu jangan kebanyakkan gaya, yang sederhana saja asal bahagia hehehe (Live Simple / blogspot)

Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan menabung secara konsisten sebelum kamu mempersiapkan anggaran. Idealnya, kamu bisa menabung kurang lebih 15 persen dari penghasilan per bulan, dan lakukan hal ini pertama di awal bulan.

Semakin awal kamu menyisihkan dana tersebut, kamu gak bakal tergiur untuk membelanjakan dana tersebut. Percaya deh, silakan dicoba dulu.

Persentase ini tentunya dapat berubah sesuai dengan kurun waktu kamu menuju masa pensiun. Semakin dekat dengan waktu pensiun, maka semakin tinggi pula persentase yang seharusnya disisihkan. Begitu pula sebaliknya, jika masih muda dan usia pensiun masih jauh, kamu dapat mengurangi persentase dana yang harus dialokasikan.

Semakin dini kamu menyadari pentingnya dana pensiun, semakin sedikit uang yang harus kamu sisihkan setiap bulannya. Semakin lama menabung, semakin banyak pula pengembangan dari tabungan tersebut.

2. Belajar untuk menghargai hal-hal sederhana

Walaupun kamu butuh dana pada saat pensiun, bukan berarti kamu harus sangat berhemat dan hanya terfokus kepada pengontrolan sikap belanja dan tidak menikmati hidup. Untungnya, penelitian mengatakan bahwa kamu gak perlu hidup di dalam kemewahan untuk merasakan kesenangan.

Kesenangan atau kepuasan yang didapatkan dari berbelanja barang mewah sebenarnya lebih cepat pudar dibandingkan dengan menghabiskan uang untuk pengeluaran kecil. Kalau gak percaya silakan dicoba.

Penelitian lain juga membuktikan bahwa dibanding menghabiskan uang untuk pengeluaran besar seperti membeli mobil mewah atau melakukan perjalanan mewah ke luar negeri, lebih baik menikmati hal-hal kecil. Sebut saja seperti memanjakan diri di salon, membeli busana yang berkualitas dan menghabiskan uang untuk hal sederhana tersebut dengan frekuensi yang lebih sering.

Ini berarti, kamu gak perlu menghilangkan seluruh pengeluaran besar sekaligus.Tetapi kamu bisa cari alternatif lainnya dengan cara yang efektif. Dengan begitu, kamu bisa berhemat sekaligus menikmati hidup tanpa memaksakan diri untuk menabung demi masa pensiun.

3. Lakukan investasi

hidup enak saat pensiun
Hari gini masa sih gak punya investasi? (Animasi Investasi / twitter)

Selain menabung dalam bentuk tabungan konvensional, kamu bisa menabung dalam bentuk investasi. Investasi merupakan salah satu cara menabung yang dapat melipatgandakan uang yang kamu miliki.

Terdapat beragam pilihan investasi yang bisa dilakukan, mulai dari investasi dengan risiko yang paling rendah seperti deposito, hingga investasi dengan risiko yang paling tinggi seperti saham. Tentu makin besar yang didapat, makin besar juga ya risikonya.

Dalam memilih instrumen investasi yang sesuai, kamu harus menyesuaikan dengan kemampuan, kebutuhan, serta profil risiko. Jika kamu hanya memiliki tabungan yang sedikit untuk investasi, mulai saja dengan reksa dana atau emas.

Sebaliknya, jika punya modal yang cukup banyak, coba investasi di bidang properti, sehingga kamu pun dapat memperoleh penghasilan pasif.

Tujuan untuk investasi ini adalah dana pensiun, oleh karena itu, sebisa mungkin kamu gak berinvestasi pada saham yang terlalu berisiko. Masing-masing instrumen investasi memiliki keuntungan dan risiko yang berbeda, semakin tinggi risikonya, semakin besar pula keuntungan yang mungkin didapatkan. Sesuaikan profil risikonya ya.

Walaupun cara-cara di atas bukan jaminan kamu bakal menjalani hidup yang nyaman nantinya, tetapi hal ini paling tidak akan mencegah kamu menderita dan bergantung kepada anak-anak saat pensiun. Untuk mencegah masa pensiun yang suram, disiplinlah dalam mengikuti rencana yang telah disusun sebelumnya.

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Ajukan Dana Pensiun Sejak Dini Biar Gak Gigit Jari di Hari Tua]

[Baca: Kenali Manfaat Dana Pensiun Biar Hidup Aman Sentosa]

[Baca: Menyiapkan Dana Pensiun Itu Tanggung Jawab Kedua Pasangan]