Mau yang Paket Plus atau Standar? Segini Biaya Umrah Terbaru

Telah Ditinjau: Avatar Aulia Akbar
biaya umrah

Menunaikan ibadah umrah ke  Tanah Suci sudah selayaknya menjadi ‘perjalanan impian’ bagi umat muslim. Untuk mewujudkannya, salah satu hal yang harus dipertimbangkan biaya umrah. 

Pasalnya, baik umroh atau haji, keduanya diperlukan  bujet yang tidak sedikit. Jauh-jauh hari kamu diharuskan untuk mengumpulkan uang demi menginjakkan kaki di Tanah Suci. .

Maka tak heran jika banyak masyarakat muslim Indonesia rela menabung bertahun-tahun agar bisa beribadah ke Tanah Suci. Meski begitu, biaya bukan satu-satunya hal yang perlu dipersiapkan hal-hal seperti kesiapan mental, fisik dan waktu juga tak kalah penting.

Jika perjalanan umrah menjadi salah satu hal yang ingin kamu capai di tahun 2020, maka kamu harus tahu biaya umrah 2020 yang harus dipersiapkan. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Besaran biaya umrah

Biro travel haji dan umrah umumnya menawarkan biaya yang berbeda-beda tergantung jenis paket yang disediakan. Bila kamu memilih paket umrah yang standar saja, biasanya tidak akan mengeluarkan dana lebih, berbeda bagi yang mengambil paket di atas standar.  

Ada yang menawarkan paket biaya umrah saja, ada pula yang menawarkan paket biaya umrah sekaligus jalan-jalan, salah satunya ke Turki atau Dubai. Maka dari itu, kamu harus benar-benar selektif memilih agen travel. 

Jangan sampai kamu tergiur penawaran harga yang kelewat miring tapi uangmu malah hilang entah ke mana, alias kena tipu. Masih ingat dengan kasus First Travel yang sempat heboh.

Biaya umrah yang wajar

Ini dia beberapa biaya umrah yang wajar dan bisa kamu jadikan referensi:

Biaya umrah paket reguler

Paket umrah reguler menyediakan perjalanan umrah standar selama 9 hari. Paket ini mencakup perjalanan umrah dan city tour di Makkah dan Madinah saja. Biaya umrah paket reguler berkisar antara Rp16 juta hingga Rp30 juta tergantung travel dan fasilitas yang disediakan.

Biaya umrah paket plus Turki

Jika kamu memilih paket ini, kamu akan bisa menikmati wisata di Turki sekaligus. Usai melaksanakan ibadah umrah, kamu bisa berjalan-jalan ke Turki selama beberapa hari. Kisaran biaya umrah untuk paket plus Turki ini antara Rp40 juta hingga Rp 47 juta. 

Biaya umrah paket plus Dubai

Selain Turki, kamu juga bisa mengunjungi Dubai setelah ibadah umrah jika memilih paket ini. Kamu akan diajak berkunjung ke Burj Khalifa, Burj Al-arab, Masjid Jumeirah, hingga Dessert Safari. Dana yang dibutuhkan untuk paket ini sekitar Rp40 juta hingga Rp45 juta. 

Fasilitas yang digunakan, seperti maskapai, hotel, rute yang dipilih hingga lokasi jalan-jalan juga akan mempengaruhi mahal dan murahnya biaya umroh yang kamu pilih. Oleh sebab itu, pastikan kamu jeli dalam memilih paket umrah ya!

Bagaimana mencari agen tour umroh yang bagus

Satu yang terpenting saat mencari agen tour umroh adalah, kamu harus memilih agen yang amanah. Kemudian, kamu juga tentu harus memilih agen tour umroh yang bagus dengan harga yang terjangkau.

Bagaimana caranya?

  • Pilih agen tour resmi yang terdaftar di Kementerian Agama.

Kamu sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu, apakah agen travel yang ingin kamu pilih sudah terdaftar resmi di Kementerian Agama atau belum.

Pasalnya, jika agen tour umrah yang sudah terdaftar di Kementerian Agama maka dapat dipastikan mereka memiliki surat-surat izin, seperti:

  1. Surat izin tetap usaha pariwisata
  2. Tanda daftar perusahaan
  3. NPWP perusahaan
  4. Surat keterangan domisili perusahaan
  5. SK Menteri Kehakiman: Akta pendirian perusahaan
  6. Sk Depag. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh
  7. Sertifikat Anggota Amphuri
  8. Sertifikat Lembaga Bisnis Syariah dan Dewan Syariah Nasional MUI.
  • Mendatangi kantor agen tour umroh langsung

Jika sudah pasti terdaftar di Kementrian Agama, baiknya kamu mendatangi kantor agen tour secara langsung. Tujuannya untuk memastikan bahwa agen tour yang ingin kamu gunakan wujudnya memang ada, bukan fiktif belaka.

Saat mendatangi kantor agen tersebut, manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk bertanya soal biaya umrah, paket yang ditawarkan, dan fasilitasnya. 

  • Jangan tergiur dengan harga murah

Lagi lagi ditekankan, jangan langsung tergiur harga paket umrah yang murah. Apalagi jika paket tersebut menawarkan fasilitas mewah dengan harga di bawah rata-rata.

Kamu harus betul-betul memastikan layanan apa saja yang akan kamu dapatkan dengan harga yang ditawarkan tersebut. Mulai dari maskapai yang digunakan, hotel, hingga paket city tour. Semakin banyak fasilitas yang ditawarkan, wajar jika biaya umroh pun akan semakin mahal.

Cara lain mencari agen tour

  • Menanyakan fasilitas lain

Saat mendatangi kantor agen travel umrah, kamu juga boleh lho menanyakan fasilitas lain yang berhubungan dengan kebutuhan pribadi, seperti perlengkapan umrah, suntik vaksin, hingga makanan yang akan disantap nanti. 

  • Cek cara pembayaran

Terkesan sepele tapi hal ini sangatlah penting. Pastikan bahwa agen tour umrah yang kamu pilih menggunakan rekening atas nama perusahaan untuk pembayarannya.

Pasalnya, agen tour umrah yang resmi biasanya akan menggunakan jasa perbankan untuk transaksi pembayaran atas nama perusahaan, bukan pribadi. Apapun alasannya, apabila kamu diminta melakukan pembayaran ke rekening pribadi, maka kamu wajib waspada.

  • Hindari agen tour umroh yang menggunakan sistem MLM

Ada baiknya jangan pilih agen tour umrah yang menggunakan sistem MLM. Apabila kamu diminta membayar sejumlah uang untuk bergabung lalu setelah itu kamu harus mengajak orang lain dan menjadi downline, maka bisa dipastikan agen tour umrah itu menggunakan sistem MLM. Hati-hati, ya!

Agen tour umrah milik selebriti

Tidak sedikit selebriti di Indonesia  juga mengelola agen tour umrah. Sebut saja Sahrul Gunawan, Irwansyah dan Zaskia Sungkar, hingga Neno Warisman yang menggeluti bisnis agen umrah. 

Jannah Tour & Travel milik Irwansyah dan Zaskia Sungkar misalnya, menawarkan paket umrah reguler selama 9 hari dengan rincian 4 hari di Madinah, dan 5 hari di Makkah.

Untuk perjalanan umrah reguler menggunakan jasa Jannah Tour & Travel, kamu perlu menyiapkan kocek sebesar US$1,825 atau sekitar Rp25,8 juta.

Biaya tersebut meliputi:

  • Biaya penerbangan pulang pergi menggunakan maskapai Saudia Airlines.
  • Menginap di hotel bintang 4 yaitu Elaf Taiba dan Hilton Convention.
  • Asuransi perjalanan umroh
  • Mendapat perlengkapan eksklusif seperti tote bag, mukena atau ihram, tas sandal, koper dan lainnya.
  • Makan tiga kali selama satu hari.
  • Visa umroh.
  • Ziarah kota Makkah dan Madinah.
  • Mendapatkan air zam-zam sebanyak lima liter per jamaah.

Namun, biaya tersebut belum termasuk:

  • Biaya airport handling, pajak dan asuransi perjalanan sebesar Rp2 juta.
  • Visa progresif US$550 atau sekitar Rp7,8 juta.
  • Biaya pembuatan paspor Rp 1,5 juta maupun penambahan nama sebesar Rp500 ribu.
  • Single suplemen.
  • Vaksin meningitis.
  • Biaya pribadi (laundry, telepon dan lain-lain).

Biaya umrah plus

Jannah Tour & Travel juga menawarkan paket umrah plus yang hampir sama dengan penawaran umrah reguler. Hanya saja waktu stay menjadi lebih lama, yaitu 10 hari dengan rincian lima hari di Makkah dan lima hari sisanya di Madinah.

Paket umrah plus ini juga menyediakan hotel tempat menginap dengan fasilitas yang lebih bagus, yakni hotel bintang 5 seperti Hotel Millenium Al-Aqeeq dan Hotel Fairmont.

Bagi yang ingin menikmati paket umrah plus ini, kamu harus menyiapkan bujet sebesar US$1,880 atau setara dengan Rp26,5 juta. Untuk fasilitas yang termasuk dan tidak termasuk, masih sama dengan paket umrah reguler.

Biaya lainnya

Saat memutuskan untuk melakukan perjalanan umroh, kamu juga harus mempersiapkan pos pengeluaran lain di luar biaya paket perjalanan yang ditawarkan travel. Apa saja?

1. Membeli perlengkapan umroh

Pakaian ihram atau gamis, jilbab, sabuk, alat ibadah, jaket, dan perlengkapan ibadah di Tanah Suci lainnya harus kamu persiapkan sendiri. Kamu juga perlu membawa seluruh obat-obatan yang dibutuhkan secara lengkap.

 Jangan lupa juga membeli perlengkapan komunikasi seperti pulsa atau paket internet agar tetap dapat berkomunikasi dengan orang rumah.

Buatlah rincian anggaran perlengkapan haji ini untuk mempermudah mengetahui gambaran biaya yang kamu perlukan.

2. Biaya vaksin meningitis

Menurut World Health Organization (WHO) negara Arab Saudi merupakan tempat penyebaran virus penyakit meningitis. Virus ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. 

Karena itu, setiap calon jemaah haji maupun umrah harus melakukan vaksin meningitis pada 2-4 minggu sebelum keberangkatan. Ini dikarenakan kekebalan vaksin baru beraksi dua minggu setelah penyuntikan dan bisa bertahan selama dua tahun.

Biaya suntik vaksin meningitis berada pada kisaran Rp300 ribu-Rp450 ribu dan bisa berbeda-beda tergantung kebijakan kantor kesehatan terkait.

3. Biaya oleh-oleh

Ini biaya yang paling sering disepelekan dan biasanya membuat kantong jebol tanpa disadari. Maka dari itu, sebelum berangkat, ada baiknya kamu sudah menyiapkan rencana anggaran oleh-oleh.

Jika ingin memberikan pada banyak orang, kamu bisa memilih aksesori atau makanan yang relatif murah seperti tasbih, kosmetik Arab, atau cokelat.

Untuk menghemat biaya dan menghindari kelebihan bagasi saat pulang nanti, kamu juga bisa lho membeli oleh-oleh khas Arab yang telah diimpor ke Indonesia. Salah satunya, di pusat oleh-oleh Arab di Tanah Abang.

Tabungan umrah

Meski biayanya tak sebesar ibadah haji, tetap saja melaksanakan umrah juga membutuhkan biaya yang gak sedikit. Itulah mengapa banyak orang memilih untuk membuka tabungan umrah demi mewujudkan impiannya beribadah di Tanah Suci. Salah satunya, Tabungan Haji Syariah Bank Muamalat.

Lalu, apa saja keuntungan dan bagaimana cara daftarnya? Yuk, simak!

Keuntungan Tabungan Haji Syariah Bank Muamalat:

  • Dapat memilih jangka waktu dan jumlah setoran sesuai dengan paket yang tersedia.
  • Mendapat kartu Shar-E Gold yang dapat memudahkan bertransaksi saat sedang menunaikan ibadah haji.
  • Mendapat bonus dan souvenir haji.
  • Terkoneksi secara online dengan SISKOHAT DEPAG buat memperoleh kepastian keberangkatan.
  • Bebas biaya administrasi bulanan.
  • Mendapat kesempatan ibadah umrah secara gratis.

Jika kamu ingin membuka rekening tabungan haji di Bank Muamalat, berikut persyaratan yang harus kamu penuhi:

  • Mengisi form aplikasi pembukaan rekening.
  • Melampirkan fotokopi identitas diri seperti KTP, SIM, atau Paspor.
  • Melampirkan fotokopi NPWP
  • Setoran awal sebesar Rp50 ribu
  • Saldo minimal Rp50 ribu
  • Biaya penutupan rekening gratis jika telah tercapai setoran lunas BPIH dan Rp50 ribu jika belum mencapai setoran lunas BPIH.
  • Biaya penggantian buku tabungan karena rusak sebesar Rp10 ribu.

Bagaimana, sudah terbayang kan kisaran uang yang harus kamu persiapkan jika ingin mewujudkan impianmu beribadah umrah?

Selain mengumpulkan pundi-pundi rupiah dari pendapatanmu, kamu juga bisa lho mulai berinvestasi agar tabungan biaya umrah terkumpul lebih cepat. Jangan lupa juga menyiapkan asuransi perjalanan agar pelaksanaan ibadahmu di Tanah Suci berjalan lancar.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →