Memulai Bisnis Online dengan Modal Nyaris Nol? Jangan Kudet Dong!

bisnis online

Zaman makin canggih, cepat dan praktis. Sama halnya dengan konsep bisnis yang sudah banyak beralih ke digital. Sudah banyak yang merasakan keuntungan lumayan dari bisnis online, bahkan dengan modal nyaris nol, yup nol! Kenapa gak coba memulai bisnis online kamu dari sekarang.

Bisnis Online dengan Modal Nyaris Nol

Perkembangan social media, penyediaan toko online serta website gratis gak dipungkiri sudah memicu trend bisnis online. Indonesia sendiri saat ini makin merangsek era industri online. Otomatis makin banyak orang-orang di kota besar mengubah kebiasaan belanja konvensional mereka ke pembelian secara online (online shopping).  

Makin berkembangnya social media, website dan toko online gratis bikin banyak orang melirik untuk punya bisnis online sendiri. Terlebih lagi bisnis online bisa dilakukan di mana saja, kapan saja dan oleh siapa saja.  

[Baca: 5 Alasan Kenapa Belanja Online Lebih Murah]  

Siapa sih yang gak tertarik bisa punya usaha sendiri dengan modal yang sangat minim bahkan gratis?

Bisnis Online Bisa Menjadi Pendapatan Pasif

Akan sangat baik kalau kamu bisa memiliki sumber penghasilan lebih dari satu (multiple streams of income). Katakan saja kamu sudah memiliki pekerjaan tetap dan memperoleh gaji dari situ, berarti ini merupakan pendapatan aktif.

Nah, selain pendapatan aktif yang sifatnya tetap itu, gak ada salahnya kamu juga punya pemasukan lain dari deposito, investasi serta bisnis online.  

memulai bisnis online

Zaman serba canggih, serba internet, ibarat kata duduk manis aje depan laptop dapet duit

Bisnis online itu bisa kamu mulai seperti, membuat sebuah website yang menarik melalui penyedia website gratis, contohnya WordPress atau Blogspot. Cara bikinnya juga cukup mudah kok.  

Dengan kata lain fungsi toko konvensional bisa diganti dengan keberadaan website. Kamu bisa saja punya toko yang mewah dan menjual barang-barang mahal. Tapi, gak ada jaminan toko yang mewah itu bakal bisa mendatangkan keuntungan besar.

Sebaliknya, toko yang mungkin biasa-biasa saja dan sederhana bisa memiliki pendapatan yang gak terduga besarnya. Jadi, gak ada salahnya dong kamu memulai bisnis online dengan modal yang relatif minim. Tapi, ada syarat dan ketentuan yang pastinya berlaku ya.

Apa sih syaratnya? Ya kamu harus benar-benar menguasai dan paham tentang bisnis online yang bakalan kamu geluti. Gak bisa asal bisnis aja ya!

Berikut ini pendapatan pasif yang kamu mungkin bisa ciptakan dalam bisnis online kamu

Pendapatan Iklan

Pendapatan dari iklan merupakan salah satu sumber penghasilan bisnis online. Itulah kenapa jika kamu fokus banget memperoleh pendapatan dari iklan, Jika demikian kamu harus mikirin tuh gimana cara meningkatkan traffic website kamu. Semakin banyak traffic website kamu, pendapatan iklan juga bakalan semakin besar.  

[Baca: Buka Bisnis Online vs Offline Mana yang Lebih Bikin Untung]

memulai bisnis online

 

Bukan cuma kamu yang saingan dapetin cowok ganteng, Semua produk sekarang makin gencar bersaing menarik perhatian konsumen.

Pendapatan Barang

Memiliki toko dengan konsep online bisa jadi salah satu cara untuk meningkatkan jumlah penjualan kamu. Membuat website atau mempromosikan produk jualan lewat website orang lain juga adalah cara yang cukup efektif. Pernah dengar kisah sukses Pak Benny pemilik dari Bhinneka.com kan.

Pendapatan Jasa

Gak hanya produk yang bisa dipasarkan lewat website, jasa juga bisa. Contohnya saya kamu memiliki keterampilan menjahit gaun dan jas dan sudah melakukannya selama 3 tahun. Nah, keahlian dan beberapa foto baju yang sudah pernah dijahit dan terjual bisa dipajang di dalam websitenya. Hal seperti ini bisa menarik perhatian banyak calon pembeli. 

Pendapatan Afiliasi

Apa itu afiliasi? Afiliasi kalau dalam dunia online shop itu terkenal dengan sebutan reseller. Inilah yang juga bisa jadi salah satu sumber pendapatan dalam dunia bisnis online.  

Contoh kasus, teman kamu punya toko baju di sebuah mall, nah beberapa dari produknya dipajang dalam website kamu. Sistem pembagian keuntungan bisa saja dengan cara kamu me-mark up harga jual untuk keuntungan kamu.

Semisal satu baju dengan harga Rp 100 ribu dijual dalam website dengan harga Rp 120 ribu. Berarti kamu memperoleh keuntungan Rp 20 ribu per baju. Kamu gak perlu repot mengurus produk, pengiriman dan lainnya jika bertindak sebagai reseller.

Pendapatan Produk-Produk Digital

Bagaimana dengan produk digital? Sebenarnya ada banyak produk-produk digital yang dapat kamu buat, seperti e-book, poster, desain baju dsb. Jangan khawatir kalau gak punya skill menulis, banyak jasa penulis murah yang dapat membantu kamu membuat sebuah ebook.  memulai bisnis online

Jangan cuma manfaatin internet buat cari jodoh ya, cari duit juga dong buat masa depan

So, gimana? Sudah makin mengenal tentang seluk-beluk bisnis online dong. Yang perlu kamu ingat ketika akan memulai usaha sendiri, disiplin, komitmen dan konsistensi sangat penting. Era yang serba digital ini jangan dilewatkan begitu saja, karena banyak peluang yang bisa kamu raih loh!  

[Baca: Investasi Saham Online Murah Modal Cuma Rp 300 Ribu Siapa yang Nggak Tergiur]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →