5 Hal yang Wajib Diketahui Saat Mengatur Keuangan, Tentukan Tujuannya Lebih Dahulu

Saat ini masih banyak orang yang merasa kesulitan setiap kali harus mengatur keuangan mereka. Padahal harusnya hal ini tidak menjadi sulit, apalagi beban jika bisa ditangani dengan benar. 

Kondisi keuangan sangat berpengaruh pada kesejahteraan pribadi seseorang. Gak heran kalau saat ini banyak dari mereka yang memilih mengatur keuangan melalui perencana keuangan atau pakar ketimbang mengaturnya sendiri. 

Nah berikut ini beberapa pilihan keuangan yang harus dibuat demi mendapatkan kesuksesan finansial di masa mendatang, mengutip laman Liputan6.

1. Tentukan tujuan

Mengatur Keuangan
Buat tujuan dalam mengatur finansial (Shutterstock).

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat perencanaan keuangan yang baik, kamu wajib menentukan tujuannya apa. Ada beberapa alasan mengapa kamu perlu membuat tujuan ini. 

Pertama, kamu akan tahu arus kas baik pemasukan maupun pengeluaran keuanganmu. Apa yang akan kamu capai dengan uang tersebut, apakah untuk memperkaya diri atau digunakan untuk keperluan lain. Dengan memiliki tujuan keuangan dapat membantu individu mengikuti tindakan yang sesuai dan memotivasi.

2. Segera buat anggaran

Mengatur Keuangan
Membuat anggaran keuangan (Shutterstock).

Setelah memantapkan tujuan, kamu harus segera membuat anggaran. Agar semakin jelas kemana saja tujuan uangmu itu. Banyak pakar mengatakan bahwa sebagian besar seseorang tidak bisa mengendalikan keuangan mereka tanpa anggaran. 

Untuk itu, mulai sekarang catat setiap transaksi keluar masuk. Ini bisa menjadi panduan informasi keuanganmu selama hal itu terjadi. Meski sederhana, tapi tolong jangan meremehkan keberhasilan catatan anggaran ini ya. 

3. Prioritas

Mengatur Keuangan
Membuat prioritas dalam keuangan (Shutterstock).

Setelah membuat tujuan, mencatatnya di jurnal anggaran, kamu jadi makin tahu mana yang menjadi prioritas dan tidak. Banyak orang keliru menetapkan mana yang menjadi prioritas dan yang bukan. Seringkali banyak juga terjadi kebutuhan dadakan yang hanya merusak jurnal anggaranmu saja. 

Maka, sebelum terjadi penyesalan di kemudian hari, ada baiknya kamu tahu mana prioritas dan kebutuhan sesaat. Bedakan keduanya, jangan mudah terpengaruh dengan promosi-promosi di luar sana. Dengan demikian proses pengaturan keuangan menjadi lebih sederhana dan mudah.

4. Jangan habiskan uang dengan percuma

Mengatur Keuangan
Menghambur-hamburkan uang hanya akan membuat kamu miskin (Shutterstock).

Jangan berpikir bahwa kartu kredit atau produk keuangan lain adalah uang gratis yang bisa kapanpun digunakan. Pikirkan bahwa ke depannya kamu akan membayar semua tagihan-tagihan tersebut. 

Belum lagi dengan bunga dikaitkan atas setiap transaksi yang kamu lakukan. Bisa jadi malah hanya akan menghabiskan saldo tabunganmu saja. Pikirkan baik-baik sebelum menggunakan kartu kredit. 

5. Tabungan

Mengatur Keuangan
Buku tabungan (Shutterstock).

Hal lebih baik dalam memperlakukan uang adalah dengan menyimpan atau menabungnya. Hal ini tentu baik untuk jangka waktu ke depannya. Jika saat ini kamu merasa belum memiliki pengeluaran berarti, jangan senang dulu. Bisa saja esok, atau beberapa hari ke depan ada terjadi sesuatu, sehingga kamu harus mengeluarkan tabungan tersebut. 

Dengan menabung, kamu akan terselamatkan dari masalah keuangan di masa mendatang. Karena tidak ada yang bisa memastikan hidup ini akan terus baik-baik saja bukan? 

Nah itu tadi beberapa cara mengatur keuangan yang bisa menyelamatkan kamu dari kebangkrutan. Meski terdengar sepele, namun manfaatnya cukup berpengaruh pada kehidupan finansialmu. Semoga bermanfaat ya! (Editor: Winda Destiana Putri).