Mengenal Ferruccio Lamborghini, Sosok Pencipta Lamborghini

ferruccio lamborghini

Nama Ferruccio Lamborghini dikenal sebagai sosok di balik terciptanya mobil mewah Lamborghini. Sejarah Lamborghini sebagai mobil yang memiliki kecepatan tinggi dan biasanya dimiliki orang kaya ini terbilang panjang. 

Siapa sangka, jika terciptanya supercar asal Italia itu diawali oleh sejumlah cerita yang menarik. Bahkan, menyeret nama besar Enzo Ferrari pencipta mobil Ferrari. 

Lalu, siapakah Ferruccio Lamborghini dan bagaimana ia menciptakan mobil ini? Yuk, simak informasinya berikut ini. 

Siapa itu Ferruccio Lamborghini?

Ferruccio Lamborghini adalah pengusaha dan pembuat mobil sport kelas atas, Automobili Lamborghini, yang lahir pada 28 April 1918 di Italia. Orang tuanya merupakan seorang petani anggur di Renazzo yang dikenal mengelola lahan pertanian tersebut. 

Meskipun hidup di kalangan petani, masa kecil Ferruccio dihabiskan untuk mengotak-atik traktor. Ketertarikannya pada alat berat ini membuatnya memilih sekolah mesin Fratelli Taddia Technical Institute di Bologna.

Kemudian di tahun 1940, Ferruccio direkrut oleh Angkatan Udara Italia dan ditempatkan di Pulau Rhodes untuk menjadi montir dan pimpinan unit pemeliharaan kendaraan. Tahun 1945, tepatnya saat Pulau Rhodes jatuh ke tangan Inggris, ia bersama rekan-rekannya sempat menjadi tahanan selama kurang lebih satu tahun.

Tahun 1948 ia membuat traktor sendiri di tahun 1948 dengan mendirikan Lamborghini Trattori. Kepribadiannya yang sangat percaya diri, kemampuannya dalam ilmu mekanik, ditambah kepintarannya dalam berbisnis membuat perusahaannya berkembang dan jadi produsen pertanian yang penting.

Ia menawarkan traktornya kepada para petani lokal dengan menunjukkan keunggulan produk. Berkat bisnis traktornya, Ferrucio Lamborghini pun menjadi salah satu orang terkaya di Italia yang menggeluti hobi mahal seperti mengoleksi mobil mewah.

Sejarah Ferruccio Lamborghini vs Enzo Ferrari

Sejarah di balik terciptanya mobil mewah Lamborghini ternyata memiliki kaitan dengan pencipta mobil Ferrari yaitu Enzo Ferrari. Hal ini karena ketika ia membeli Ferrari 250 GT sebagai salah satu koleksinya, ia merasa tidak puas karena permasalahan pada kopling. 

Sayangnya, Enzo Ferrari tidak memberikan jawaban yang membuatnya puas dan malah memberikan jawaban yang membuat Ferruccio Lamborghini merasa tersinggung. Melansir dari berbagai sumber, Enzo kala itu melontarkan kalimat: “Masalahnya bukan pada mobilnya, tapi pada pengendaranya!”

Tak puas, Enzo juga malah meminta Ferruccio untuk mengurusi traktornya saja. Inilah yang membuat Ferruccio tidak terima dan mulai serius untuk menggarap mobil mewah. 

Produksi supercarnya dibuat di kota kecil San’Agta dengan menggaet mantan karyawan Ferrari, Giotto Bizzarrini, Franco Scaglione, dan Gian Paolo Dallara. Mantan karyawan Ferrari itu bertugas menciptakan mobil mewah yang memiliki kecepatan mencapai 241 km/jam.

Usahanya berhasil, ia pun membuat mobil Lamborghini pertamanya dengan nama Lamborghini 350GT pada Maret 1964 di Geneva Auto Show. Hingga saat ini, Lamborghini dan Ferrari menjadi rival untuk menciptakan kendaraan terbaik yang memiliki performa kuat. 

Lini bisnis keluarga Ferruccio Lamborghini selain mobil mewah

Simbol Lamborghini berupa lambang banteng berwarna emas dengan warna latar belakang hitam dilatarbelakangi oleh hobi Ferruccio Lamborghini menyaksikan pertarungan banteng Spanyol. Lalu warna emas menggambarkan keunggulan dan kekayaan Lamborghini, sementara warna hitam menunjukkan kekuatan, kehormatan, kemewahan, dan integritas.

Tak hanya mobil mewah, sebenarnya bidang usaha Lamborghini terdiri dari berbagai jenis usaha. Berikut ini diantaranya. 

Lamborghini Trattori

Merk traktor Lamborghini pertama kali dibuat dari bagian-bagian dari mesin kendaraan militer yang sudah tidak digunakan yang kemudian diberi nama Carioca. Dari perusahaan traktor ini, Ferruccio terus berinovasi membuat sistem otomatisasi bahan bakar yang berfungsi menghemat bahan bakar. 

Teknologi dari Carioca ini dipatenkan oleh Lamborghini yang kemudian meningkatkan penjualan hingga ia berhasil melakukan ekspansi ke sektor infrastruktur, khususnya untuk peralatan pemanas dan pendingin ruangan.

Lamborghini Caloreclima

Bisnis lain dari Ferrucio Lamborghini adalah pembuatan peralatan rumah tangga seperti pemanas air, boiler, Air Conditioner, penjernihan air, dan sebagainya. Perusahaan ini didirikan tahun 1960 yang juga berkembang dengan pesat di banyak negara, termasuk Indonesia.

Ferruccio tetap fokus untuk menciptakan produk peralatan rumah tangga yang berstandar kualitas Eropa, mewah, memiliki kinerja maksimal, dan tahan lama. 

Automobili Lamborghini

Tiga tahun usai Lamborghini Caloreclima berjaya, ia kemudian membuat mobil sport yang dikenal sebagai Famous Bulls. Perusahaan ini didirikan usai Ferruccio Lamborghini menjadi penggemar supercar dan menjadi kolektor mobil mewah Eropa

Namun, ternyata ia tidak puas dengan mobil sport mewah tersebut sehingga ia pun membuat mesin otomotif sendiri sesuai dengan keinginannya. 

Tak disangka, Automobili Lamborghini telah menciptakan berbagai supercar yang digemari di seluruh dunia. 

Lamborghini Oleodinamica

Tak puas dengan keberhasilan dari empat perusahaan, Ferruccio menciptakan perusahaan yang khusus menciptakan peralatan mekanik seperti kegemarannya melalui Lamborghini Oleodinamica.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1969 yang dikenal memproduksi alat mekanik, alat hidrolik, hingga katup valve. 

Lamborghini Winery

Ferruccio juga memproduksi anggur dan minuman keras sendiri melalui Lamborghini Winery. Perusahaan ini berdiri di masa pensiun tahun 1974 Ferruccio dengan membeli tanah seluas 740-acre yang diberi nama “La Fiorita”. 

Tanah itu ia gunakan sebagai kebun anggur yang ditanami =tanaman merambat seperti Sangiovese, Merlot, Cabernet Sauvignon dan Grechetto. 

Tonino Lamborghini

Terakhir, perusahaan ini didirikan oleh anak Ferruccio Lamborghini, Tonino Lamborghini, yang bergerak dibidang lifestyle dan fashion. 

Tentu saja produk yang dihasilkan masih berkesan mewah dan kelas atas mulai dari jam tangan, kacamata, handphone, perhiasan, pakaian, hingga aksesoris olahraga. Tak hanya itu, Tonino Lamborghini juga menaungi hotel, furniture, dan cafe.

Deretan mobil (Ferruccio) Lamborghini saat ini

Saat ini mobil Lamborghini yang diciptakan Ferruccio telah menjadi mobil impian sebagian orang di dunia. Pesonanya sebagai mobil mewah dan cepat menjadi salah satu alasannya. Namun, harga Lamborghini memang dikenal sebagai mahal dan di Indonesia sendiri hanya dimiliki oleh kalangan atas saja.

Berikut ini beberapa mobil Lamborghini yang ada saat ini.

Lamborghini Aventador

Lamborghini Aventador pertama kali dikenalkan tahun 2011 dalam ajang Geneva Motor Show. Mobil ini langsung menarik perhatian pecinta mobil mewah karena adanya desain “scissor door” atau pintu gunting. 

Salah satu supercar terbaik di dunia ini memiliki performa mesin dan juga berbagai fitur canggih yang melengkapinya. Di Indonesia sendiri salah satu aktor papan atas yang sudah memiliki koleksi Lamborghini Aventador ini adalah Raffi Ahmad. 

Adapun harga Lamborghini Aventador mulai dari Rp6,4 miliar hingga Rp 8,7 miliar. 

Lamborghini Huracan

Selanjutnya Lamborghini Huracan yang pertama kali diperkenalkan sebagai varian pengganti dari Gallardo. Publik mulai mengenal varian baru Lamborghini ini melalui ajang Geneva Motor Show 2014 silam. Sama seperti Aventador, Huracan juga mendapat tanggapan positif.

Di awal peluncurannya, Huracan membuat heboh karena membawa teknologi terbaru, seperti Lamborghini Doppia Frizione (LDF) yaitu gearbox kopling ganda dan dikontrol secara elektronik empat-wheel drive. 

Lamborghini tercatat sebagai mobil sport dengan harga yang sangat mahal dengan harga termurahnya yaitu Rp8,9 miliar. 

Lamborghini Urus

Urus merupakan satu-satunya SUV dari Lamborghini sebagai SUV premium terbaik saat ini. Keunggulannya yaitu performa mesin yang kencang dan juga kenyamanan saat berkendara. 

Konsep SUV mewah ini telah diperkenalkan sejak tahun 2012 silam, namun baru bisa dipertontonkan ke khalayak ramai pada tahun 2017 di markas Lamborghini di Italia. Barulah tahun 2018 mobil siap diproduksi untuk komersial.  

Sebagai mobil SUV, Urus bisa disejajarkan dengan Porsche Cayenne, Bentley Bentayga, dan Maserati Levante. Harga Lamborghini ini di Indonesia berkisar Rp8,5 miliar. 

Lamborghini Centenario

Seri Centenario adalah paling eksklusif di mana unit yang dipasarkan pun terbatas, hanya ada 20 Lamborghini Centenario Coupe dan 20 Lamborghini Centenario Roadster di dunia. Harganya pun sangat fantastis mencapai US$1,9 juta atau setara dengan Rp27,4 miliar.  

Dari mahalnya ini, spesifikasi dan fitur-fitur canggih di dalamnya sangatlah mumpuni. Dengan kelebihan-kelebihan tersebut membuat Lamborghini Centenario memiliki nilai investasi yang menjanjikan. 

Digadang-gadang memiliki teknologi terbaru dalam mesinnya, Centenario menggunakan mesin 6,5 liter V12 yang mampu menghasilkan tenaga hingga 770dk dalam 8.500 rpm dengan torsi maksimal 690 Nm dalam 5.500 rpm.

Lamborghini Veneno

Mobil Lamborghini Veneno dikembangkan untuk memperingati ulang tahun Lamborghini ke-50. Berbekal mesin V12 6,5 liter hingga mengalami peningkatan yang cukup luar biasa, menjadikannya disebut sebagai interpretasi dari prototipe mobil balap untuk jalan raya. 

Keunggulan dari Lamborghini Veneno adalah mesin yang cukup besar dan kuat, serta sudah dilengkapi dengan fitur penghematan bahan bakar. Belum lagi mobil ini termasuk mobil yang eksklusif dan terbatas, tentu akan menjadi nilai investasi yang cukup menjanjikan. 

Untuk bisa mengadopsi mobil harus menyiapkan kocek 5,3 juta dolar AS atau setara dengan Rp70 miliar di tahun 2013 lalu. Namun, produksi Lamborghini Veneno Roadster ini begitu spesial dan sangat terbatas bahkan di seluruh dunia. Dikabarkan bahwa Lamborghini Veneno Roadster ini hanya ada 9 unit saja di seluruh dunia.

Nah itulah informasi seputar Ferruccio Lamborghini dan sejarah panjang di balik terciptanya supercar Lamborghini. 

Kesuksesan dan ketangguhannya dalam berbisnis dari nol, memang bisa menjadi motivasi bagi siapapun. Semoga informasi ini bermanfaat! 

Pentingnya asuransi mobil 

Mobil adalah salah satu aset berharga yang tidak boleh main-main dalam perawatannya. Pemilik harus senantiasa mengecek keadaan mesin, membersihkan body dan interior, serta memastikan keamanan komponen. 

Namun adakalanya kita tidak bisa menghindari risiko yang bisa menimpa mobil, misalnya tergores, tertabrak, hingga kecelakaan parah. Bayangkan kalau tergores sedikit saja, biaya yang harus dikeluarkan untuk cat ulang mobil bisa ratusan ribu untuk satu panel. Tidak murah, kan? 

Nah, supaya tetap aman dan tenang, jangan lupa asuransikan kendaraan dengan pilihan asuransi mobil terbaik

Untuk mengetahui berapa premi asuransi mobil yang harus kamu bayarkan tiap bulannya, kamu bisa nih memanfaatkan kalkulator ini dari Lifepal.

Sebagai panduan, premi asuransi dihitung berdasarkan jenis asuransinya (all risk dan TLO), dan wilayah serta harga mobil.

Untuk beberapa kasus, jaminan perluasan juga dapat mempengaruhi harga premi asuransi mobil.

Pertanyaan terkait Ferruccio Lamborghini