Kredit Mobil Avanza Vs Mobilio, Bandingkan Mana Lebih Baik?

avanza vs mobilio

Avanza vs Mobilio? Pertanyaan ini mungkin muncul saat kamu hendak membeli salah satu dari mobil ini. Buat kamu yang memang tertarik beli mobil keluarga, apa cuma Avanza yang tersirat di benakmu? Gimana dengan Honda Mobilio?

Sejatinya, belum ada yang bisa menggeser Avanza dari hati masyarakat Indonesia. Dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017, Avanza tetap perkasa karena memimpin penjualan Toyota.

Padahal kalau dipikir-pikir, mobil tipe low multipurpose vehicle (LMPV) lain sekelas Avanza juga banyak. Tapi konsumen Indonesia tampaknya lebih memilih mobil legendaris ini.

Menurut data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (GAIKINDO) seperti yang diberitakan oleh Otodriver, Avanza masih duduk di peringkat utama sebagai LMPV terlaris dari Januari hingga November 2017.

Di peringkat kedua ada saudara kembarnya yaitu Daihatsu Xenia, dan ketiga adalah Honda Mobilio.

Nah kalau Xenia kan sudah pasti ga beda-beda jauh dong sama Avanza. Tapi kalau Mobilio, sudah pasti beda dong. So, gak usah buru-buru kredit mobil Toyota Avanza dulu ya kalau belum kenalan sama Mobilio. Yuk kita simak dulu perbandingan antara dua mobil ini.

Perbandingan Avanza vs Mobilio 

Berikut perbandingan antara Toyota Avanza dengan Honda Mobilio dari berbagai sisi.

1. Dimensi mobil

kredit mobil toyota

Kalau kita cermati dimensi masing-masing mobil ini, Avanza jelas lebih tinggi sementara itu Mobilio lebih ceper. Hanya saja Mobilio lebih lebar sedikit.

Walaupun bisa dibilang lebih ceper dari Avanza, tapi Mobilio masih tergolong tinggi kok. Sah-sah saja membawa barang bermuatan berat untuk perjalanan jauh, dengan menggunakan Avanza atau Mobilio. Tapi ingat lho, gak usah pasang roof rack

Kalau bebannya berlebihan, gak menutup kemungkinan bakal gasruk juga.

2. Performa mesin dan keiritan BBM

kredit mobil toyota

Buat yang mau kredit mobil Toyota Avanza, tentu sudah paham kan kalau Avanza punya dua varian mesin. Biar adil kita bandingkan saja Avanza 1.5 dengan Mobilio yang kapasitasnya sama.

Kalau ditanya mana yang lebih bertenaga dan enteng tarikannya, tentu saja Mobilio. Namun soal BBM ini, sebenarnya masih agak simpang siur. Menurut pemberitaan dari Liputan 6, konsumsi bensin Avanza cuma 10 hingga 13 kilometer per liter ketika mobil ini dipacu di Tol Cipali.

Dan data dari Detik pada Desember 2017 menyebutkan bahwa lewat uji irit Mobilio, mobil ini mencatatkan rekor konsumsi bensin 24,1 kilometer per liter. Berarti secara gak langsung lebih unggul Mobilio dong?

Patut diketahui, gaya menyetir mobil juga bakal pengaruh sama konsumsi bensin. Mau mobilnya Mobilio atau Toyota Avanza pun bisa jadi boros kalau pengemudinya ngebut.

3. Harga suku cadang

kredit mobil toyota

Soal spare part, ya sudah pasti Honda Mobilio lebih mahal dikit daripada Toyota Avanza ya. Soal perawatan, kalau memang servisnya di bengkel umum, biaya jasa biasanya bakal dipatok sama.

Memang bukan rahasia lagi, mobil keluaran Toyota kerap disebut-sebut sebagai mobil dengan biaya perawatan murah. Bengkel resminya juga banyak. Sedangkan Honda, walaupun bengkel resminya juga banyak tapi biaya perawatannya cukup besar.

4. Pajak tahunan

Semakin besar CC mobil tentu semakin besar pula pajaknya. Tapi apakah karena Mobilio dan Avanza itu CC-nya sama lantas pajaknya sama? Belum tentu.

Laporan dari Viva pada November 2017 menyebutkan bahwa pajak Avanza keluaran 2017 adalah Rp 3,5 juta alias lebih mahal dari Mitsubishi Xpander yang pajaknya Rp 3,2 juta.

Gimana dengan Mobilio? Pajak Mobilio keluaran 2017 ada di angka Rp 3,6 juta. Gak jauh beda kan sama Avanza.

Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaran karena memang nyatanya biaya perawatan mobil tidaklah murah. Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

So, buat yang mau kredit mobil Toyota Avanza jangan cuek sama hal yang satu ini ya. Mau gimana pun juga, pajak itu dibayar tahunan. Tentu jadi beban finansial juga.

5. Harga

Akhirnya kita sampai juga ke poin terakhir yaitu, seputar harga on the road  per Februari 2018 untuk kedua mobil ini. Biar Seperti yang dijelaskan di atas, untuk Avanza yang dimaksud di artikel ini adalah Avanza dengan varian mesin 1.5 L ya. Berikut perbandingan harganya.

harga mobil avanza vs mobilio

Kredit mobil Toyota Avanza atau Honda Mobilio aja ya?

Setelah melihat harganya dan perbandingan lain, kira-kira apa kamu bakal jadi kredit mobil Toyota Avanza? Atau malah kepincut sama Mobilio nih?

Pastinya, bila mengincar mobil yang bujetnya di bawah Rp 200 juta tapi mesinnya 1.5 cc, sudah pasti Mobilio jawabannya. Tapi kamu tentu harus siap dengan biaya perawatan yang lebih mahal.

Namun bila kamu menginginkan perawatan yang praktis, nabung dulu saja sebelum kredit mobil Toyota Avanza. Ingat juga lho, bila nantinya kamu ingin mengkredit mobil ini, pastikan cicilannya gak lebih dari 30 persen penghasilanmu.

Rawat Inap Desktop Lifepal
Rawat Inap Promo Lifepal Mobile

Dan ingat juga, kalau mau untung belinya pas waktu tertentu saja karena kadang diskonnya besar-besar. Semoga bermanfaat, selamat memilih mobil yang pas. 

Lindungi keuanganmu dari biaya servis di bengkel yang mahal 

Agar tidak membebani keuangan, kamu sebaiknya mengasuransikan mobil dengan asuransi mobil terbaik. Dengan memiliki asuransi mobil, kamu akan terlindungi dari biaya-biaya servis kendaraan yang maha harganya. 

Jadi, kamu bisa lebih fokus dalam mengatur keuangan untuk tabungan dan investasi, deh. Untuk membantu kamu menemukan produk asuransi yang tepat, Lifepal sudah membuatkan kuis memilih asuransi mobil berikut ini. 

Setelah mengetahui produk asuransi apa yang tepat untuk mobil kamu, gunakan kalkulator perhitungan biaya premi asuransi di bawah ini, yuk. 

Pertanyaan seputar mobil Avanza vs Mobilio 

Apakah Mobilio nyaman?

Sebagai sebuah mobil keluarga, Mobilio tentu dirancang agar bisa digunakan dengan nyaman. Dan memang, inilah salah satu kelebihan dari Honda Mobilio. Suspensinya cukup empuk dengan bantingan yang masih wajar.

Asuransi apa yang menanggung biaya perbaikan kendaraan?

Untuk menanggung biaya servis dan perbaikan mobil, kamu bisa memanfaatkan asuransi mobil. Asuransi mobil akan menjaminmu dari mahalnya biaya perbaikan dan servis mobil sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak. Sama manfaatnya dengan asuransi motor yang bisa menanggung biaya perawatan dan perbaikan motor.

Sebagai sebuah mobil keluarga, Mobilio tentu dirancang agar bisa digunakan dengan nyaman. Dan memang, inilah salah satu kelebihan dari Honda Mobilio. Suspensinya cukup empuk dengan bantingan yang masih wajar.
Untuk menanggung biaya servis dan perbaikan mobil, kamu bisa memanfaatkan asuransi mobil. Asuransi mobil akan menjaminmu dari mahalnya biaya perbaikan dan servis mobil sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak. Sama manfaatnya dengan asuransi motor yang bisa menanggung biaya perawatan dan perbaikan motor.