Mau Langsung Kerja Setelah Lulus? Pilih 10 Sekolah Ini

Langsung-Kerja

Salah satu alasan pilih suatu sekolah atau kampus tentunya adalah peluang kerja setelah lulus. Sayangnya, gak jarang lulusan baru alias fresh graduate gak bisa langsung kerja setelah lulus.

Tingkat pengangguran di Indonesia sendiri masih tergolong tinggi. Namun ada kabar baik pada awal 2018, yakni angka pengangguran mencapai titik terendah sejak era reformasi di level 5,5 persen.

Namun dalam data yang sama terungkap bahwa anak muda yang menganggur tercatat mendominasi. Hal ini menjadi pekerjaan rumah buat pemerintah, juga warganya.

Di Indonesia, ada lebih dari 4.500 perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Dari ribuan kampus itu, sejatinya ada beberapa yang bisa lebih memastikan peluang kerja buat lulusannya.

Kampus itu adalah yang memiliki ikatan dinas dengan mahasiswanya. Buat yang dalam waktu dekat harus memilih kampus, cek daftar berikut ini supaya bisa langsung kerja setelah lulus:

1. Akademi militer

Sesuai dengan namanya, kampus yang satu ini mendidik calon perwira militer. Kalau kamu terpanggil untuk jadi tentara, bisa coba masuk ke akademi ini. Setelah lulus, dijamin langsung bisa berkarya.

Syaratnya, antara lain berusia 17-22 tahun saat mendaftar dan gak punya tato atau tindik. Syarat lainnya bisa dilihat di situs resminya. Di situs itu, kamu bisa sekaligus mendaftarkan diri, selain di korem, kodam, dan koramil setempat.

Alamat: Jl. Jendral Gatot Subroto, Kompleks Akmil, Jurangombo, Magelang.

Tips Lifepal! Dapatkan hingga 30 juta per bulan dengan menjadi agen asuransi Lifepal.

2. Akademi kepolisian

Berkaitan dengan kampus di atas, tapi akademi ini khusus mendidik calon perwira polisi. Lulusan Akademi Kepolisian sudah pasti bakal jadi polisi.

Syarat masuk Akpol di antaranya berumur minimal 18 tahun dan gak pernah dipidana. Sama seperti Akmil, pendaftaran bisa dilakukan secara online di situsnya langsung.

Alamat: Jl. Sultan Agung No 131, Candi Baru, Semarang.

3. Akademi ilmu pemasyarakatan

Gak jauh dari urusan hukum dan pertahanan negara, akademi ini berada di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Lulusannya bisa langsung kerja di badan yang dikelola Kemenkumham, misalnya lembaga pemasyarakatan dan imigrasi.

Syarat masuk Akip antara lain berusia 18-22 tahun. Informasi lebih lanjut bisa dilihat di situs resmi mereka.

Alamat: Jl. Raya Gandul No. 4, Cinere, Kota Depok.

4. Sekolah tinggi meteorologi, klimatologi, dan geofisika

Melihat posisi Indonesia yang terletak di zona bencana, kerja di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika sepertinya menarik. Coba saja daftar ke Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

Sekolah ini berada di bawah Badan Meteorologi. Syarat masuknya antara lain berusia 16-21 tahun. Yang pakai kacamata boleh masuk adal minus maksimal dua. Informasi selengkapnya bisa disimak di situs resmi STMKG

Alamat: Jalan Perhubungan I Nomor 5, kompleks Metro, Pondok Betung, Bintaro, Tangerang.

5. Politeknik statistika

Buat yang hobi mengulik data atau gak alergi matematika, bisa coba mendaftar ke Politeknik Statistika. Sekolah ini dikelola Badan Pusat Statistik dengan sistem kedinasan.

Nilai 7 pada mata pelajaran matematika dan bahasa Inggris jadi salah satu syarat utama. Syarat lainnya adalah berusia 16-21 tahun. Keterangan yang komplet ada di situsnya.

Alamat: Jalan Otto Iskandardinata Nomor 64C, Jakarta Timur.

6. Politeknik keuangan negara

Mungkin nama Sekolah Tinggi Akuntansi Negara lebih familier di telinga kita. Namun, kini namanya sudah menjadi Politeknik Keuangan Negara.

Kementerian Keuangan mengelola kampus pencetak ahli hitung-hitungan bujet ini. Info pendaftaran dan syarat masuk bisa dilihat di situs resminya.

Alamat: Jalan Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang.

7. Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional

Berada dalam pengelolaan Badan Pertanahan Nasional, sekolah tinggi ini juga memberi ikatan dinas. Namun gak semua lulusan programnya otomatis jadi calon pegawai negeri sipil.

Syarat jadi mahasiswa alias taruna sekolah ini di antaranya berusia maksimal 23 tahun. Pendaftaran dan info lainnya bisa diakses di website STPN.

Alamat: Jl. Tata Bumi 5, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta.

8. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia

Ada dua jenis seleksi taruna di STPI, yakni atas dana sendiri dan dibiayai negara. Kalau mau langsung kerja di dunia penerbangan, khususnya pilot, dengan pakai dana sendiri, ada jalurnya.

Keterangan lebih lanjut bisa disimak di situs resmi STPI. Satu hal yang pasti, kedua jenis seleksi dilakukan dengan ketat dan melewati beberapa tahap.

Alamat: Jalan Raya PLP Curug, Serdang Wetan, Lego, Tangerang.

9. Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta

Sebagai negara maritim, Indonesia menyediakan banyak peluang kerja di dunia kelautan dan perikanan. Kamu bisa jadi salah satu pekerja dengan masuk ke Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta.

Sekolah ini menyediakan jalur seleksi umum dan pegawai negeri. Kalau tertarik, kamu bisa kunjungi lansung website-nya untuk informasi lebih lanjut.

Alamat: Jl. AUP Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

10. Sekolah Tinggi Sandi Negara

Bagi yang berantusias mengulik sandi-sandi, Sekolah Tinggi Sandi Negara bisa jadi pilihan yang pas. Namun, syarat yang diterapkan lumayan berat.

Nilai bahasa Inggris dan matematika, misalnya, minimal 8. Silakan kunjungi situs STSN untuk mendapat info selengkapnya.

Alamat: Jl. Raya Haji Usa, Putat Nutug, Ciseeng, Bogor.

Keberadaan 10 sekolah di atas, juga kampus lain yang menawarkan ikatan dinas, pastinya sangat membantu mengurangi tingkat pengangguran. Pemuda-pemudi dan orangtua mereka yang khawatir akan dunia kerja juga bakal terbantu.

Namun ingat, teliti dulu segala syarat dan ketentuan untuk masuk ke sekolah-sekolah itu. Beberapa di antaranya ada yang memberi beasiswa penuh dan uang saku lho.

Lumayan banget kan, terutama buat yang berasal dari kalangan keluarga kurang mampu. Umumnya pendidikan di sekolah-sekolah kedinasan seperti itu menerapkan disiplin yang amat sangat ketat.

Jadi, selain harus berprestasi, mesti siap mental. Jangan cuma mengharap bisa langsung kerja setelah lulus. Ikatan dinas yang diberikan menuntut tanggung jawab mahasiswanya, gak bisa seenaknya.

Hitung gaji bersihmu tiap bulan

Penasaran berapa gaji yang didapatkan setelah dipotong biaya administrasi dan lainnya? Coba hitung dengan kalkulator gaji bersih Lifepal berikut.

Itulah 10 sekolah yang bisa menjanjikan untuk kamu bisa langsung dapat kerja setelah lulus. Dari ke-10 sekolah tersebut, mana nih yang kira-kira sesuai dengan passion kamu?

Kalau kamu punya pertanyaan lainnya seputar karier hingga bisnis, tanyakan saja ke para ahli yang telah bekerja sama dengan Lifepal di Tanya Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →