5 Asuransi Kesehatan Murni Terbaik 2020 [Plus Kriteria dan Tips Memilihnya]

Asuransi kesehatan murni

Memilih asuransi kesehatan murni yang bagus memang cukup membingungkan. Pasalnya, manfaat yang diberikan sangat beragam. Ada yang lebih menonjolkan rawat inap, ada pula biaya pengobatan, dan sebagainya.

Sebenarnya gak ada rumus mutlak dalam memilih asuransi kesehatan murni yang bagus untuk kamu. Kamu hanya perlu memilih yang paling sesuai sama kebutuhan dan bujet. 

Nah, asuransi kesehatan murni sendiri memberikan proteksi lebih maksimal untuk perawatan kesehatan. Sebab, premi yang kamu setorkan gak akan dibagi lagi menjadi investasi. Dengan demikian, manfaat yang kamu dapatkan pun gak ‘nanggung’.

Bagi kamu yang sedang mencari asuransi kesehatan murni yang bagus dan cocok untuk kamu dan keluarga, rekomendasi berikut bisa jadi membantu!

Daftar asuransi kesehatan murni terbaik 2020

Berikut ini rekomendasi asuransi kesehatan murni terbaik rekomendasi Lifepal.

  • Manulife – MiUltimate HealthCare
  • Asuransi kesehatan Allianz
  • AXA – Maestro Optima Care
  • Asuransi kesehatan Cigna
  • Asuransi kesehatan Sinarmas

1. Manulife – MiUltimate HealthCare

Salah satu asuransi kesehatan murni dari brand ini adalah MiUltimate Healthcare. Pasalnya, pembayaran manfaat berdasarkan tagihan rumah sakit kamu alias as charged.

Kamu pun bisa lebih leluasa fokus pada proses penyembuhan. Sebab, kamu gak perlu pusing memikirkan sisa tagihan yang mesti kamu bayarkan sepulangnya dari rumah sakit.

Selain itu, produk yang satu ini juga merupakan asuransi pertama yang memberikan santunan pada penyakit HIV/AIDS, pembedahan rekonstruksi, pengobatan tradisional Tiongkok, Fisioterapi, dan Chiropractic. Selain itu, usia tertanggung yang diterima cukup maksimal, yaitu mulai dari 18 tahun hingga 70 tahun.

Untuk limit biaya kamar adalah maksimal Rp3 juta per hari di Indonesia dan hingga Rp9 juta per hari jika dirawat di luar negeri.

2. Asuransi kesehatan Allianz

Asuransi Allianz kesehatan terdiri dari beberapa produk yang bisa kamu pilih. Terdapat tiga pilihan asuransi kesehatan dari Allianz yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Mulai dari Smartmed Premier, SmartHealth Maxi Violet, dan unit syariah Allisya Care.

Smartmed Premier merupakan produk asuransi kesehatan yang ditujukan bagi tertanggung maksimal 80 tahun. Manfaat yang diterima rawat inap, rawat jalan, melahirkan, dan perawatan gigi.

SmartHealth Maxi Violet memberikan manfaat tambahan berupa santunan harian. Selain itu, gak ada masa tunggu untuk bisa menikmati manfaat asuransi ini yang berbeda dengan produk Smartmed Premier.

Sementara itu, kamu yang menginginkan produk asuransi kesehatan berbasis syariah bisa memilih Allisya Care. Usia masuk untuk bisa memiliki polis asuransi kesehatan ini dimulai dari usia 15 hari hingga 60 tahun.

Untuk proses klaim, tersedia metode cashless maupun reimbursement.

3. AXA – Maestro Optima Care

AXA Financial Indonesia menyediakan asuransi kesehatan yang bagus, yaitu Maestro Optima Care. Ada beberapa keunggulan yang diberikan oleh asuransi kesehatan satu ini.

Beberapa di antaranya adalah masa pertanggungan hingga 99 tahun. Cara bayar bisa mulai dari bulanan hingga tahunan. Premi bulanannya sendiri mulai dari Rp421.235 saja!

Yang lebih menarik lagi adalah gak ada limit per kondisi medis alias inner limit. kamu pun bisa mendapatkan perawatan maksimal sesuai kebutuhan kamu. Plus, asuransi dari AXA ini mengizinkan adanya pre-existing condition alias penyakit yang sudah ada sebelumnya dengan masa tunggu.

4. Asuransi kesehatan Cigna

Perusahaan asuransi dari Amerika Serikat ini malah memberikan asuransi kesehatan dengan bonus premi!

Cigna Health Protection menerapkan premi sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp36 ribu saja per bulan. Premi tersebut berlaku untuk usia 18 tahun sampai 29 tahun. Sementara itu, bagi Anda yang berusia 60 tahun sampai 65 tahun bisa membayar premi terjangkau, yaitu Rp412 ribu.

Manfaat yang Anda terima termasuk santunan tunai hingga Rp1 juta per hari. Bahkan, Anda berhak dapat bonus 25 persen dari total pembayaran premi apabila tidak melakukan klaim dalam waktu dua tahun.

Asyik, ya?

5. Asuransi kesehatan Sinarmas

Asuransi kesehatan individual dari Sinarmas ini terdiri dari tiga pilihan plan, yaitu: Simas Sehat Gold, Simas Sehat Executive, dan Simas Sehat Income.

Masing-masing memberikan perlindungan perawatan kesehatan cashless untuk rawat inap di rumah sakit. Bahkan, premi bisa kamu cicil menggunakan kartu kredit. Pertanggungan asuransi ini berlaku hingga usia 75 tahun.

Nah, untuk paket Simas Sehat Income sendiri memiliki beberapa keunggulan. Beberapa di antaranya adalah santunan harian mencapai Rp500 ribu per hari. Kemudian, santunan pembedahan Rp10 juta per pembedahan. Bahkan bila gak mengajukan klaim selama 12 bulan, kamu berhak dapat cash bonus sampai dengan Rp500 ribu.

Perlu kamu tahu:

  • Asuransi kesehatan dengan konsep murni ini maksudnya, seluruh premi kamu bakal dialokasikan benar-benar buat manfaat rumah sakit dan biaya perawatan.
  • Asuransi kesehatan murni bakal lebih ‘menguntungkan’ dibandingkan unit link. Sebab, nilai proteksi yang kamu dapatkan jauh lebih maksimal.
  • Kamu bisa menemukan produk asuransi ini pada produk asuransi konvensional dan khususnya syariah.

Asuransi kesehatan murni vs unit link

Lantas, kenapa harus asuransi kesehatan murni alih-alih unit link? Sebenarnya, manfaat proteksi yang kamu dapat kalau membeli askes murni jelas lebih besar daripada unit link

Dalam produk berbalut investasi tersebut, uang yang kamu bayarkan bakal banyak dipotong dengan biaya ini itu untuk pengelolaan dana investasi. Alhasil, uang premi yang dipakai buat dijadikan plafon dalam manfaat asuransi jadi jauh lebih kecil.

Lebih untung kalau kamu membeli produk asuransi dan investasi secara terpisah. Ada beragam produk investasi yang bisa kamu pilih, mulai dari reksa dana, saham, pasar uang, obligasi, dan lain-lain.

Asuransi syariah bisa dijadikan opsi asuransi kesehatan murni

Selain asuransi kesehatan murni, terdapat produk asuransi kesehatan syariah yang menerapkan prinsip Islam dalam kontraknya. Meskipun tujuannya sama dengan jenis lainnya, asuransi syariah menerapkan prinsip tolong menolong. 

Jadi, premi yang kamu bayarkan sebagian bakal dikumpulkan untuk menolong nasabah lain yang sedang membutuhkan biaya untuk perawatan medis. Selain mendapat proteksi, kamu juga bisa berbuat baik dan menolong sesama.

Tips memilih asuransi kesehatan murni terbaik

Masih bingung memilih mana asuransi kesehatan murni yang paling bagus? Yuk simak tips berikut ini!

1. Pertimbangkan dulu sebelum memilih produk hospital cash plan

Ada beberapa polis asuransi yang menawarkan hospital cash plan (HCP) atau santunan harian tunai. Maksudnya, kamu bisa mencairkan klaim dengan nominal tertentu bergantung berapa hari kamu dirawat inap. 

Misalnya, asuransi kamu menawarkan HCP Rp1 juta per hari. Jika kamu memerlukan rawat inap selama 5 hari, artinya kamu akan mendapatkan Rp5 juta tanpa melihat tagihan rumah sakit yang sebenarnya.

Hal ini bisa saja menguntungkan kalau tagihan rumah sakitmu di bawah Rp5 juta. Namun, bisa juga kamu harus membayar lebih karena gak cukup menutup biaya kunjungan dokter, pemeriksaan, obat-obatan, dan lain-lain. 

Makanya, pilihlah asuransi yang membayar tagihan rumah sakitmu per tindakan. Umumnya asuransi kesehatan murni yang bukan HCP bakal kasih limit per kepentingan medis, misalnya Rp500 ribu untuk konsultasi dokter, Rp2 juta untuk tindakan bedah, dan lain-lain.

2. Kalau sudah menikah, lebih hemat pakai asuransi keluarga

Sudah berkeluarga? Penting buat kamu tahu, pakai asuransi kesehatan murni keluarga jauh lebih hemat lho! Soalnya, kamu hanya perlu membayarkan premi sekali saja dan asuransi bakal menanggung seluruh anggota keluarga kamu.

Kalau dihitung per orang, tentu nominal premi bakal lebih murah daripada beli sendiri-sendiri. Selain itu, biasanya perusahaan juga menawarkan bonus lho kalau beli asuransi keluarga!

3. Asuransi tambahan gak semuanya penting

Banyak orang yang setuju saja ketika agen menawarkan asuransi tambahan (rider). Namun, jangan sampai kalap ya. Semakin banyak asuransi tambahan yang kamu ambil, semakin tinggi juga premi yang harus kamu bayar. Makanya, pilihlah pertanggungan tambahan yang kira-kira rentan terjadi kepadamu saja. 

4. Beli saat muda dan sehat

Premi asuransi kesehatan murni jauh lebih murah kalau kamu dalam kondisi muda dan sehat lho! Oleh karena itu, hindari menunda asuransi kesehatan karena risiko penyakit bisa datang kapan saja.

5. Perhatikan pengecualian klaim

Setiap asuransi memiliki daftar pengecualian yang bisa membatalkan klaim kamu. Perhatikan baik-baik poin ini, pastikan gak ada risiko penting yang masuk ke dalam pengecualian.

Kriteria asuransi kesehatan terbaik 

Untuk mendapatkan asuransi kesehatan murni terbaik, kamu perlu memerhatikan empat kriteria dari tiap-tiap produk yang ditawarkan. Apa saja sih? Ini kriteria asuransi kesehatan terbaik.

  • Plafon
  • Premi
  • Jaringan rumah sakit

1. Plafon 

Plafon atau manfaat dari asuransi yang dimiliki merupakan hal terpenting. Tujuan kamu memiliki asuransi kesehatan memang untuk mendapatkan manfaat maksimal untuk melindungi diri sendiri ataupun keluarga.

Asuransi kesehatan terbaik adalah asuransi yang memberikan limit cukup besar dan limit tidak dipecah per perawatan. Asuransi kesehatan terbaik biasanya menawarkan limit penuh semisal AXA.

Sementara beberapa asuransi kesehatan lainnya menerapkan limit berbeda untuk tiap perawatan yang dilakukan.

Meski begitu, ada beberapa asuransi yang tidak memberikan limit per tahun, tapi membatasi limit perawatannya. Allianz dan Manulife menerapkan limit seperti itu.

Namun, Manulife memberikan kesempatan bagi kamu untuk menggunakan kelebihan premi yang tidak terpakai untuk meningkatkan premi asuransi.

Kamu bisa melakukan ini jika kamu mengurangi pertanggungan asuransi jiwa yang dimiliki. Manulife sendiri memang memberikan tambahan pertanggungan asuransi jiwa. 

Ada pula asuransi kesehatan yang membatasi limit keduanya, perawatan dan limit total sehingga plafon yang diberikan pun menjadi kecil.

Misalnya aja Cigna yang hanya memberikan santunan tunai (cash plan), tapi tidak memberi pertanggungan terhadap biaya rawat inap atau konsultasi dokter.

2. Premi

Biasanya harga premi ditentukan plafon yang akan didapat. Semakin besar plafonnya, semakin besar juga premi yang harus dibayarkan.

Jika masih sendiri dan belum berkeluarga, memiliki asuransi dengan premi besar memang terasa baik-baik saja. Namun, lain cerita jika sudah berkeluarga. Oleh karena itu, kamu perlu pintar-pintar dalam memilih asuransi dan biaya premi bulanannya. 

Contohnya, Cigna adalah asuransi dengan premi paling rendah. Namun, ia mampu memberikan pertanggungan sampai lima anggota keluarga.

Artinya, kamu, istri dan ketiga anak akan terlindungi oleh polis asuransi ini. Sementara terdapat asuransi lain yang memiliki premi lebih mahal dibandingkan Cigna, tapi hanya mampu mencakup perlindungan terhadap tiga orang. Jika lebih banyak anggota keluarga yang ingin mendapatkan proteksi, preminya pun semakin besar.

Namun, premi akan menentukan manfaat yang kamu dapatkan. Pertimbangkan lagi. Tidak hanya premi, tetapi manfaat yang akan didapatkan.

Sayang juga kalau premi rendah, tapi saat kamu membutuhkannya tetap harus mengeluarkan biaya tambahan. 

3. Jaringan rumah sakit 

Kriteria yang satu ini juga sangat penting bagi kamu yang ingin memilih asuransi kesehatan murni. Asuransi kesehatan yang memiliki kerja sama yang luas dengan berbagai rumah sakit, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, tentunya akan memudahkan kamu dalam menjalani pengobatan.

Ini menandakan bahwa asuransi memberi kemudahan sehingga jika terjadi hal yang tidak diinginkan, kamu bisa mendapatkan penanganan dengan segara. Risiko kerugian pun bisa diminimalkan. 

Pengecualian dalam asuransi kesehatan

Pengecualian dalam asuransi kesehatan yang ingin kamu pilih adalah hal yang sangat penting untuk diketahui. Kamu harus membacanya terlebih dulu. Sebab ini mengatur sejumlah hal yang tidak bisa diklaim di kemudian hari.

Apa saja yang biasanya termasuk dalam pengecualian? Berikut pengecualian dalam asuransi kesehatan.

  • Semua perawatan dan/atau pengobatan yang berhubungan dengan penyakit atau luka yang telah ada sebelumnya (pre existing diseases), termasuk juga komplikasinya.
  • Penyakit-penyakit khusus, kecuali polis telah berlaku selama 12 bulan berturut-turut.
  • Transplantasi organ, termasuk semua perawatan dan/atau pengobatan yang terkait.
  • Semua alat penunjang atau alat bantu buatan atau bahan sintetis baik yang di luar atau melekat pada tubuh.
  • Dialisa, termasuk semua perawatan dan/atau pengobatan yang berkaitan.
  • Perawatan dan pengobatan eksperimental, tradisional dan/atau alternatif di luar ilmu kedokteran Barat yang tidak terbatas pada akupuntur (kecuali dilakukan oleh dokter), sinse, dukun patah tulang, paranormal, chiropractor, naturopath, holistik dan sejenisnya. 
  • Gangguan kejiwaan atau syaraf termasuk psikosis, neurosis, stres, depresi, psikogeriatrik dan manifestasi fisik atau psikosomatis, perawatan penyalahgunaan obat, kecanduan dan/atau alkohol. 

Pertanyaan-pertanyaan seputar asuransi kesehatan

Meski sudah mendapatkan penjelasan yang lengkap, kadang masih banyak orang yang bertanya mengenai satu-dua hal terkait asuransi kesehatan. Pertanyaan apa saja yang biasa ditanyakan? Berikut beberapa di antaranya.

1. Apa itu asuransi kesehatan? 

Asuransi kesehatan adalah proteksi perlindungan kesehatan yang diberikan kepada seseorang yang berusia maksimal 80 tahun untuk orang dewasa dan usia 25 tahun untuk anak. 

2. Apa manfaat memiliki asuransi kesehatan? 

Asuransi kesehatan memberikan manfaat dasar yang berupa perawatan rumah sakit. Ada juga manfaat tambahan seperti biaya rawat jalan, perawatan gigi dan persalinan. 

3. Berapa batas usia untuk memiliki asuransi kesehatan? 

Rentang usia tertanggung dan tanggungan (pasanga, suami/istri) adalah 18 tahun – 70 tahun. Untuk tanggungan anak-anak mulai dari usia 6 bulan – 17 tahun. Sementara untuk mendapatkan manfaat melahirkan berlaku untuk kamu yang berusia 20 tahun – 43 tahun. 

4. Bagaimana cara pembayaran premi asuransi kesehatan? 

Premi asuransi kesehatan bisa dilakukan secara bulanan, kuartalan, semesteran sampai tahunan sekali pun. 

5. Apa manfaat dasar asuransi kesehatan? 

Salah satu manfaat dasar asuransi kesehatan adalah manfaat perawatan rawat inap yang berlaku jika tertanggung dan/atau tanggungan mengalami sakit atau mengalami sakit karena kecelakaan. 

Demikian rekomendasi dan tips dalam memilih asuransi kesehatan murni. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap kunjungi halaman Asuransi Kesehatan di lifepal.co.id.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →