6 Keuntungan Menabung 5 Ribu Setiap Hari [Wajib Dipraktikan]

Menabung 5 ribu

Sisihkan uang 5 ribu rupiah tiap harinya maka keuntungan gak terduga bakal menjadi nyata. Itulah keajaiban menabung 5 rupiah setiap hari.” ~ Lifepal Quote

Kamu pasti familiar dengan celengan yang mana setiap hari orang tuamu menyuruh menyisihkan uang jajan untuk ditabung ke dalam celengan. Ya, memang bisa dibilang menabung itu sudah jadi tradisi turun menurun yang diajarkan oleh orangtua.

Saat kecil, tujuan menabungnya pun sepele seperti untuk membeli sepatu atau tas sekolah baru. Meskipun nominalnya kecil, tapi tak terasa uang yang terkumpul bisa membuatmu memiliki sepatu maupun tas yang diinginkan.

Tujuan para orang tua mengajarkan anak-anaknya menabung, agar kamu memiliki kebiasaan untuk menghemat bujet dan bisa mengatur keuangan dengan bijak.

Dengan menabung juga, kamu bisa menyisihkan sebagian penghasilan untuk membeli asuransi kesehatan demi menjaga keuangan dari risiko biaya rumah sakit mendadak.

Sayangnya gak sedikit orang yang mengalami kesulitan untuk menabung saat beranjak dewasa dengan beragam alasan, mulai dari banyak pengeluaran hingga penghasilan yang masih pas-pasan.

Padahal mau berapapun penghasilan yang kamu dapatkan, menabung itu sudah menjadi keharusan yang harus rutin kamu lakukan untuk berjaga-jaga jika ada kebutuhan mendesak.

Selain itu, dengan menyisihkan uangmu setiap hari, kamu juga bisa bersenang-senang tanpa harus tersiksa. Gak perlu menggelontorkan uang dengan nominal besar, kamu bisa mulai dengan bujet 5 ribu rupiah saja per hari lho.

Jadi, kamu gak perlu tuh merogoh uang besar untuk memenuhi kebutuhan gaya hidupmu. Dengan menabung 5 ribu rupiah setiap hari, kamu bahkan bisa jalan-jalan hingga pesta barbeque bersama para sahabat.

Gak percaya? Yuk, coba kita hitung-hitung berapa bujet yang kamu dapatkan dengan menabung uang sebesar 5 ribu rupiah selama satu tahun.

Rp 5.000 x 30 hari yaitu Rp 150 ribu. Jadi dalam satu bulan, kamu bisa mendapatkan uang sekitar Rp 150 ribu. Dan dalam satu tahun, uang yang kamu peroleh bisa mencapai Rp 150 ribu x 12 yakni sekitar Rp 1,8 juta.

Dengan bujet Rp 1,8 juta, berikut enam kegiatan bersenang-senang yang bisa kamu lakukan.

1. Kasih kado ulang tahun orang tua

Setiap anak tentu saja ingin membahagiakan orangtuanya. Nah, salah satu hal yang bisa kamu lakukan dengan memberikan kejutan beserta kado ulang tahun spesial buat orangtuamu. Seperti memberikan kue ulang tahun dan kado.

Untuk kue kisaran Rp 200 ribu dan kado ulang tahun sekitar Rp 300 ribu. Berarti bujet yang diperlukan sebesar Rp 500 ribu.

2. Dinner sama pacar

Gak ada salahnya kok, sesekali menyenangkan pacar dengan mengajaknya romantic dinner disaat perayaan anniversary satu tahun hari jadi kalian.

Kamu bisa memilih restoran yang romantis tapi masih aman di kantong, misalnya Rp 300 ribu untuk dua orang.

3. Pesta barbeque

Pengin pesta barbeque bareng para sahabat untuk merayakan ulang tahunmu? Bisa banget kok dengan hanya menabung 5 ribu rupiah setiap hari. Yuk hitung-hitung:

  • Beli panggangan sekitar Rp 150 ribu di online shop,
  • Arang Rp 5.000,
  • Ayam dua ekor sekitar Rp 80 ribu,
  • Daging dua kg sekitar Rp 160 ribu,
  • Bumbu barbeque per kg sekitar Rp 40 ribu,
  • Minuman Rp 50 ribu.

Jadi total uang yang harus keluarkan yaitu sebesar Rp 485 ribu. Sedangkan untuk saus, kecap dan mentega bisa menggunakan yang ada di dapur.

4. Jalan-jalan

Siapa bilang jalan-jalan perlu modal gede? Kamu tetap bisa refresh otak dengan cara berlibur tanpa harus keluar modal besar kok.

Salah satunya adalah dengan jalan-jalan melihat ikan di Taman Impian Jaya Ancol bersama sang kekasih, dengan rincian:

  • Tiket masuk ancol Rp 15 ribu untuk kendaraan bermotor,
  • Tiket masuk individu Rp 25 ribu, berdua jadi Rp 50 ribu
  • Bensin Rp 25 ribu,
  • Makan Rp 200 ribu.

Total uang yang dikeluarkan ialah sebesar Rp 290 ribu.

5. Investasi

Jika ditotal secara keseluruhan empat kegiatan seru di atas. Maka, dana yang kamu keluarkan yaitu sebesar Rp 1.575.000. Nah, uang yang terkumpul dalam satu tahun dengan menabung 5 ribu rupiah, yaitu Rp 1,8 juta. Maka, masih tersisa uang sebesar Rp 225 ribu.

Sisa uang tersebut bisa kamu alokasikan untuk terjun ke investasi reksadana yang bisa dimulai dengan bujet Rp 100 ribu saja.

Selain itu, dana yang kamu gelontorkan juga akan dikelola oleh manajer investasi. Jadi, kamu tinggal duduk manis aja sembari menunggu uangmu terus beranak pinak.

6. Bayar premi asuransi

Keuntungan lainnya yang bisa kamu dapat dari menabung 5 ribu rupiah tiap hari adalah dapat memiliki perlindungan keuangan dari asuransi.

Kamu bisa memiliki polis asuransi, baik asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa, dengan membayar premi tiap tahunnya.

Bukan rahasia lagi kalau asuransi sangat bermanfaat dalam menjaga kondisi keuangan selalu baik dari risiko-risiko yang berpotensi membebani pengeluaran akibat kejadian gak terduga.

Jadi, apakah kamu telah memiliki asuransi? Kalau belum, segera deh temukan asuransi pilihanmu di lifepal.co.id. Ada penawaran menarik yang bisa kamu peroleh dengan mendaftarkan diri.

Gunakan kalkulator menabung bulanan untuk wujudkan tujuan keuangan

Menabung itu simpelnya menyihkan uang untuk disimpan. Namun, disimpan begitu tak akan membuat nilainya bertambah.

Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika hendak menabung. Misalnya aja kamu perlu mempertimbangkan mulai dari saldo awal berapa, nilai akhir yang menjadi target nilai tabungan, persentase bunga tahunan, hingga lamanya menabung.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, kamu menjadi tahu berapa besar tambahan tabungan setiap bulannya.

Untuk mempermudah kamu dalam menghitungnya, Lifepal telah menyediakan Kalkulator Menabung Bulanan di bawah ini.

Nah, itu dia enam hal yang bisa kamu lakukan dengan hanya menabung 5 ribu rupiah setiap hari. Mulai dari menyenangkan orang tua, pacar, para sahabat, hingga demi mencapai masa depan yang lebih baik.

Karena itu, yuk mulai terapkan cara menabung Rp 5.000 setiap hari nya ini dari sekarang.

Buat kamu yang mau tahu lebih banyak tentang anggaran? Lihat pertanyaan populer seputar anggaran di Tanya Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →