Cara Mengatur Keuangan Pribadi Biar Gak Terlilit Utang

Mengatur keuangan pribadi sangat penting terutama bagi anda yang memiliki pendapatan pas-pasan. Membuat pembukuan bisa dilakukan siapa saja, tidak memandang status sosial atau gaji bulanan.

Salah satu tujuan mengelola keuangan adalah agar pengeluaran tidak lebih besar daripada pemasukan. Jika sampai pengeluaran lebih besar, Anda mungkin harus meminjam uang untuk memenuhi kebutuhan dan akhirnya terlilit utang piutang di sana-sini.

Berikut, beberapa cara mengelola keuangan pribadi:

Mulai menabung dari sekarang.

Biasakan diri untuk menabung karena ini akan berguna jika suatu saat Anda menghadapi masalah keuangan. Anda bisa menggunakan layanan dari Bank untuk mendebit otomatis sebagian gaji Anda.

Jika masih bisa meminjam atau menyewa, hindarilah membeli. Jika Anda menginginkan sebuah barang yang hanya akan dipakai sekali atau dua kali saja, sebaiknya hindari membeli. Anda bisa menyewa atau meminjam karena jauh lebih murah.

Ini adalah salah satu hal terpenting dalam mengelola keuangan. Semakin banyak uang yang bisa anda hemat, semakin baik.

Jika ingin mencicil barang, pilih angsuran yang DP-nya besar. Pada akhirnya yang Anda harus melihat jumlah total yang harus Anda bayarkan.

[Baca: Kadang Besaran Cicilan Kredit Motor Membuat Kita Terkecoh]

Misalnya Anda memilih barang yang DP-nya kecil, kemudian bunganya tinggi. Anda bisa membayar hingga dua kali lipat harga barang tersebut. Karena itu, berusahalah melunasi cicilah secepat yang Anda bisa.

Mencari asuransi

Anda tidak pernah tahu kapan akan membutuhkan uang yang sangat banyak. Karena itu, sangat disarankan Anda mencari asuransi yang mampu menjaga keuangan di masa-masa krisis.

[Baca: Produk Asuransi Mana yang Perlu Diprioritaskan Di Antara Banyaknya Kebutuhan?]

Pakai kredit card

Banyak orang tidak menyarankan pemakaian credit card karena ini justru akan menyebabkan pemborosan. Pada dasarnya itu kembali lagi kepada diri sendiri. Orang yang sudah terbiasa berhemat biasanya tidak mengalami masalah saat memegang kartu kredit.

Kartu kredit diciptakan bukan untuk membuat kita boros,hanya saja banyak orang menyalahgunakannya. Bahkan, jika tidak menginginkan kartu kredit, Anda tetap harus memilikinya untuk membuat credit score.

[Baca: Fasilitas-Fasilitas Kartu Kredit]

Buat pembukuan yang rapi dan teratur.

Cobalah untuk membuat pembukuan tentang jumlah pemasukan dan pengeluaran setiap bulan. Dengan cara ini Anda benar-benar tahu mana yang harus diprioritaskan dan mana yang harus dikesampingkan.

Jika jumlah pengeluaran jauh melebihi pemasukan, sudah saatnya Anda mengelola keuangan dengan lebih baik.

Sisihkan sedikit uang setiap hari.

Seberapapun kecilnya jumlah uang, jika ditumpuk pasti akan menjadi banyak. Misalnya, setiap hari Anda berbelanja dan menerima kembalian.

Simpan saja kembalian tersebut ke dalam celengan. Anda tidak akan merasa menyisihkan uang dengan cara seperti ini.

Tips penting dalam mengelola keuangan

Terkadang memiliki kartu debit tidak lebih baik daripada memegang kartu kredit. Kenapa? Orang di sekitar Anda akan lebih mudah mengakses uang di bank melalui kartu debit daripada kartu kredit.

Tingkatkan kualifikasi Anda, daripada bersusah payah menghemat pengeluaran di sana-sini, mengapa anda tidak mencoba mencari pekerjaan dengan gaji yang lebih baik?

[Baca: Tahun Ini Minta Naik Gaji Gak Ya?]

Namun, gaji besar bukan berarti Anda bebas untuk membeli apa saja. Paling tidak saat memiliki pendapatan yang cukup, Anda tidak lagi perlu mengelola keuangan terlalu ketat.