Mengenal Profesi Mekanik, Beserta Keahlian dan Gajinya

mekanik adalah

Mekanik adalah orang yang melakukan pemeliharaan dan perbaikan kendaraan saat ada kerusakan. Posisi yang biasanya ada di profesi ini antara  lain, montir mobil, montir motor, montir bus, montir bengkel bus, montir truk dan sebagainya. 

Seorang mekanik tak hanya menguasai perbaikan peralatan montir di tiap bagian kendaraan saja. Tapi juga mengecek secara menyeluruh kondisi mesin. Bahkan sebelum terjadi kerusakan. 

Tanggung jawab profesi montir ini ternyata punya tanggung jawab besar lho. Para montir harus menguasai mekanisme mesin dan struktur mobil.  

Selain itu seorang montir juga harus mampu memecahkan masalah, yaitu mencari solusi akan kerusakan pada kendaraan.

Prospek profesi mekanik

Seiring pertumbuhan kendaraan di Indonesia yang sangat tinggi, hal ini berimbas juga pada kebutuhan ahli mesin. Profesi ini diibaratkan dokternya kendaraan. Sehingga pastinya dibutuhkan terlebih bagi pemilik kendaraan. 

Tak hanya itu, pertumbuhan otomotif di Tanah Air juga mempengaruhi pertumbuhan industri jasa layanan otomotif seperti bengkel, baik skala besar atau kecil.

Dengan adanya industri ini, maka kebutuhan montir bengkel pun terbuka lebar. Selama kebutuhan perawatan dan perbaikan kendaraan ini masih ada.

Selain itu, ahli mesin kendaraan ini bisa juga bekerja di dealer mobil, agen penyewaan kendaraan, atau di perusahaan transportasi.

Perusahaan-perusahaan ini membutuhkan jasa seorang montir untuk melakukan pemeriksaan, perbaikan dan pemeliharaan rutin kendaraan. Atau jika mempunyai modal dan keahlian mekanis, tak ada salahnya mencoba peruntungan dengan membuka bengkel sendiri.

Kisaran gaji mekanik

Seorang montir dianggap tidak punya penghasilan tetap karena biasanya hanya menerima bayaran sesuai dengan jumlah kendaraan yang diperbaiki. Tapi, itu hanya berlaku di bengkel-bengkel kecil saja. 

Dari data yang dihimpun Lifepal, gaji mekanik di Jakarta rata-rata ada di kisaran Rp 4.081.386 per bulan. 

Gaji seorang montir di Indonesia masih sangat rendah bila dibandingkan dengan gaji montir di Kanada. Rata-rata gaji mekanik di Kanada sekitar USD 55,760 per tahun atau setara dengan Rp 806 jutaan. 

Sedangkan untuk montir yang sudah berpengalaman dibayar USD 78.000 atau sekitar Rp 1 miliar lebih. Angka yang fantastis ya untuk profesi montir. 

Tapi angka tersebut kurang lebih sama dengan montir mobil balap. Profesi mekanik mobil balap, untuk reparasi bodi mobil saja, bisa menghasilkan Rp 720 juta per tahun atau Rp 60 juta per bulan. 

Bahkan, untuk ahli mekanik yang memimpin tim di pit stop balap kelas dunia, memiliki penghasilan rata-rata USD 78.320 per tahun atau setara lebih dari Rp 1 miliar.

Ada faktor lain yang mempengaruhi besaran penghasilan adalah jenis mesin kendaraan yang dikerjakan. Misalnya gaji montir motor pastinya berbeda dengan gaji mekanik mobil.

Mekanik motor mendiagnosa, menyesuaikan, memperbaiki atau merombak sepeda motor, skuter, moped dan kendaraan motor sejenis. 

Di industri layanan otomotif skala besar, seorang montir minimal digaji sesuai upah minimum regional (UMR). 

Tidak menutup kemungkinan, jika bengkelnya besar dan maju, gaji mekanik motor bisa di atas UMR. 

Skill yang dibutuhkan untuk menjadi montir

Mekanik atau montir merupakan pekerjaan yang tergolong tidak mudah dan membutuhkan keterampilan khusus. Apa saja yang harus dimiliki seorang montir? 

  • Seorang montir harus memiliki pengetahuan akan teknik mekanisme mesin, baik motor, mobil, truk atau sejenisnya. Dan juga memahami struktur kendaraan. 
  • Keahlian lain yang harus dimiliki montir adalah mampu bekerja dengan berbagai jenis motor, misalnya bahan bakar, diesel atau listrik.
  • Di zaman teknologi digital ini, banyak mobil yang dioperasikan menggunakan sistem komputer. Jadi, seorang mekanik atau ahli mesin saat ini tidak hanya harus paham kunci-kunci mobil, tapi juga dituntut untuk menguasai sistem komputer. 
  • Mengetahui rekayasa teknologi. Hal ini dibutuhkan untuk mencari solusi dari kerusakan kendaraan yang terjadi. 
  • Mampu mengontrol dan mengatasi mesin kendaraan.
  • Memiliki kemampuan komunikasi dan kepemimpinan yang baik. Artinya, seorang mekanik harus bisa berkomunikasi dengan jelas, baik lisan atau tertulis. Ini dimaksudkan untuk menjaga lingkungan kerja yang komunikatif, baik dengan rekan kerja atau pelanggan. 
  • Mekanik juga membutuhkan skill membaca dan membuat laporan teknis. 
  • Tugas mekanik mobil 

    Seperti pekerjaan pada umumnya, mekanik pun mempunyai deskripsi pekerjaan. Apa saja? Simak di bawah ini.

    1. Perawatan rutin kendaraan

    Seorang montir harus mampu melakukan perawatan rutin dan pemeriksaan status kendaraan. Di sini tugas mekanik mobil adalah memeriksa oli motor, cairan pendingin, juga minyak rem sekaligus akan mengisi ulangnya jika dibutuhkan.

    Tak hanya itu, untuk perawatan rutin tugas mekanik mobil juga wajib memeriksa dan mengganti filter bila perlu, melumasi bagian-bagian mesin, memeriksa baterai dan sistem kelistrikan kendaraan.

    2. Mendiagnosis kerusakan

    Pekerjaan mekanik adalah menganalisis dan mendiagnosis kerusakan kendaraan. Tugas ini meliputi memeriksa dan mengkalibrasi rem, tekanan udara di roda beserta kondisinya, menyelaraskan roda. 

    Kemudian, mereka juga harus mampu membongkar bagian-bagian mesin untuk mencari bagian yang rusak atau perlu diperbaiki. 

    3. Perbaikan umum dan khusus

    Tugas mekanik selanjutnya yaitu melakukan perbaikan umum atau khusus dan mengganti bagian yang rusak.

    Pekerjaan ini meliputi mengganti dan memasang kembali mesin yang diperbaiki. Dari sini, mekanik langsung mengetes mesin atau potongan-potongan baru tersebut.

    4. Membuat rincian biaya perbaikan 

    Setelah perbaikan, montir melaporkan semua perbaikan kendaraan pada pemilik bengkel atau pemilik kendaraan. Setelah itu membuat anggaran biaya perbaikan, membuat catatan bagian yang harus dibeli dan memberi tagihan pada pelanggan. 

    Tak hanya itu, montir juga harus menjelaskan mengenai pembelian dan penggantian pada kendaraan yang tidak berfungsi. ‘

    5. Membuat jadwal rutin pengecekan kendaraan 

    Setelah kendaraan diperbaiki, tugas mekanik selanjutnya adalah membuat jadwal pengecekan rutin kendaraan pelanggan. 

    Pekerjaan montir termasuk pekerjaan yang memiliki risiko. Karena bekerja dan berhubungan dengan kelistrikan. 

    Oleh sebab itu, montir harus mematuhi protokol keselamatan di area kerja. Seperti menggunakan alat-alat keselamatan (kacamata pengaman, sarung tangan, dan jas montir) untuk menghindari kecelakaan. 

    Selain itu, mekanik juga harus mematuhi peraturan keselamatan saat menggunakan mesin atau alat berat berbahaya seperti lift hidrolik, perkakas listrik, atau alat las. 

    Jenjang karier mekanik 

    Seorang montir atau ahli mesin di perusahaan besar biasanya menawarkan jenjang karier yang baik. Hanya saja setiap perusahaan berbeda-beda dalam memberikan peningkatan karier tersebut.

    Semakin tinggi jabatan, maka makin besar pula penghasilan yang didapat montir. Berikut jenjang karier seorang montir: 

  • Junior mekanik, bertugas melakukan pengecekan kendaraan sesuai arahan dari senior montir. 
  • Senior mekanik, seperti supervisor, senior montir biasanya memiliki pengalaman bekerja selama 3 – 4 tahun. Tugasnya mengawasi dan supervisi junior montir. 
  • Kepala mekanik, bertugas mengepalai tim montir dan mengepalai senior juga junior mekanik. Selain memberi penugasan, kepala montir juga mengawasi pekerjaan timnya. 
  • Cara menjadi mekanik

    Untuk menjadi ahli mesin kendaraan ada beberapa pilihan sekolah atau pelatihan yang bisa dilakukan. 

    1. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 

    Sekolah tingkat ini melatih siswanya untuk memiliki berbagai keahlian, salah satunya keahlian untuk menjadi montir. 

    Jurusan untuk menjadi ahli mesin atau mekanik adalah bidang teknologi dan rekayasa, dengan keahlian teknik otomotif. 

    2. Magang

    Banyak perusahaan besar yang membuka program magang atau kerja praktek lapangan bagi siswa kejuruan dan mahasiswa teknik. Biasanya program magang ini memakan waktu mulai dari 1 – 3 bulan.

    Perusahaan yang biasanya membuka program ini antara lain Hyundai, PT Toyota Motor Manufacturing, dan masih banyak lagi. Di perusahaan ini pemagang akan bekerja dan mendapat pelatihan di bawah montir berpengalaman.

    3. Sertifikasi 

    Selain dua cara di atas, untuk meningkatkan skill sebagai montir juga bisa mengikuti pelatihan bersertifikat. Di program sertifikasi menawarkan kelas khusus di bidang ini. Bahkan tak jarang ada program lanjutan untuk memperdalam teknik yang sudah dimiliki. 

    Kelebihan dari program sertifikasi adalah mendapat pemahaman yang lebih dalam mengenai mesin dan cara sistem montir bekerja. Hanya saja, biasanya program ini berbayar mulai dari investasi yang terjangkau hingga mahal. Panjangnya program juga mempengaruhi biaya kursus atau pelatihan. 

    Bila melihat dari tingginya kebutuhan akan kendaraan, ditambah dengan industri otomotif yang terus meningkat, membuktikan bahwa profesi montir sangat prospektif. Terlebih lagi dengan iklim teknologi saat ini yang membutuhkan montir dengan kualifikasi tertentu. Sehingga bisa mempengaruhi penghasilan yang akan didapatnya.

    Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan kamu akan dunia otomotif, khususnya profesi mekanik. Kalau kamu punya pertanyaan terkait tips mengelola bisnis dan usaha sekaligus mendapatkan rekomendasi kepada berbagai produk asuransi yang ada di Indonesia, konsultasikan saja di Tanya Lifepal! 

    Customer Service

    call me
    whatsapp