Ingin Memulai Bisnis Tanpa Modal Besar? Cukup Lakukan 7 Trik Ini Saja

Modal adalah masalah awal setiap orang yang ingin berbisnis. Tanpa modal, kamu pasti akan kesulitan untuk mengimplementasikan ide yang ingin segera kamu jalankan saat ini. Memulai bisnis baru memang sulit jika tanpa modal yang memadai, yang ada kamu hanya akan jalan di tempat saja. 

Dengan modal yang cukup, kamu bisa menjalankan bisnis tersebut dengan sedikit tenang. Sambil memikirkan bagaimana perputaran uang tetap sehat dan tidak gulung tikar tentunya. Lalu, bisa gak sih jika ingin berbisnis tanpa modal besar, atau malah sama sekali gak keluar uang?

Mengutip laman The Street, ternyata ada lho cara untuk memulai bisnis tanpa modal besar. Nah, berikut ini ada beberapa trik atau cara agar kamu bisa memulai bisnis tanpa uang yang banyak. Tentunya ini menjadi peluang yang sangat menarik bukan? 

1. Bisnis layanan konsultasi

Memulai Bisnis
Konsultan online (Shutterstock).

Ide bisnis yang pertama adalah membuka layanan konsultasi. Kamu hanya membutuhkan laptop atau komputer untuk melakukan bisnis konsultasi tersebut. Apalagi jika dilakukan dari jarak jauh, modal awal hanya laptop dan jaringan internet yang memadai. 

2. Crowdfunding

Memulai Bisnis
Crowd Funding (Shutterstock).

Crowdfunding adalah mencari investor untuk memodali usaha bisnis melalui internet. Pemilik bisnis dapat mengajukan ide startup mereka kepada prinsipal platform dengan harapan dipertimbangkan untuk pendanaan. Tetapi, kamu harus jeli memeriksa siapa di balik platform crowdfunding tersebut ya! Hal ini untuk memastikan mereka memiliki reputasi cukup baik.

3. Jalur kredit

Memulai Bisnis
Pinjam uang secara kredit (Shutterstock).

Jika kamu memang sangat membutuhkan dana untuk permodalan awal di bisnis yang akan dirintis, lebih baik coba ambil kredit. Tetapi pertimbangkan setiap risiko yang ada seperti jumlah bunga. Apakah kamu nanti bisa membayarnya dengan tepat waktu atau tidak. 

Pikirkan baik-baik sebelum memutuskan mengambil kredit. Karena ini akan menimbulkan utang yang cukup besar. Pinjamlah semampunya, jangan meminjam terlalu banyak tapi sesuaikan dan perkirakan apakah bisnis akan berjalan baik atau tidak.

4. Hibah Usaha Kecil

Memulai Bisnis
Ilustrasi uang (Pixabay)

Hibah usaha kecil pada dasarnya adalah uang gratis. Tidak seperti pinjaman yang harus dilunasi. Hibah ini jauh lebih langka daripada pinjaman usaha kecil. Proses aplikasinya cukup ketat dan ada banyak kompetisi untuk jalur hibah ini.

Hibah biasanya untuk tujuan tertentu, seperti membeli peralatan yang berkaitan dengan usaha bisnis yang berorientasi lingkungan. Dana tidak dapat digunakan di luar parameter yang ditetapkan oleh organisasi yang memberikan uang.

5. Inkubator

Memulai Bisnis
Inkubator bisnis (Shutterstock).

Inkubator bisnis adalah perusahaan atau lembaga yang memberikan suatu program yang didesain untuk membina dan mempercepat keberhasilan pengembangan bisnis melalui rangkaian program permodalan yang diikuti oleh dukungan kemitraan atau pembinaan elemen bisnis lainnya. Tujuannya adalah membantu para pebisnis awal hingga bergerak maju dan bisa berkembang dengan sendirinya. 

6. Angel Investors

Memulai Bisnis
Angel Investor (Shutterstock).

Angel Investor adalah seseorang atau sekelompok orang yang berani mengambil risiko finansial dengan cara mendanai bisnis baru yang memiliki potensi pertumbuhan tinggi namun masih dalam tahap awal. Sebagai imbalan dari dana dan keterlibatannya, maka Angel Investor mendapat bagian saham kepemilikan dari penggagas bisnis tersebut. Investor Angel ini dapat berinvestasi secara langsung, melalui jaringan platform crowdfunding.

Nah itu tadi beberapa cara uang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis tanpa modal. Tentu memang lebih baik jika kamu memiliki modal yang cukup, sehingga bisa memaksimalkan bisnis yang kamu gagas ke depannya. Semoga bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri). 

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis