Trik Menagih Utang Paling “Santuy” yang Jamin Berhasil

Menagih hutang atau utang sering kali menjadi prahara. Sebab, ada beberapa peminjam yang ternyata mangkir dari tanggung jawab. Entah karena lupa atau pura-pura lupa.

Meski demikian, kita tidak perlu langsung naik pitam kalau berada di posisi pemberi pinjaman. Kita bisa kok menagih utang dengan cara elegan tetapi berhasil. Tak perlu marah-marah, apalagi sampai gontok-gontokan.

Mari ikuti cara “santuy” alias “santai kuy” berikut! Beberapa cara menagih utang berikut ini dijamin bikin si peminjam tergerak hatinya untuk mengembalikan uang kita.

1. Sindir lewat Media Sosial

menagih utang meme

Cara ini mungkin yang paling mudah untuk dilakukan. Karena kita tidak perlu langsung berbicara kepada si peminjam. Namun, memang butuh strategi khusus agar pesan kita “kena” ke pihak peminjam.

Pertama, kita bisa pakai meme atau pesan yang menyentill. Kedua, pastikan si peminjam akan membaca posting kita dengan memastikan dia sedang online. Nah, untuk posting-nya, kita bisa coba beberapa meme di atas nih.

2. Pancing Egonya

mengobrol teman teman

Jika cara di atas tidak berhasil maka kontak saja langsung ke orangnya. Saat bertemu dengan teman yang meminjam duit kita itu, kita bisa menyinggung egonya.

Misal, kita bisa memuji teman kita itu dengan mengatakan bahwa dia adalah orang yang adil dan selalu mencoba untuk berbuat baik dan benar. Egonya bakal terpancing tuh. Selanjutnya, kita dapat menagih utang yang mungkin saja dia lupa.

Cara lain, kita bisa pancing dia dengan melibatkan orang lain. Saat berkumpul dengan teman-teman lain, kita dapat melempar pertanyaan mengenai cara menagih utang kepada seseorang. Si peminjam akan terpancing gengsinya karena merasa tersentil.

3. Pancing lewat Chat Kocak Ini

meme nagih utang

Cara berikutnya untuk menagih utang adalah chat saja langsung ke orangnya. Tapi, tak perlu pakai marah-marah. Cukup dengan cara “santuy” dan kocak tetapi jleb.

Ada beberapa opsi chat yang bisa kita coba. Mulai dari memberi wejangan pada dia mengenai konsekuensi tidak bayar utang atau bilang kita sedang butuh uang karena musibah.

4. Kirim Karangan Bunga

menagih utang dengan karangan bunga

Sudah hampir putus asa? Kita bisa tiru cara salah satu netizen yang beberapa waktu lalu viral. Foto karangan bunga yang berisi pesan menagih utang dari seseorang bernama Bro Ron bisa menjadi contoh menarik nih.

Tak perlu pakai cara marah-marah, kita bisa menarik perhatian orang lain pula dan menjadi efek malu kepada pihak pengutang, kan. Jadi, aman deh!

5. Bicara Baik-baik

wanita mengobrol

Menyindir atau menyampaikan pesan yang tidak to the point mungkin tidak kunjung berhasil. Nah, kita bisa ajak teman yang meminjam tersebut untuk bertemu dan bicara baik-baik.

Tanyakan tentang hal yang menghambat dia untuk bayar utang. Kemudian, persuasi dia untuk membayar utang secepatnya.

Meski bicara secara baik-baik, bukan berarti kita tidak bisa tegas, ya. Tetapkan deadline atau tenggat waktu dia harus membayar utang. Agar ada bukti kuat mengenai perjanjian tersebut, jangan lupa untuk bikin surat pernyataan. Jadi, dia tidak bisa mangkir dari janji untuk bayar utang.

Dari beberapa opsi di atas, mana nih cara yang sudah pernah kita lakukan untuk menagih utang? Yang pasti, ingat ya jangan pernah pakai kekerasan karena langkah tersebut melanggar hukum meskipun kita berada di posisi yang benar.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →