Mau Kerja Utama dan Usaha Sampingan Bisa Berjalan Mesra? Simak Hal-hal Penting Ini Deh

kerja utama dan usaha sampingan

Punya penghasilan dari dua sumber mata pencaharian gak ada yang melarang kok sis, bro! Tapi, kamu harus bisa dengan ciamik tuh membagi waktu antara keduanya biar bisa berjalan seiring sejalan.

Gak mau kan dipecat dari pekerjaan utama atau gak dipercaya lagi terima proyek sampingan? Issh, gak usah galau dan lebay drama deh. Mendingan kamu cobain 5 tips berikut supaya kerja utama dan usaha sampingan bisa mesra kayak pacar, aiiih.

[Baca: Kisah Inspiratif 5 Pengusaha Muda Usia 20 Tahun yang Bisa Kamu Tiru]

1. Pembagian Waktu

Waktu 24 jam rasanya bakal kurang terus kalau kamu gak pandai-pandai membaginya. Punya dua pekerjaan sekaligus itu sama sekali bukan perkara sepele loh. Coba saja jalani kalau mau bukti.

Kamu harus bijak memanfaatkan waktu. Saat jam kerja usahakan deh sebisa mungkin gak ada tuh curi-curi waktu untuk melakukan bisnis atau kerja sampingan kamu. Gak berkah juga ah ciin.

Ingat, kamu dibayar oleh perusahaan tempat kamu bekerja itu untuk melakukan tanggung jawab yang sudah kamu setujui dan tanda tangan hitam di atas putih loh. Jadi kamu harus bisa memilah dengan bijak.

Kalau ingin melakukan pekerjaan sampingan atau bisnis sepulang kerja saja, tapi ingat waktu ya. Gak mungkin kan kamu gak istirahat, kalong dan kelelawar saja tidur walau waktunya berbeda. Kamu bukan robot.

kerja utama dan usaha sampingan
Malah stress sendiri kan kalau semua gak diatur

2. Memisahkan Pendapatan

Dengan memiliki dua pekerjaan, berarti ada dua pendapatan tuh. Nah, itu artinya kamu harus belajar disiplin membuat dua sumber pendapatan tersebut baik alurnya. Lebih baik kamu memisahkan keduanya, jangan disimpan dalam satu rekening yang sama supaya kamu juga bisa melihat masing-masing menghasilkan berapa.

Ingatkan diri kamu, memiliki dua sumber pendapatan itu kan biar kamu bisa mencapai tujuan keuangan yang lebih baik di masa depan. Jadi jangan sia-siakan dengan cara mengelola keduanya dengan sebijak mungkin.

[Baca: Punya Kelemahan Diri di Tempat Kerja Gak Selamanya Harus Dihindari]

3. Sadar Diri

Menyadari dulu kemampuan diri saat menjalankan bisnis atau menerima kerja sampingan atau part time. Jangan serakah atau terbutakan oleh gelimang uang dan bayangan keuntungan yang bisa diperoleh lalu melupakan semua.

Sadari kemampuan kamu juga deh. Jangan terburu nafsu mengejar materi lalu mengiyakan semua tawaran yang datang. Belum tentu kamu sanggup, mungkin fisik kamu gak sekuat orang lain kan. Hal ini termasuk soal kesehatan dan waktu yang terbuang hanya untuk mencari uang.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Senin hingga Jumat sudah habis di pekerjaan utama dan waktu senggang habis untuk mengerjakan bisnis atau kerja sampingan. Emangnya buat kamu yang masih single gak mau hidup berkeluarga?

Bagi yang sudah berkeluarga, pasangan dan anak kamu juga membutuhkan perhatian loh, bukan sekedar materi. Apalah artinya uang banyak tapi keluarga gak harmonis atau hampa. Hidup lah dengan seimbang, jangan terburu nafsu mengejar materi saja.

kerja utama dan usaha sampingan
Fokus dan komit sama hal yang sudah dikerjakan

4. Fokus

Saat sedang di pekerjaan utama, ya kamu harus fokus dengan semua kewajiban kamu. Jangan ada sebentar-sebentar cek kerjaan sampingan, selesaikan hingga jam kerja utama selesai dulu. Supaya hasil pekerjaan kamu juga maksimal dan gak berujung dengan teguran atasan.

Bisa jadi kamu juga malah merugikan rekan-rekan satu tim karena harus menunggu pekerjaan kamu yang belum juga rampung akibat gak fokus itu tadi.

Begitu juga saat kamu sedang menjalankan bisnis atau kerjaan sampingan kamu. Fokus lah mengerjakannnya sepenuh hati supaya hasilnya juga bagus. Mencoba menyelesaikan dua hal yang berbeda dalam waktu yang bersamaan cenderung bikin hasil karya kamu acak-acakan.

Berbeda halnya dengan saat kamu fokus menyelesaikan satu pekerjaan. Portfolio kamu akan semakin ciamik deh kalau kamu bisa fokus di masing-masing.

[Baca: Kesuksesan Seseorang Bisa Dilihat Dari Cara Memperlakukan Uang, Gak Percaya?]

5. Evaluasi

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, menjalankan dua hal secara bersamaan itu sama sekali bukan hal mudah. Jika memang ternyata kamu hanya memaksakan diri dan bisa menghancurkan keduanya, lebih baik lepaskan salah satunya.

Gak semua orang punya talenta dan kemampuan untuk multitasking. Apalagi jika ternyata sumber pendapatan kamu yang kedua adalah bisnis yang mengeluarkan modal gak sedikit.  Sayang banget loh kalau dijalankan dengan setengah hati atau kurang serius.

Terlebih lagi jika kamu gak punya orang kepercayaan untuk membantu menjalankan bisnis itu di saat kamu sedang sibuk dengan kerjaan utama kamu. Kalau bisnis terbengkalai kan rugi, Asal menerima kerja sampingan tapi gak mampu memenuhi deadline juga jelek buat referensi kamu. Gak hanya rugi uang namun juga pikiran, waktu dan energi.

kerja utama dan usaha sampingan

Setelah kamu membaca semuanya, sudah mengerti dong apa yang harus kamu lakukan. Saat kamu berkomitmen untuk menjalankan keduanya sekaligus, ada konsekuensi yang harus kamu hadapi, kalau memang masih merasa ragu ya lebih baik pertimbangkan saja dulu.

Jangan sampai hidup kamu kocar-kacir dan tujuan keuangan kamu malah gak tercapai dan semakin jauh dari jangkauanmu. Good luck!

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

[Baca: Tambah Pundi-pundi Lewat 10 Situs Kerja Freelancer Ciamik Ini Deh]

 

Image credit:

  • http://cdn.klimg.com/vemale.com/headline/650×325/2014/04/wanita-kerja-kantoran-rentan-terkena-kanker-payudara-hmm.jpg
  • http://www.generasimudaid.com/asset/admin/upload/news-pictures/tips(1).jpg
  • http://www.pubinfo.id/foto_beritaumum/12fokus_kerja.jpg
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →