Mapan di Usia Muda, Ini Cara Mengatur Keuangan buat Fresh Graduate yang Mudah

Mapan-di-Usia-Muda-Ini-Cara-Mengatur-Keuangan-buat-Fresh-Graduate-yang-Mudah

Mendapatkan gaji pertama bagi fresh graduate memang sangat menggembirakan. Rasa bangga dan senang pastinya dialami oleh kamu yang menyandang sebagai fresh graduate. Lantas gimana nih cara mengatur keuangan atau gaji bulanan bagi kamu yang fresh graduate? 

Rasa senang pastinya ada nih saat kamu menerima gaji pertama di kantor baru. Keinginan buat membeli sesuatu udah terpikirkan dari jauh-jauh hari bagi kamu yang baru saja menerima gaji pertama. 

Sebagai fresh graduate, sebaiknya nih kamu pandai-pandai buat mengatur uang. Pasalnya, bagi yang pertama kali menerima gaji pertama pasti udah terlena buat membelikan sesuatu, misalnya sepatu baru, laptop, gadget bahkan barang-barang elektronik lainnya. 

Seperti dikutip dari Karir.com, Rabu, (8/1), ini lho cara mengatur gaji dan keuangan bagi fresh graduate. Yuk kita intip aja di sini ya biar kamu pandai banget dalam mengatur uang dan gaji mu.

Baca juga: Begini Cara Mengelola Keuangan yang Sehat Menurut Financial Planner Mada Aryanugraha

Mengatur keuangan sesuai dengan gaya hidup

mengatur keuangan
Sesuaikan gaya hidup dengan penghasilan setiap bulan yang kamu terima, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mengatur keuangan yang pas bagi fresh graduate adalah kamu pandai-pandai dalam menyesuaikan gaya hidup. Karena sering banget kita mendengar anekdot bahwa gak ada gaji yang cukup buat membiaya gaya hidup. 

Nah ini sangat penting diingat nih karena gak ada gaji yang cukup jika kamu memiliki gaya hidup berlebihan. Jika kamu selalu mengikuti gaya hidup yang ada nantinya bakal mengalami kesulitan finansial setiap bulannya. 

Kamu yang fresh graduate dan belum berkeluarga pastinya bakal sangat mudah menghabiskan gaji buat konsumsi gaya hidup. Kalau kamu merasakan hal tersebut ada baiknya nih segera memperbaiki gaya hidup sekarang. 

Sudah saatnya nih mengurangi pengeluaran maupun belanja apapun yang gak penting. 

Baca juga: 4 Cara Mengatur Keuangan di Awal Tahun Biar Gak Kantong Kering

Mulai menggunakan aturan 50/30/20

mengatur keuangan
Gunakan rumus simpel dengan 50/30/20 buat mengatur uang kamu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah kamu pasti udah gak asing lagi nih dengan aturan 50/30/20 yang sudah umum banget. Prinsip ini sering banget digunakan dalam financial planning. Cara ini kamu mesti membagi-bagi penghasilan yang didapatkan sesuai dengan kebutuhan mu. 

Porsi 50 persen yakni meliputi kebutuhan-kebutuhan pokok seperti kebutuhan sehari-hari, utang dan gaya hidup. Jadi gunakan 50 persen buat kebutuhan sehari-hari sebagai porsi keuanganmu. Untuk 30 persen lagi kamu gunakan buat kebutuhan finansial dan 20 persennya digunakan buat gaya hidup nih. 

Dengan menggunakan rumus ini setidaknya memudahkan mu dalam mengatur keuangan setiap bulannya. Jangan sampai setiap bulannya kamu selalu mengalami tekor atau kantong kering. 

Baca juga: Hindari Deretan Kebiasaan Buruk Pemakaian Uang Bulanan yang Bikin “Tongpes”

Utamakan prioritas

mengatur keuangan
Lakukan prioritas buat mengatur uang setiap bulannya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kamu sebagai fresh graduate yang baru memulai menapaki kaki di dunia kerja sebaiknya udah menentukan nih prioritas finansial. Bikin kebutuhan finansial mu sesuai dengan tenggat waktu yang sangat rasional. Hal tersebut dilakukan juga sesuai dengan kondisi yang sedang dialami sekarang. 

Misalkan kamu berencana memiliki rumah dalam waktu 15 tahun setelah baru mulai bekerja atau berencana mengganti mobil baru di tahun kelima masa karier mu.  Jadi kamu mesti menentukan kondisi dan waktu sehingga mudah banget mengukur sejauh mana pencapaianmu. 

Hal ini dilakukan juga demi menentukan kondisi finansial mu.

Jangan lupa berinvestasi 

mengatur keuangan
Berinvestasi salah satu cara kamu pandai mengatur uang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Menabung merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh kebanyakan orang dengan menyisihkan uang dari penghasilan. Namun menabung bagi sebagian orang memang gak memiliki nilai imbal balik yang terlalu tinggi. 

Kalau kamu pengin memiliki nilai imbal balik yang tinggi ada baiknya nih mulai berinvestasi. Berinvenstasi pun banyak instrumennya, kamu tinggal memilih yang sekiranya sesuai dengan penghasilan mu sebagai fresh graduate. 

Nah itu dia deretan cara mengatur keuangan bagi kamu yang fresh graduate dan baru aja memiliki gaji pertama. Boleh menyenangkan diri sendiri, tapi jangan lupa ya pandai-pandai dalam mengatur keuangan! Selamat mencoba. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →