MCM Mandiri Membantu Kita Mengelola Bisnis Lebih Baik

Memang tidak mudah bagi sebuah perusahaan untuk mengelola arus keuangan. Banyak hal yang harus dipikirkan dan dilakukan, apa lagi bagi perusahaan yang berskala besar.

Dalam menjawab kebutuhan itu, Mandiri Cash Management atau MCM Mandiri hadir untuk membantu pengusaha dan membuka lebar peluang cash management perusahaan yang lebih baik dengan sentuhan teknologi guna menjawab tantangan zaman.

Mari kita telusuri MCM Mandiri secara lebih mendalam!

Layanan yang Tersedia di MCM Mandiri

MCM mempunyai beberapa layanan yang mempermudah kita mengakses catatan keuangan perusahaan. Layanan itu berupa:

1. Informasi rekening

Ada beberapa kemudahan yang akan kita dapatkan dari layanan ini. yaitu:

  • Informasi saldo yang menyeluruh.
  • Mutasi transaksi rekening secara real-time dan ketersediaan informasi mutasi transaksi rekening yang dapat diunduh dalam format fail txt, excel, PDF.
  • Aktivitas transaksi rekening giro maupun tabungan, baik IDR maupun mata uang lainnya yang dapat dilakukan transaksi di Bank Mandiri.
  • Pencetakan rekening koran maupun statement elektronik standar bagi masing-masing rekening perusahaan yang telah didaftarkan.

2. Pengaturan transfer

Layanan pengaturan transfer ini memberikan kita akses untuk melakukan berbagai kemudahan aktivitas transfer keluar, seperti: 

  1. Pemindahbukuan antar rekening Bank Mandiri (Inhouse Transfer)
  2. Kiriman uang ke rekening bank domestic lainnya dengan valuta Rupiah, yaitu transaksi LLG/SKN/RTGS (domestic transfer)
  3. Kiriman uang ke bank lain di dalam atau luar negeri dalam valuta asing (international transfer). 

Pilihan proses transaksi yang tersedia:

  1. Immediate
  2. Standing instruction (post dated)
  3. Recurring transaction

Fitur template/predefined beneficiary list berguna memudahkan kita dalam melakukan transaksi transfer tanpa harus menginput ulang. Transaksi tersebut dapat dilakukan sekali (single transaction) ataupun massal (mass transaction).

3. Pengaturan tagihan

Kita diberikan kemudahan untuk mengoptimalkan pengelolaan piutang perusahaan dengan adanya:

  • Akses pengaturan pembayaran tagihan (bill payment).
  • Layanan auto debet sebagai solusi penagihan piutang secara massal.

4. Monitor Transaksi

Monitoring aktifitas tiap-tiap transaksi sangat vital bagi perusahaan sehingga layanan ini akan lebih memudahkan kita dalam melakukan optimalisasi kontrol dan pengawasan aktivitas serta prosedur akses transaksi secara menyeluruh.

Cara Mengakses MCM Mandiri

Untuk mengakses MCM, kita bisa mengunjungi situs web MCM Mandiri. Setelah itu, kita masuk ke layar transaksi. Kemudian dilanjutkan dengan mengisi company ID, user, dan password yang telah didapat dari admin perusahaan. Jika sudah selesai, pilih Login. Ada beberapa fitur di dalmnya, di antaranya:

  • Account information.
  • Payable management.
  • Receivable management.
  • Bill payment.
  • Supply chain management.
  • Utilities.
  • Information management.
  • Report.

Jenis Pengguna Transaksi MCM

MCM merupakan sistem yang menggunakan prinsip multi user dan dual control, baik dari sisi pengelolaan ID perusahaan maupun dalam aktivitas pelaksanaan operasional transaksi.

1. Pengguna pengelola ID (non financial)

  • Sysadmin1.

Pengguna akan bertindak sebagai admin utama dengan akses penuh dalam pengaturan struktur pengguna, struktur akun, akses menu, pengaturan limit serta skema prosedur persetujuan transaksi.

  • Sysadmin2.

Pengguna yang bertindak sebagai admin dual control bagi sysadmin1, fungsinya melakukan persetujuan atas setiap perubahan pengaturan internal ID mandiri cash management (MCM) yang dilakukan sysadmin1.

2. Pengguna transaksi

  • Maker.

Pengguna yang bertindak sebagai penggagas suatu transaksi di sistem dengan memasukkan semua data dan informasi yang dibutuhkan dalam suatu transaksi.

  • Approver.

Pengguna yang bertindak melakukan pemeriksaan dan persetujuan awal atas setiap transaksi yang digagas oleh maker.

  • Releaser.

Pengguna yang bertindak melakukan pengiriman transaksi yang telah di approve ke dalam sistem.

Manfaat MCM Mandiri

Setelah kita membahas layanan, cara akses, dan jenis penggunaannya, tiba saatnya kita membahas manfaat internet banking ini.

1. Rekam segala aktivitas rekening

Kita bisa melihat informasi saldo hari ini (today balance) dan riwayat saldo (balance history). Selain itu, MCM memberikan kemudahan bagi kita untuk melakukan monitoring mutasi rekening berdasarkan pencatatan aktivitas transaksi. 

Rekening koran pun bisa kita unduh dalam format cetak maupun MT940. Begitupun dengan advis, kita melakukan pencetakan dan pengiriman advis sebagai notifikasi transaksi tertulis bagi pihak ketiga (counterparty).

2. Sesuai dengan kebutuhan transfer perusahaan

MCM memudahkan kita melakukan aktifitas transfer dana antar rekening Bank Mandiri, baik rekening kelolaan perusahaan yang terdaftar di MCM (on behalf account) maupun rekening pihak ke-3. MCM juga bermanfaat manakala kita akan transfer antar bank, valuta asing, dan transfer massal.

3. Bisa membayar bermacam-macam tagihan

Kita bisa membayar seluruh tagihan perusahaan karena MCM memiliki menu Bill Payment, Payee List, Bill Presentment, Register Auto Debit, Bill Upload, dan Bill Download. 

4. Awasi aktivitas transaksi

Dengan melakukan persetujuan transaksi, fitur monitoring MCM akan melihat status transaksi yang telah atau sedang dijalankan. Aktivitas monitoring dapat dilakukan oleh semua level user yang terlibat dalam transaksi tersebut.

5. Mengatur informasi aktivitas rekening

Kita dapat mengetahuii penggunaan dan sisa limit transaksi dalam group. Selain itu, terdapat akses bagi user untuk dapat memantau cut off time transaksi yang berlaku di Bank Mandiri selain memantau kurs valuta asing dan bank dalam dan luar negeri.

6. Permudah laporan keuangan

Terdapat dua macam menu laporan yang bisa kita temui, yaitu laporan financial dan non financial. Laporan financial berfungsi sebagai media pemantau pelaporan aktivitas financial perusahaan/nasabah berdasarkan parameter tampilan dan pencarian yang dapat diatur. Sedangkan laporan non-financial berfungsi sebagai media pemantauan non financial activity perusahaan/nasabah.

Dengan MCM Mandiri, urusan keuangan perusahaan menjadi lebih efisien dan transparan. Layanan, cara akses, jenis pengguna, dan manfaat sangat menguntungkan perusahaan. Wah, MCM sangat membantu, ya!

Lifepal menyediakan berbagai tips-tips mengatur keuangan pribadi dan inspirasi manajemen berbisnis yang ideal. Jangan ragu untuk mencari informasi lebih lengkap di Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →