Punya Ide Kreatif Out of The Box? Kamu Cocok Jadi Creative Director

Creative Director (Instagram)

Video Presiden Jokowi menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) sampai lanskap panggung bikin penonton pembukaan Asian Games 2018 takjub. Selain karena kerja keras seluruh tim yang terlibat, acara ini juga dapat terwujud dan sukses berkat tangan dingin seorang creative director, Wishnutama.

Bersama Ronald Steven dan Addie MS sebagai penata musik, Eko Supriyanto dan Denny Malik sebagai koreografer, Dynand Fariz dan Rinaldy Yunardi sebagai penata busana, serta Scott Givens sebagai Executive Producer Opening Ceremony Asian Games 2018, Wishnutama layak dinilai berhasil dalam menjalankan tugasnya.

CEO NET Mediatama Televisi ini emang telah berpengalaman menyelenggarakan acara-acara spektakuler. Wishnutama bahkan telah melakukan proses kreatif selama lebih dari satu tahun sebelum acara ini dimulai.

Ya, peran seorang creative director emang gak main-main. Ia bukan cuma bertanggung jawab terhadap tugasnya sendiri tapi juga pekerjaan seluruh tim.

Nah, bagi kamu yang suka bergelut di industri kreatif dan punya jiwa kepemimpinan, profesi creative director bisa jadi peluang karier yang menggiurkan. Penghasilannya rata-rata bisa mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah.

Yuk, kenali lebih dekat profesi yang satu ini.

Apa itu creative director?

Creative Director (Shutterstock)
Creative Director (Shutterstock)

Secarah harfiah, creative director atau direktur kreatif adalah pengarah atau pemimpin kreatif dalam sebuah tim. Dia bertanggung jawab mulai dari perencanaan, pengarah, hingga pengawas proses kreatif dan kinerja semua orang yang terlibat.

Profesi ini umumnya ditemukan di industri kreatif seperti media massa serta biro iklan. Dalam biro iklan, seorang direktur kreatif gak cuma dituntut bikin iklan yang bagus, tapi juga harus dapat bikin orang tertarik buat menggunakan produk atau jasa yang diiklankan.

Tantangan yang mungkin dihadapi

Creative Director (Shutterstock)
Creative Director (Shutterstock)

Punya pengalaman berorganisasi bisa jadi nilai tambah dalam menjalani profesi ini. Pasalnya, seorang creative director harus mampu bekerja dengan banyak orang sekaligus. Mulai dari klien hingga anggota tim. Mereka harus menghadapi sekaligus sigap dalam memahami apa yang dipengin orang-orang dengan karakter yang beda-beda.

Menjadi direktur kreatif juga harus memiliki jiwa pemimpin yang baik. Mereka bukan cuma mampu memberi instruksi tapi juga harus mendengar dan menerima masukan dari berbagai pihak, termasuk dari orang yang dipimpinnya.

Tentu aja soft skill seperti ini cuma bisa didapat mereka yang pernah berorganisasi. Kemampuan ini gak ada di kelas atau bangku-bangku kuliah formal.

Kreativitas jadi nilai mutlak

Creative Director (Shutterstock)
Creative Director (Shutterstock)

Profesi ini dituntut buat mampu menerjemahkan apa yang dipengin klien menjadi sebuah karya kreatif yang bukan cuma menarik tapi juga mampu diterima oleh orang lain.

Oleh sebab itu, seorang creative director juga harus pintar mencari dan menangkap inspirasi dari apa yang ada di sekelilingnya.

Kemampuan yang dibutuhkan

Seperti pekerja di industri kreatif lainnya, mengikuti tren jadi hal yang wajib dilakukan creative director. Seenggaknya tahu apa yang sedang terjadi dan ramai dibicarakan. Selanjutnya juga perlu memahami media produksi, komunikasi, serta teknik penyebarannya.

Oleh sebab itu, prinsip-prinsip pemasaran juga harus dipahami, mulai dari strategi promosi sampai teknik penjualan. Jadi bukan cuma menyajikan konten yang menghibur, tapi juga mendatangkan profit. Gak lupa juga faktor kepemimpinan. Percuma punya konsep yang bagus tapi gagal dieksekusi karena bawahan gak paham atau malah malas-malasan.

Gimana? Tertarik mengikuti jejak pak Wishnutama sebagai creative director? Kamu yang gak betah duduk anteng di belakang layar komputer tiap hari dan punya segudang ide kreatif yang out of the box, profesi ini jelas cocok banget buatmu.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →