Tertekan Hingga Stres Saat Bekerja, Begini 6 Cara Mudah untuk Mengatasinya!

Tertekan hingga stres merupakan kondisi wajar seseorang ketika bekerja. Tetapi hal ini tidak bisa dipandang remeh lho! Pasalnya, stres bakal mengganggu performa kinerja kamu di tempat kerja. Lalu bagaimana sih cara mudah mengatasi stres?

Sebelumnya, kamu perlu tahu dulu nih, apa sih stres itu? Mengapa kamu bisa mengalami hal itu? Stres umumnya normal terjadi pada setiap orang. Stres yang normal bisa memberikan dampak positif, misalnya membantu kamu bekerja lebih cepat ketika sedang mengejar masa tenggat waktu. Namun hati-hati, kondisi stres bisa berdampak negatif jika sering terjadi dan berkepanjangan lho.

Stres yang berkepanjangan bisa memicu kamu terkena penyakit. Pasalnya, stres bukan hanya sekedar perasaan, tetapi kondisi ini bisa memicu reaksi yang mungkin tak terpikirkan sekalipun olehmu. Misalnya saja, stres menimbulkan tekanan darah meningkat, pembuluh darah menyempit, serta kamu akan merasa bernafas lebih cepat. 

Hal ini disebabkan tubuh melepas hormon kortisol dan adrenalin yang membuat kerja jantung menjadi lebih cepat. Hormon tersebut juga mampu meluapkan energi secara percuma sehingga kamu akan mudah merasa lelah. 

Sistem kekebalan seseorang yang sedang stres juga akan menurun, sehingga menjadikan tubuh sulit melawan penyakit. Hasilnya, ya kamu jadi gampang terkena penyakit. Itu alasan orang suka berkata, jangan stres kalau gak mau sakit! 

Nah, gak mau kan jadi sakit-sakitan gara-gara stres di tempat kerja? Mengutip beberapa sumber, berikut ini beberapa cara mengatasi stres di tempat kerja. Yuk kita simak ulasannya berikut ini. 

1. Selesaikan pekerjaan sulit

Mengatasi Stres
Menyelesaikan pekerjaan (Shutterstock).

Jika tidak ingin merasa tertekan, coba untuk menyelesaikan pekerjaan yang paling sulit terdahulu. Pasalnya, pekerjaan sulit biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikannya. 

Jika sudah, kamu bisa mengerjakan pekerjaan lain yang lebih ringan. Sehingga waktu yang ada tidak terbuang hanya untuk menangani kondisi stres yang ada. 

2. Berolahraga

Mengatasi Stres
Olahraga sebelum ke kantor (Shutterstock).

Sudah tak bisa dipungkiri lagi bahwa berolahraga adalah salah satu cara untuk melepaskan lelah secara alami. Jenis olahraganya pun beragam. Kamu gak harus memilih olahraga yang sulit kok! Cukup dengan jogging atau berjalan kaki semampu yang kamu bisa itu sudah cukup untuk melepas stres. 

Kalau sempat, luangkan waktu satu jam sebelum bekerja setiap harinya untuk berolahraga. Percaya deh, dengan rutin seperti ini kamu akan terhindar dari kondisi mental yang tertekan. Baik di kehidupan kerja maupun sehari-hari. 

3. Tata meja kerja sebaik mungkin

Mengatasi Stres
Meja kerja (Shutterstock).

Menata meja kerja dengan baik juga ternyata ampuh untuk mengendalikan stres. Meja kerja yang rapi akan membuat kamu merasa nyaman bekerja. Suasana meja kerja yang berantakan akan memengaruhi suasana kamu selama seharian itu. 

Pasang hal-hal yang sifatnya personal seperti foto bersama sahabat atau pasangan. Bisa juga tempel kata-kata motivasi atau hiasan yang menggemaskan bahkan tanaman di dalam pot mungil. Jadi ada baiknya jaga meja kerja selalu rapi dan indah untuk menjaga kestabilan mood. 

4. Putar musik

Mengatasi Stres
Putar musik di kantor (Shutterstock).

Salah satu cara untuk menstabilkan mood yang lainnya adalah dengan musik. Percaya gak sih, kalau mendengarkan musik bisa membuat suasana hati lebih tenang. Koleksi dan pilih lagu-lagu yang bertempo semangat ke dalam folder musik kamu. Jika bosan melanda, segera putar musik dengan menggunakan headphone ya agar teman sebelah tidak merasa terganggu. 

5. Istirahat sejenak dengan menulis jurnal

Mengatasi Stres
Menulis jurnal harian (Shutterstock).

Jika kepala sudah terasa pening dan berat, segera alihkan pandangan kamu dari monitor laptop atau layar ponsel. Ambil jurnal dan pulpen, tulislah apa yang ada di kepalamu saat ini. Jika tidak ada, corat-coret sedikit pada jurnal tersebut juga bisa mengalihkan penatnya pekerjaan kamu saat itu. 

Agar semakin rileks, buatlah secangkir coklat panas. Minum perlahan untuk mendapatkan sensasi aroma minuman tersebut. Kandungan yang ada pada cokelat mampu membuat rileks dan menyegarkan pikiranmu. Segera ke pantry ya!

6. Tarik nafas dalam-dalam

Mengatasi Stres
Rileks agar terhindar dari stres (Shutterstock).

Ada cara mudah lainnya untuk sejenak menghilangkan penat dari kepalamu, yakni tarik nafas dalam-dalam. Pejamkan mata sesaat, tarik nafas dalam-dalam, buang perlahan dan buka kembali mata kamu. Lakukan hal itu selama tiga menit. Semoga nafas yang kamu keluarkan, bisa juga membuang segala stres yang ada di kepalamu saat ini ya!

Nah itu tadi enam cara mudah menghilangkan stres dan tekanan besar di kantor. Pekerjaan boleh padat, tapi jangan biarkan kepadatan tersebut menyumbat isi kepala kamu ya! Cari cara untuk menghibur diri sendiri, karena hanya kamu yang tahu bagaimana menyelesaikannya. Tetap berpikir positif ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis