4 Jurus Jitu Mengatur Keuangan Bikin Kamu Merdeka Finansial

Mengatur keuangan

Mengatur keuangan dengan baik setiap bulan mau tidak mau harus dilakukan baik. Pasalnya, kebiasaan ini dilakukan untuk menghindari membeli kebutuhan yang tidak perlu atau memenuhi lapar mata, yakni membeli barang berdasarkan nafsu konsumsi semata tanpa melihat fungsi atau manfaatnya di kemudian hari.

Agustina Fitria Aryani, Financial Planner Head dari OneShildt Financial Planning mengungkapkan, ada beberapa hal yang harus dihindari dalam mengatur keuangan setiap bulan.

Nah, buat kamu yang ingin mengetahui jurus jitu mengatur keuangan ala Agustna Fitria Aryani, berikut ulasannya:

Sesuaikan pengeluaran dan pemasukan

Mengatur pemasukan dan pengeluaran
Mengatur pemasukan dan pengeluaran

Jangan besar pasak daripada tiang. Istilah itu pas untuk mewakili cara mengatur keuangan yang tepat.

Dengan menghindari pengeluaran yang melebihi kemampuan keuangan, maka bisa menjerumuskan seseorang dalam utang yang tidak sehat.

Gak mau kan setiap bulan terus bayar utang kartu kredit atau cicilan karena gak mampu nahan sifat konsumtif!

Memiliki utang gak sehat

Memiliki utang gak sehat
Memiliki utang gak sehat

Hindari memiliki utang yang tidak sehat, seperti utang kartu kredit yang tidak dibayar lunas dan tidak tepat waktu.

Banyak juga nih masyarakat atau nasabah perbankan yang terjebak dalam utang kartu kredit, lebih parahnya gak cuma satu bank saja, tetapi banyak bank, ujung-ujungnya berurusan dengan debt collector yang gak asyik.

Berada di lingkungan tepat

Lingkungan tepat
Lingkungan tepat

Hal lain yang gak kalah penting ialah menghindari berada di lingkungan yang tidak mendukung gaya hidup keuangan yang sehat.

Terkadang satu lingkungan bisa membuat gaya hidup atau pola keuangan yang tidak sehat ya, mulai dari bersaing harta benda, hingga kendaraan.

Lebih baik jangan terjebak dalam kondisi tersebut. Sesuaikan gaya hidup dengan kantong, artinya jangan berlebihan.

Skala prioritas

Memiliki skala prioritas
Memiliki skala prioritas

Hal terakhir yang perlu kamu lakukan ialah, menghindari kebiasaan ikut-ikutan. Setiap keputusan keuangan perlu dibuat dengan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya, menimbang kebutuhan versus keinginan dan disesuaikan dengan skala prioritas atau urgensi.

Dengan begitu, segala kebutuhan dan pemasukan bisa dilaksanakan secara bijak dan cermat ya, bukan mengutamakan gengsi setinggi langit.

Lebih lanjut, Agustina mengatakan, hal tak kalah penting yang harus dilakukan dalam mengelola keuangan yang baik adalah membuat anggaran dan pencatatan keuangan.

“Lakukan evaluasi misalnya setahun sekali. Sisihkan dana untuk menabung dan investasi segera setelah menerima penghasilan, sebelum dikeluarkan untuk biaya-biaya lainnya,” ujar Agustina kepada Moneysmart.id.

Kemudian, jika perlu lakukan investasi atau menabung dengan sistem autodebet. Prioritaskan keperluan yang penting dan mendesak dalam melakukan pengeluaran.

“Miliki dana darurat dan proteksi yang cukup untuk mengantisipasi risiko yang dapat berdampak pada keuangan,” tutup Agustina.

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →