Milenials, Begini Cara Mengatur Pendapatan dan Pengeluaran Biar Gak Tekor!

Mengatur pendapatan dan pengeluaran

Membuat catatan atau arus kas pengeluaran dan pendapatan bukan hanya penting bagi perusahaan atau pebisnis saja. Arus kas memang perlu dibuat siapa saja. Dengan arus kas, jumlah aliran uang dan tujuan penggunaannya dapat terdeteksi.

Agustina Fitria Aryani, Financial Planner Head dari OneShildt Financial Planning mengatakan, catatan keuangan akan membantu kita dalam pembuatan anggaran. Kemudian, memonitor apakah penggunaan uang sudah sesuai anggaran.

“Dengan membuat catatan keuangan secara rutin, kita bisa segera mengidentifikasi kebocoran keuangan, terutama yang menggerus tabungan atau membuat investasi tidak berjalan sesuai rencana,” ujar Agustina kepada Moneysmart.id.

Sementara itu, bagi generasi muda yang memiliki penghasilan tidak tetap, membuat catatan keuangan akan sangat membantu melihat pola pengeluaran. Sehingga dapat mempersiapkan dana yang cukup untuk cadangan saat kondisi penghasilan sedang merosot.

Nah, buat kaum milenial, beberapa cara ini bisa membantu kamu jika ingin membuat catatan keuangan dengan mudah. Berikut, cara yang bisa kamu lakukan:

Kelola keuangan

Langkah pertama yang harus dilakukan ialah, mengelola keuangan yang baik dengan memastikan kebutuhan hidup hari ini, dan masa depan terpenuhi.

Bukan berarti ketika mendapat penghasilan waktunya menghambur-hamburkan uang dan menuruti nafsu konsumsi ya. Ingat, masih ada kehidupan masa mendatang.

“Hal ini bisa dicapai dengan mengendalikan diri dalam menggunakan uang, seperti kemampuan membedakan keinginan dan kebutuhan, cerdas dalam berinvestasi, dan bijak dalam berutang,” ungkap Agustina.

Atur alokasi kebutuhan

Mengatur alokasi kebutuhan hidup, mulai dari biaya hidup rutin, seperti biaya pendidikan dapat meningkatkan kompetensi atau keahlian pribadi.

Alokasi investasi untuk kebutuhan masa depan, proteksi untuk mengantisipasi risiko, dan keseimbangan hidup, hiburan sehat, makanan sehat, olahraga yang cukup, sosial atau donasi.

Nah dengan cara-cara berikut semoga milenial bisa mencatat pengeluaran dan pendapatan secara baik dan bijak ya.

Selamat mengatur keuangan kamu, milenials!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →