Kapan Waktu yang Tepat untuk Memulai Usaha?

Memulai usaha

Banyak orang yang pengin memulai usaha mereka sendiri. Tapi permasalahannya, mereka belum tahu kapan waktu yang tepat untuk terjun ke dunia bisnis.

Bekerja sebagai pegawai kantoran memang sangat jenuh. Rutinitasmu setiap harinya hanya itu-itu saja, mengikuti perintah atasan, dan menyelesaikan setiap tugas yang diberikannya.

Kerja kerasmu bakal diupah dengan menggunakan gaji bulanan yang kadang gak setimpal sama tugasnya yang superberat.

Sementara menjadi pengusaha, banyak segudang kelebihan bisa dirasakan, mulai dari jam kerja yang bisa semaumu, sampai keuntungan besar yang bisa kamu raup sendirian. 

Sayangnya, memulai usaha itu gak semudah membalikkan telapak tangan, ada jatuh bangunnya. Kerja keras membangun usaha menjadi sukses bukanlah hal yang instan, kamu perlu riset, keluar modal, biaya promosi, dan lain-lain. 

Ketika usaha tersebut sudah dikenal banyak dan memiliki konsumen loyal, baru deh kamu bisa memetik keuntungannya. 

Tapi kembali lagi ke permasalahan awalnya, banyak yang belum tahu kapan kira-kira waktu yang tepat atau kondisi seperti apa yang memungkinkan seseorang untuk memulai usaha? Berikut ini ulasannya seperti dilansir dari The Ballance:

1. Kamu sudah punya kepribadian seorang pengusaha 

memulai usaha
memulai usaha

Jika ingin terjun menjadi wirausahawan, pastikan dulu kamu menanamkan kepribadian-kepribadian yang dimiliki pengusaha sukses lainnya. 

Rata-rata pengusaha sukses itu memiliki beberapa sikap di antaranya seperti, berani mengambil risiko, jeli melihat peluang, niat dan tekad yang kuat, disiplin, percaya diri, dan pantang menyerah. 

Kalau misalnya kamu sudah memiliki sikap itu, kamu sudah berpotensi menjadi pengusaha sukses ke depannya. Karena apabila sebagai pengusaha kamu takut mengambil risiko, usahamu gak bakal maju-maju alias mandek gitu-gitu aja. 

Jika pengusaha pantang menyerah, ya khawatirnya ketika mengalami kerugian sedikit, langsung penginnya gulung tikar aja. 

Baca juga: 5 Kisah Pengusaha UKM yang Sukses Memulai Bisnis dari Nol

2. Situasi keuangan mendukung 

memulai usaha
memulai usaha

Untuk memulai usaha, ada banyak hal yang harus dikorbankan, selain waktu tentunya juga uang. Kamu gak bisa membuka usaha tanpa modal, oleh sebabnya perlu banyak uang tergantung dari skala usaha yang mau kamu buat.

Perhatikan pula tanggunganmu, seperti misalnya anggota keluarga atau cicilan dan pengeluaran pokok lainnya. 

Sebelum memulai usaha, pertimbangkan kalau kondisi keuanganmu cukup untuk modal dan menanggung kebutuhan pokok selama beberapa bulan ke depan.

Jangan sampai, dana darurat yang sudah kamu kumpulkan digunakan untuk menambal modal usaha ya! 

3. Restu dari keluarga 

memulai usaha
memulai usaha

Buat yang sudah berkeluarga, selain perhatikan keuangan, kamu juga harus memperhatikan waktu yang digunakan untuk memulai usaha. 

Maklum saja, menjadi pengusaha apalagi di tahap-tahap awal pasti bakal mengorbankan lebih banyak waktu, termasuk waktu untuk kumpul dengan keluarga. Ada baiknya rundingkan dulu dengan keluarga sebelum terjun ke bisnis. 

Kalau tiga hal di atas sudah berhasil kamu penuhi, maka gak perlu nunggu lama-lama lagi untuk memulai usaha. Langsung lakukan riset  produk, pasar, dan eksekusi pembukaan usahanya! (Editor: Chaerunnisa)