Mau Tahu Cara Cepat Dapat Uang? Jual Diri!

cara cepat dapat uang

Uang bukanlah segalanya, tapi hampir segalanya saat ini memerlukan uang. Ungkapan itu seperti gak ada matinya.

Dari tahun ke tahun selalu relevan. Dan bukan hanya di Indonesia, melainkan di seluruh dunia.

Karena itulah cara cepat dapat uang menjadi hal yang banyak dicari insan manusia. Kalau nyarinya dengan cara halal sih wajar saja. Tapi kalau sampai melakukan korupsi atau kejahatan lainnya, itu baru gak bener.

Nah, kalau jual diri? Tenang…. Jangan berpikiran negatif dulu.

Jual diri di sini gak ada hubungannya dengan praktik prostitusi. Yang dimaksud dengan jual diri adalah menawarkan kemampuan diri yang maksimal untuk mendapat imbalan.

Menjual diri bisa menjadi cara cepat dapat uang. Namun gak semua orang bisa jual diri dengan harga yang tinggi.

Di sinilah letak permasalahannya. Imbalanmu, dalam hal ini uang, diberikan sesuai dengan nilai diri yang kamu jual. Kalau kemampuan rendah, tentunya imbalan yang didapat rendah. Hal ini berlaku secara umum.

Sekarang bagaimana caranya agar bisa menjual diri dengan harga setinggi mungkin? Berdiam diri saja dan menikmati zona nyaman jelas bukan jawaban.

Di bawah ini akan dijelaskan cara memaksimalkan kemampuan agar bisa jual diri  dengan harga yang maksimal pula:

1. Deteksi skill andalan

Beberapa orang menguasai beberapa skill atau keterampilan sekaligus. Misalnya Andi bisa menggambar dengan bagus plus berbicara tanpa keraguan di muka publik.

Namun ternyata skill menggambar Andi lebih menonjol. Hal ini diketahui dari apresiasi orang terhadap gambarannya yang lebih baik ketimbang terhadap pemaparannya.

Inilah yang kita-kita mesti dilakukan. Kamu bisa jadi punya sederet skill. Tapi pasti gak semuanya bisa kamu andalkan.

Fokuslah untuk menemukan satu-dua skill yang paling menonjol. Mungkin saja skill itu justru berhubungan dengan hobi ketimbang pekerjaan utama, misalnya kayak Andi di atas.

2. Latih skill

Setelah mampu mendeteksi skill andalan, langkah selanjutnya adalah melatihnya hingga mencapai tingkat maksimal. Ada beberapa cara untuk melatih skill, tergantung apa skill tersebut.

Misalnya dengan mengambil kursus di luar jam sekolah. Juga mempraktikkan skill itu secara terus-menerus agar kian terasah.

Jangan bilang kamu gak punya skill ya. Setiap orang pasti punya skill yang bisa dikembangkan.

3. Perbaiki kekurangan

Poin ketiga ini boleh jadi membutuhkan upaya lebih keras. Apalagi jika kamu punya kebanggaan berlebih terhadap diri sendiri.

Gak mungkin manusia gak punya kekurangan. Manusia fenomenal Susi Pudjiastuti, yang gak lulus SMA tapi bisa jadi menteri saja memiliki kekurangan kok.

Jadi, seriuslah menemukan kekurangan itu untuk diperbaiki. Urutkan dari kekurangan yang paling kecil hingga yang paling serius.

Prioritaskan kekurangan yang paling serius, misalnya sering susah bangun pagi. Sedikit demi sedikit perbaiki kekurangan itu hingga yang paling kecil, contohnya kadang enggan menyapa orang yang dikenal saat berpapasan di jalan.

4. Lakukan secara berulang

Ketiga poin di atas saling berhubungan. Sebagai manusia, bukan mustahil kekurangan yang telah diperbaiki kambuh lagi.

Skill yang telah dipoles pun bisa saja memudar karena gak dijaga. Karena itulah penting untuk mempraktikkan poin-poin di atas secara berulang dan berkala.

Bikin rencana khusus untuk mengevaluasi diri dengan acuan poin-poin tersebut. Misalnya seminggu sekali atau sebulan sekali.

Dari evaluasi itu bisa diketahui apa sih yang perlu ditingkatkan dan masalah apa yang harus diatasi agar kita kembali “layak jual”. Mirip dengan penilaian karyawan teladan saja. Otokritik alias evaluasi terhadap diri sendiri penting untuk perbaikan kualitas diri.

Jual diri adalah cara cepat dapat uang yang relevan buat hampir semua kalangan. Buat pegawai, baik swasta maupun negeri, jelas orang yang paling bisa menunjukkan kemampuannyalah yang bakal meroket kariernya.

Seiring dengan meningkatnya karier, uang penghasilan pastinya ikut naik dong. Jika kamu sudah merasa mencapai puncak kualitas diri tapi karier seret, mungkin inilah saatnya mencoba peruntungan baru di tempat lain.

Adapun bagi kalangan pengusaha, menjual diri merupakan sarana untuk meningkatkan performa bisnis sekaligus menjaga relasi yang baik dengan anak buah.

Makin tinggi kualitas diri pengusaha, makin besar peluang meraih kesuksesan. Contohnya sudah sadar akan pentingnya izin usaha sehingga sudah mengantongi semuanya.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Khusus buat pengusaha, menjual diri gak hanya harus kepada konsumen. Bawahan termasuk yang mesti mengetahui nilai diri kita. Dengan demikian, terciptalah kondisi kerja yang baik sehingga penghasilan lebih cepat dicairkan.

Jadi, siap menjual diri demi kesuksesan finansial?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →