Mau Menjadi Orang Sukses? Miliki Dulu 8 Karakter Ini Deh!

Menjadi Orang Sukses

Datang ke kantor selalu terlambat, pas meeting seringnya tidur atau melamun, gimana mau sukses bro!

Lihat deh persaingan dunia kerja sekarang, makin banyak orang yang kualitas kerjanya gak main-main. Kalau kamu terus santai-santai dan gak mau berusaha meningkatkan kualitas diri, ya siap-siap aja tereliminasi.

Selama mau kerja keras, siapa aja bisa kok menjadi orang sukses. Coba tengok sosok inspiratif Nicholas Vujicic. Dengan segala keterbatasannya, dia berhasil tuh jadi motivator dan penulis buku tenar. Atau atlet basket Lebron James yang waktu kecil hidup miskin tapi sekarang punya kekayaan sampai US$86 juta. Gak nyangka kan?

[Baca: 5 Atlet Terkaya Dunia Dulunya Hidup Miskin Lho]

Makanya, ijazah formal, pendidikan tinggi, sampai kesehatan fisik, bukan satu-satunya penentu kesuksesan. Delapan karakter ini juga sangat menentukan:

1. Gak baper

menjadi orang sukses
Ciyeee ngambek nih yee, manyun nih yeee! (Manyun / tribunnews)

Gak baper alias gak mudah terbawa perasaan. Bukan berarti gak punya perasaan ya.

Saat berada di kantor, semua kritik dan evaluasi yang berkaitan sama kerjaan harus dianggap sebagai input berharga. Walau kritik diberikan dengan keras dan lantang, kamu harus tetap bisa menangkap inti dari kritikan dan mampu memperbaiki diri.

Mikir aja kalau kritikan yang ditujukan itu demi kebaikanmu sendiri, bukan karena sentimen pribadi. Dengan begitu, kamu pun bisa jadi lebih baik lagi dalam karier.

2. Punya motivasi tinggi

menjadi orang sukses
Tuh semangat kan si mas karena termotivasi buat dapetin sepeda hehehe (Panjat Pinang / aktual)

Salah satu ciri orang yang bisa sukses dalam karier adalah punya yang namanya motivasi. Ibaratnya, motivasi ini adalah bensin yang bikin kariermu tetap menanjak. Kalau gak ada motivasi, bisa mogok itu karier.

3. Berpikir dan bertindak positif

Dalam menyelesaikan setiap tantangan pekerjaan, pasti dibutuhkan mental yang positif. Dengan begitu, kamu pun bisa berpikir dan bertindak positif.

menjadi orang sukses
Mau badai kek, banjir kek, tetap senyum dan selfie aja ya mbaksis hehehe (Santai Kala Banjir / trivia)

Kalau bawaannya negative thinking terus, bisa-bisa karier mandek. Aura positif juga bisa menular ke lingkungan kerja lho. Kamu pun bisa jadi penebar semangat di kantor.

4. Menjaga hubungan baik

Bekerja tentunya gak bisa seorang diri dong, pasti suatu saat akan butuh bantuan dari yang lain. Makanya, jaga hubungan baik dengan semua orang di kantor, mau satu divisi atau gak.

menjadi orang sukses
Baik sama semua orang gak ada salahnya lho! (Berteman Banyak / tribratanews)

Jangan juga membedakan perlakuan berdasarkan posisi atau jabatan. Kita harus baik sama atasan, sampai level karyawan paling rendah di kantor. Kalau baik sama semua orang, mereka juga pasti bakal membantumu menjadi orang sukses kelak.

[Baca: Punya Networking Luas Emang Penting Bukan Berarti Gak Pakai Perhitungan]

5. Percaya diri

Punya rasa percaya diri akan membantu kamu selalu siap dengan tuntutan pekerjaan seberat apapun. Tentu saja yang dimaksud di sini adalah mental percaya sama kemampuan diri. Bukan sok tahu ya, tapi yang benar-benar tahu apa yang harus dilakukan. Orang yang punya rasa percaya diri akan lebih dihargai oleh rekan kerja dan klien.

menjadi orang sukses
Percaya diri itu harus, tapi jangan sampai gak lupa diri lho ya! (Mimi Peri / ngaco)

6. Fokus

Fokus akan membantu kamu buat bisa menyelesaikan semua tugas dan tanggungjawab yang diberikan dengan hasil terbaik. Saat fokus sama hal yang sedang dikerjakan, bisa terlihat tuh apa yang sebaiknya dilakukan dan dengan cara apa.

menjadi orang sukses
Eits, fokus dong masbro sama pacarnya, jangan lirak-lirik sana-sini hehehe! (Laki-Laki Melirik Cewek / tribunnews)

Fokus juga bisa meminimalisir adanya kesalahan-kesalahan kecil yang berpotensi kamu lakukan. Kalau gak fokus, jangan harap deh kerjaan selesai dengan mulus.

7. Pantang menyerah

Sudah bukan rahasia lagi kalau yang membuat kebanyakan dari kita gagal adalah sifat mudah menyerah. Mereka yang mau menjadi orang sukses gak akan pernah lari saat dihadapkan dengan masalah. Mereka akan terus berusaha mencari solusinya hingga dapat.

menjadi orang sukses
Masa kalah sih sama adik kecil ini? Pantang menyerah lho dia sampai jago main skateboard hehehe (Balita Main Skateboard / stuff)

Justru dari masalah yang dihadapi, banyak hal yang bisa dipelajari. Saat berhasil menyelesaikan masalah, mereka akan merasa jadi manusia yang lebih kuat. Ini bisa jadi amunisi buat menghadapi tantangan yang bisa jadi lebih berat lagi di masa depan. Emangnya gak mau naik kelas?

8. Komitmen

Tanpa komitmen, semua hal-hal positif yang sudah ditanamkan dalam diri akan sia-sia. Komitmen itu bukti bahwa kamu serius mewujudkan semua tujuan dan mimpi-mimpi. Ini gak mungkin tercapai kalau cuma modal niat dan angan-angan lho.  

menjadi orang sukses
Contohlah Pak Polisi yang tetap menjalankan tugas di tengah guyuran hujan. (Pak Polisi Bertugas / beritapasuruan)

Dengan berkomitmen, itu artinya kamu siap melakukan segala daya dan upaya yang dibutuhkan demi merealisasikan mimpi. Mau sesulit apapun, selama ada komitmen pasti bisa. Komitmen yang kuat akan bikin kesuksesan makin dekat sama kamu. Baca aja kisah sukses orang-orang kaya di dunia, pasti mereka pada berkomitmen untuk sukses deh.

[Baca: Mau Jadi Orang Terkaya di Asia Ini 5 Kunci Suksesnya]

Jangan pernah lupa bahwa gak ada kesuksesan yang bisa diraih lewat jalan pintas alias instan. Butuh banyak hal buat bisa meraihnya. Kalau malas dan selalu merasa cepat puas ya jangan iri sama mereka yang pencapaiannya bisa di atas kamu.

So, tertarik menjadi orang sukses? Terapkan delapan prinsip di atas mulai dari sekarang.