Mau Tahu Kenapa Fresh Graduate Berpotensi Menjadi Karyawan Terbaik? Ini 5 Alasannya

menjadi karyawan terbaik

Artikel DuitPintar.com ini pernah ditayangkan oleh partner content kami, Suara.com

 

Persaingan dunia kerja terutama di kota-kota besar seperti Jakarta semakin ketat. Semua orang berlomba untuk bekerja di perusahaan terbaik dengan pendapatan yang tentu saja juga tinggi. Saat ini, semakin banyak perusahaan yang mencari calon karyawan dari para fresh graduate alias lulusan baru universitas.

 

Bisa dimengerti sih kalau perusahaan pasti mengusahakan yang terbaik untuk kemajuan perusahaan. Salah satunya dengan cenderung memilih para mahasiswa yang baru lulus. Para lulusan baru ini dinilai masih muda, segar, aktif, cerdas dan sangat produktif.

 

Dengan kata lain, para lulusan baru masih memiliki semangat terjun ke dunia kerja yang berapi-api.

 

 

Sebenarnya masih ada beberapa alasan lain megapa semakin banyak perusahaan yang tertarik merekrut fresh graduate, 5 alasan tersebut di antaranya:

 

1. Belum memiliki pengalaman bekerja

Walau fresh graduate belum memiliki pengalaman bekerja, sebagian besar perusahaan malah menganggap hal ini sebagai keuntungan. Kenapa? Karena, dengan belum adanya cukup pengalaman, perusahaan bisa membentuk mereka sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

 

Perusahaan juga dapat menentukan tugas yang paling tepat untuk para calon karyawan tersebut. Selain itu, fresh graduate cenderung memiliki kepatuhan yang cukup tinggi. Mereka bersedia mengikuti peraturan yang ada dibandingkan dengan karyawan lain yang lebih berpengalaman.

 

2. Selalu bertanya

Kebiasaan untuk gak malu bertanya atau meminta bantuan juga salah satu sifat yang dinilai baik oleh perusahaan dari para lulusan baru. Para atasan akan sangat menghargai sifat ini karena pekerjaan bisa selesai sesuai dengan cara yang diinginkan perusahaan.

 

Karena masih muda dan baru lulus, para lulusan baru juga punya semangat kerja yang menyala-nyala. Kerja lebih giat dan senang nyobain hal-hal baru.

 

3. Fresh graduate mengerti target pasar

Menurut research dari banyak perusahaan, target pasar yang potensial untuk dibidik berada di kisaran usia 17-24 tahun. Hal inilah yang membuat perusahaan mengincar karyawan dari lulusan baru yang usianya gak jauh berbeda dengan target pasar tersebut.

 

Perusahaan berharap dengan cara ini, karyawan yang masih fresh ini bisa lebih mengetahui strategi pemasaran apa yang paling pas untuk membidik konsumen potensial. Otomatis penjualan produk atau jasa perusahaan bisa meningkat pesat.

 

4. Berani mengambil risiko

Kualitas lain yang dimiliki oleh para fresh graduate adalah rasa ingin tahu dan percaya diri yang besar. Inilah yang membuat mereka gak ragu-ragu atau segan melakukan semua jenis pekerjaan. Termasuk menerima tantangan yang diberikan tanpa rasa takut gagal.

 

 

[Baca: Umur 20 Tahun atau Masih Kepala 2 Jangan Remehin 10 Nasihat Keuangan dari Masa Depan Ini]

 

 

Hebatnya lagi saat gagal pun mereka punya sifat yang gak gampang menyerah, karena semua yang terjadi mereka anggap sebagai pembelajaran.

 

5. Melek teknologi dan media sosial

Era yang makin modern, di mana media sosial sudah mengambil peranan besar dalam kehidupan masyarakat saat ini, para fresh graduate adalah yang paling menguasai teknologi termasuk media sosial.

 

Mereka pasti update tentang isu-isu yang sedang jadi trend di media sosial yang juga bisa jadi alat untuk membantu perencanaan strategi demi meningkatkan pendapatan perusahaan.

 

Para fresh graduate ini juga bisa menjadi duta pengaruh positif di dalam perusahaan, terutama untuk para senior yang mungkin gak terlalu melek teknologi atau media sosial.

 

Alasan-alasan di atas bukan berarti bahwa para karyawan yang berpengalaman gak punya potensi menjadi karyawan terbaik dalam sebuah perusahaan. Semuanya dikembalikan lagi kepada masing-masing pribadi.

 

 

Apapun kamu saat ini, lulusan baru atau karyawan dewasa yang sudah berpengalaman, do your best saja di tempat kamu bekerja.

 

[Baca: Tips Bahagia di Tempat Kerja 5 Tanda Kamu Kurang Piknik]

 

 

 

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →