5 Nasehat Jitu Bagi Para Pebisnis Agar Semakin Bercuan di Tahun 2020

Di tahun 2019 merupakan waktu yang tepatnya bagi kebanyakan orang buat memulai bisnis. Lantas bagaimana ya akhirnya setelah menyelami tahun 2019 dengan bisnis yang dimulai? Bikin stres karena target? Bingung mau gimana lagi? Atau memang sudah menikmati cuan lewat bisnisnya

Bila kamu mengalami kesalahan dalam usahamu, gak usah khawatir. Namanya juga masih dalam tahap belajar dan mengalami kerugian itu wajar.

Namun cobalah untuk menjadikan tahun 2020 menjadi tahun yang manis bagi bisnismu. Lakukanlah refleksi terhadap apa yang sudah kamu lakukan sebelumnya, dan beberapa hal di bawah ini mungkin bisa membantumu. Yuk kita intip aja nasehat yang jamin bisa bikin usahamu makin moncer dan bercuan. 

Baca juga: Milenials, 5 Ide Bisnis di Bawah Rp 1 Juta Ini Cocok Buat Kamu

1. Saat memulai bisnis bikin karyawanmu lebih bahagia

memulai bisnis
Coba deh perhatikan di poin pertama ini agar usaha mu makin bersinar di 2020, (Ilustrasi/Pixabay).

Rahasia membuat karyawan bahagia gak hanya sebatas soal kesejahteraan atau kenaikan gaji lho. Akan tetapi juga mencakup hal-hal non-materil yang mesti kamu pikirkan saat memulai bisnis. 

Sebut saja seperti pelatihan keterampilan, suasana kerja yang nyaman, atau motivasi apapun. Ketika mereka bahagia, maka kinerjanya juga gak akan setengah-setengah bukan? Namun jika sebaliknya, kamu sendiri yang akhirnya kelimpungan dalam menjalankan usahamu.

Ingat lho, namanya berbisnis masalah itu pasti bakal datang kapan saja. Terutama masalah yang kaitannya dengan karyawan ini.

Baca juga: 4 Bisnis Artis Ini Gak Berjalan Mulus di 2019, Apa Penyebabnya?

2. Jadilah sales yang baik bagi usaha mu

memulai bisnis
Menjadi sales yang baik buat usaha mu mesti lho, jangan gak pakai nggak, (Ilustrasi/Shutterstock).

Apapun produknya, jika kamu berbisnis intinya kamu adalah jualan. Sebagai pendiri usaha, penjualanlah yang harus kamu kuasai dengan baik maka dari itu sebaik mungkin menjadi sales bagi barang daganganmu. 

Jangan pernah mengandalkan orang lain walaupun kamu telah merekrut seorang sales. Sebagai pengusaha kamu mesti memiliki pengetahuan dasar mengenai salesmanship. 

Belajarlah untuk memahami kebutuhan konsumen. Terapkanlah strategi jemput bola yang agresif, demi perkembangan usahamu.

Baca juga: Berkat Kerja Keras! Ini Kisah Inspiratif dan Sukses Re.juve dengan 68 Outletnya

3. Awasi arus kas secermat mungkin

Memulai bisnis
Ketika memulai dan sudah menjalani bisnis mu, kamu mesti memantau arus kas usaha, (Ilustrasi/Pixabay).

Penjualan baik tentu gak akan bisa menjamin kesehatan usaha tanpa adanya arus kas yang juga baik. Biaya operasional harus diperhatikan dengan seksama, begitu pula dengan biaya marketing. Mulailah untuk terus memonitor pengeluaran secara berkala.

Karena dengan kas yang sehat, usahamu pun bakal bertahan lama.

4. Jadilah orang yang terbuka

memulai bisnis
Berpikiran terbuka juga sangat penting nih bagi yang baru mulai bisnis atau sudah melakoninya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kritik, masukan, saran, dan lainnya, harus diterima dengan baik saat kamu memulai bisnis atau sudah menjalankan usahamu. Bisa jadi, masukan-masukan yang kurang enak didengar bakal jadi berguna untuk bisnismu di masa depan.

Gak usah sungkan untuk ngobrol dan bertukar pikiran dengan pengusaha-pengusaha yang lebih senior. Mendengarkan dan mengamati insight dari mereka tentu sangat berguna untuk perkembanganmu ke depan.

5. Rekrutlah tim yang tepat

memulai bisnis
Merekrut tim yang tepat sangat baik buat kelangsungan usahamu, (Ilustrasi/Pixabay).

Rekrutmen karyawan merupakan hal yang juga gak kalah penting dari yang lain. Tim tentunya bukan cuma harus punya visi misi yang sama, tapi juga harus bisa saling mengisi kekurangan satu sama lain.

Dengan tim yang tepat, pengembangan usahamu ke depan akan jadi makin lancar. Hal ini juga bisa membantumu untuk mencapai target yang sudah ditentukan di tahun 2019.

Itulah lima nasehat penting bagi kamu yang sudah terjun berbisnis di 2019 atau yang baru memulai bisnis di tahun mendatang. Semoga bermanfaat, semoga bisnismu makin cuan di tahun 2020. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis