Memilih Deposito Bank Terbaik bagi Kamu yang Bergaji Rp3 Juta

deposito terbaik

Zaman sekarang mengantongi gaji di angka kisaran Rp 3 juta per bulan dinilai terlalu ‘ngepas’ untuk bisa bertahan hidup sehari-hari. Belum lagi terpikirkan untuk memilih deposito terbaik demi mengumpulkan uang dari gaji kamu yang masih Rp3 jutaan. 

Belum lagi harga kebutuhan yang terus melambung dan berbagai keperluan hidup lainnya yang membuat gaji Rp3 juta harus cukup dibagi-bagi. Lalu bagaimana dengan investasi jika gaji saja hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari?

Jangan dulu berkecil hati, pasalnya ada banyak instrumen investasi yang bisa disesuaikan dengan kantongmu. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan produk deposito dari deretan bank yang ada di Indonesia.

Kenapa memilih deposito?

Pada dasarnya deposito adalah bentuk investasi yang mirip dengan tabungan jangka panjang. Bedanya, kamu gak bisa sewaktu-waktu mengambil uang yang kamu depositkan dalam jangka waktu tertentu.

Selain itu, nominal dana yang ditabung pun umumnya lebih besar. Eits! Tapi jangan khawatir, karena keuntungan yang kamu dapatkan melalui deposito pun lebih besar daripada menyimpan uangmu di tabungan biasa.

Di Indonesia sendiri, ada 2 jenis deposito yang bisa kamu pilih untuk berinvestasi, yaitu deposito dengan sistem konvensional dan syariah.

Deposito konvensional atau syariah?

Kedua jenis deposito ini pada dasarnya tidak berbeda jauh. Membedakan antara deposito konvensional dan syariah adalah cara pengelolaan keuntungan deposito. 

Jika deposito konvensional menggunakan sistem bunga sebagai keuntungan yang akan didapat oleh investor, maka keuntungan deposito syariah didapatkan dari mekanisme bagi hasil (nisbah) yang ditentukan di awal perjanjian. 

Misalnya, ketika akad disepakati bahwa rasio yang digunakan adalah 65:35. Ini berarti, nantinya kamu akan mendapatkan bagi hasil sebesar 65% dan bank mendapatkan 35%.

3 pilihan deposito syariah buat gaji Rp3 juta

Bagi kamu yang tertarik untuk mendepositokan uang dengan deposito syariat syariah bisa saja lho. Untuk menghindarkan riba, kamu bisa nih memilih 3 jenis deposito syariah yang ada saat ini. Yuk simak pilihannya di bawah sini. 

 1. BNI Syariah Deposito iB Hasanah

BNI Syariah Deposito iB Hasanah ini termasuk fleksibel, karena kamu gak harus memiliki rekening tabungan Bank BNI untuk bisa berdeposito di sana. Setoran minimalnya pun hanya Rp1 juta saja dengan tenor maksimal 12 bulan.

Kamu juga dibebaskan memilih apakah depositomu ingin diperpanjang secara otomatis (Automatic Roll Over/ARO) pada saat jatuh tempo, atau gak otomatis (Non ARO). Dan yang terpenting, tabungan berjangka ini dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

2. Deposito Bank Syariah Mandiri

Berbeda dengan BNI Syariah, untuk bisa membuka deposito di Bank Syariah Mandiri kamu harus terdaftar sebagai nasabah dan memiliki rekening tabungan di Bank Syariah Mandiri. Setoran awalnya pun lebih tinggi, yaitu Rp2 juta dengan tenor maksimal 12 bulan.

Bank Syariah Mandiri juga telah menerapkan sistem ARO atau Non-ARO sehingga akan lebih praktis untuk kamu tanpa harus bolak-balik datang ke bank. 

3. Bank Jatim Deposito Barokah

Untuk membuka Deposito Barokah di Bank Jatim, kamu harus memiliki rekening terlebih dahulu di bank tersebut. Selain keuntungan bagi hasil, Deposito Barokah Bank Jatim juga memiliki keunggulan lain yang menguntungkan. Yakni, kamu bisa menjadikan depositomu sebagai jaminan kredit. 

Cukup dengan minimal setoran Rp1 juta saja, kamu bisa memiliki deposito dengan jangka waktu yang biss dipilih sesuai keinginanmu antara 1, 3, 6 hingga 12 bulan. Jika sewaktu-waktu ada kebutuhan mendadak, kamu diperbolehkan mencairkan dana deposito sebelum jatuh tempo tanpa dikenakan biaya penalti apapun. Sangat menguntungkan!

3 pilihan deposito konvensional yang bisa kamu manfaatkan

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membuka deposito. Antara lain, reputasi bank, suku bunga yang ditawarkan, fitur-fitur, dan setoran awal.

Banyak bank yang menawarkan keuntungan bunga deposito yang menggiurkan, tapi setoran awal minimalnya Rp10 juta. Nominal ini pastinya cukup berat bagi kamu  yang bergaji Rp3 juta dan hidup di kota besar.

Tapi jika dilihat lebih jeli, ada kok bank yang menawarkan deposito dengan setoran minimal di bawah Rp3 juta dan bunga yang tak kalah menarik. Apa saja ya?

1. Bank BRI Deposito Rupiah

Dengan setoran minimal Rp2,5 juta saja, BRI Deposito Rupiah menawarkan suku bunga hingga 7,75%! Kamu pun bisa menyesuaikan jangka waktu penyimpanan dengan kebutuhanmu, antara 1 hingga 24 bulan.

Kemudahan lain yang ditawarkan BRI Deposito Rupiah yaitu bebas biaya administrasi, sehingga kamu nggak akan merasa terbebani soal ini.

Bahkan usia minimum yang diperbolehkan untuk membuka deposito di Bank BRI ialah 18 tahun. Meski tergolong usia sangat muda, tapi tetap memiliki hak yang sama buat berinvestasi. Keren!

2. Mandiri Deposito E-Banking

Kalau kamu sudah terdaftar sebagai nasabah di Bank Mandiri, maka kamu dipastikan bisa membuka Mandiri Deposito E-Banking yang memiliki beragam kelebihan ini. 

Berbeda dari pilihan deposito sebelumnya, Mandiri Deposito E-Banking memberikan kemudahan untuk bisa menyetor deposito kapan saja dan dimana saja melalui Mandiri SMS, Mandiri Internet, atau Mandiri Call.

Suku bunga yang ditawarkan pun menarik lho, hingga 7,5 persen untuk jangka waktu 1 atau 3 bulan dengan setoran minimal Rp1 juta.

3. Deposito BTN

Masih dengan minimal setoran Rp1 juta, kamu sudah bisa membuka deposito di Bank BTN dengan tenor 1 sampai 24 bulan. 

Gak cuma itu, bunga deposito yang kamu dapatkan dari deposito ini juga bisa dipindahbukukan untuk membayar berbagai cicilan seperti angsuran rumah, tagihan rekening listrik dan telepon. Menguntungkan sekali ya!

Menghitung keuntungan deposito konvensional dan syariah

Masih bingung menentukan berinvestasi lewat deposito konvensional atau syariah? Yuk kita coba lihat skema keuntungan deposito syariah VS deposito konvensional berikut ini.

Deposito syariah

Misalnya, kamu ingin menginvestasikan Rp1,5 juta lewat deposito syariah ABC. Rasio yang disetujui adalah 55:45 dengan tenor 3 bulan.

Bank syariah tersebut telah menghimpun dana deposito sebesar Rp6 milyar dengan proyeksi keuntungan Rp50 juta. Maka keuntungan yang bisa kamu dapat adalah:

(Rp1,5 juta : Rp6 milyar) x  55% x Rp50 juta = Rp6.875 x 3 bulan = Rp20.625

Maka keuntungan yang akan kamu dapatkan saat memilih mendepositkan uang sejumlah Rp 1,5 juta selama 3 bulan adalah Rp 20.625.

Deposito konvensional

Lantas bagaimana dengan keuntungan deposito konvensional?

Misal, dengan jumlah uang dan twnor yang sama, kamu tertarik dengan salah satu bank yang menawarkan bunga 7,5 persen. Maka perhitungannya adalah:

Rp1.500.000 x 7,5% x 3 : 12 = Rp28.125

Jadi, kamu akan mendapatkan keuntungan Rp 28.125, atau Rp 7.500 lebih banyak daripada sebelumnya.

Baik deposito konvensional ataupun syariah, sama-sama merupakan investasi yang menguntungkan kok. Setelah mengetahui tentang deposito konvensional dan syariah yang telah Lifepal ringkas tadi, saatnya kamu menyesuaikan dengan kantong dan prinsipmu. Yang tak kalah penting, tetapkan dulu tujuan kamu berinvestasi ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →