Putri Haya Kabur Minta Suaka ke Jerman, Ini Fakta Sang Suami Pemimpin Dubai

Sheikh Mohammed bin Rashid al Maktoum (Instagram/@endurancelifest)

Putri Haya binti Al Hussein asal Yordania istri pemimpin Kota Dubai, Uni Emirat Arab, Sheikh Mohammed bin Rashid al Maktoum dikabarkan kabur minta suaka ke Jerman bersama dua anaknya Jalila (11), dan Zayed (7).

Selain meminta suaka dan perlindungan, Putri Haya juga menggugat cerai suaminya. Putri Haya juga dikabarkan telah mengambil sekitar Rp550 miliar dari suaminya untuk memulai hidup baru. 

Laporan yang tidak dikonfirmasi di media Arab menunjukkan, seorang diplomat Jerman membantunya ‘melarikan diri’ dari Dubai, yang mengarah ke potensi krisis diplomatik antara kedua negara.

Pihak berwenang Jerman telah menolak permintaan Sheikh Mohammed bin Rashid Maktoum yang menjabat Perdana Menteri Uni Emirat Arab untuk mengembalikan istrinya ke Dubai. 

Lantas, siapa Sheikh Mohammed bin Rashid al Maktoum sang pemimpin Kota Dubai? Yuk, simak lengkapnya di sini:

Anggota keluarga penguasa Dubai

Sheikh Mohammed bin Rashid al Maktoum
Sheikh Mohammed bin Rashid al Maktoum (Instagram/@endurancelifest)

Seperti dilansir dari Wikipedia, Sheikh Mohammed adalah anak ketiga dari empat putra Rashid bin Saeed Al Maktoum, yaitu anggota keluarga penguasa Dubai Al Maktoum dan keturunan dari pemilik Gedung Al-Falasi. 

Dari usia empat tahun, dia belajar dalam Bahasa Arab dan Studi Islam. Pada tahun 1955, dia mulai pendidikan formal di Sekolah Al Ahmedia dan pindah pindah ke Sekolah Al Shaab di usia 10 tahun. Dia melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Dubai. 

Baca juga: Putri Cantik Kerajaan Ini Keturunan Langsung Nabi Muhammad, Begini Faktanya

Memiliki istri tua dan muda dan 21 anak

Sheikh Mohammed bin Rashid al Maktoum
Sheikh Mohammed bin Rashid al Maktoum (Instagram/@hrhprincesshayagallery)

Istri tuanya, Cheikha Hind binti Maktoum bin Juma Al Maktoum dinikahinya pada tahun 1979. Paling terkenal ialah istri mudanya, HRH Putri Haya binti Al Hussein, putri Raja Hussein dari Yordania dan adik Raja Abdullah II dari Yordania.

Putri Haya dinikahinya pada 10 April 2004. Dari pernikahan itu, dia dikaruniai dua anak, seorang putri, AlJalila yang lahir 2 Desember 2007. Dan Zayed yang kini berusia tujuh tahun. 

Sheikh Mohammed memiliki 21 anak yang diakui resmi. Yaitu, delapan putra dan 13 putri.

Olahraga berkuda

Sheikh Mohammed bin Rashid al Maktoum
Sheikh Mohammed bin Rashid al Maktoum (Instagram/@hrhprincesshayagallery)

Sheikh Mohammed merupakan tokoh utama dalam balapan kuda internasional. Pada akhir 1981, dia membeli Gainsborough Stud di  Bukit Woolton, dekat Newbury, Berkshire, Inggris. 

Dia memiliki Ballysheehan Stud di County Tipperary, Irlandia. Dia juga memiliki Gainsborough Farms Inc di Versailles, Kentucky, Amerika Serikat. 

Pacuan kuda miliknya meliputi kepemilikan Darley Stables dan mitra terkemuka di keluarganya, Godolphin Stables. Sheikh Mohammed host Dubai World Cup, seri terkaya di dunia kuda ras.

Di Inggris, kuda-kudanya telah memenangkan perlombaan penting. Kuda-kudanya juga memenangkan Irlandia Derby Wilayah dan Prix de l’Arc de Triomphe dan di Amerika Serikat tahun 2006 Wilayah Preakness dan Bernardini.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Pada tahun 2008, dia membeli Woodlands Stud dengan harga US$ 460 juta.

Politik dan bisnis

Pada 3 Januari 1995, Sheikh Maktoum bin Rashid Al Maktoum menandatangani pernyataan yang mengungkapkan Syekh Muhammad diangkat sebagai Pangeran Mahkota Dubai.

Dia mengawasi pengembangan berbagai proyek di Dubai, termasuk penciptaan Palm Islands dan mewah Burj Al Arab hotel. 

Dia juga mempromosikan pembangunan Burj Khalifa, yang sekarang menjadi gedung tertinggi di dunia, pembukaan resminya, Senin 4 Januari 2010. 

Selama masa jabatannya sebagai Pangeran Mahkota, dia mendirikan Dubai Holding, sarat utang dan finansial perusahaan induk bermasalah dengan multi-diversifikasi bisnis dan investasi. Dia saat ini memiliki 99,67 persen saham dari perusahaannya.

Setelah satu dekade pemerintahannnya, dia menjadi Penguasa Dubai pada 4 Januari 2006 usai kematian sang kakak, Sheikh Maktoum bin Rashid Al Maktoum. 

Dia juga dinominasikan oleh Presiden UEA, Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, untuk menjadi Perdana Menteri berikutnya dan Wakil Presiden UEA pada tanggal 5 Januari 2006. Para anggota Dewan Nasional Federal UE menerima nominasi Presiden.

Kekayaan Bersih

Sheikh Mohammed bin Rashid al Maktoum
Sheikh Mohammed bin Rashid al Maktoum (Instagram/@aekabayanweekly)

Pada bulan Juni 2010, kekayaannya diperkirakan sebesar US$ 79,3 miliar oleh majalah Forbes, berarti dia adalah raja terkaya 3 dikalahkan oleh keluarga Abu Dhabi dan Saudi Arabia.

Amal

Mohammed bin Rashid Al Maktoum dikenal dengan kegiatan amalnya. Pada 19 Mei 2007, dia mengumumkan rencana memberikan US$ 100 juta untuk Mohammed bin Rashid Al Maktoum Foundation, sebuah yayasan pendidikan di Timur Tengah.

Dia mengungkapkan, uang itu dimaksudkan untuk menjembatani kesenjangan pengetahuan antara wilayah Arab dan dunia berkembang, meningkatkan standar pendidikan dan penelitian di wilayah tersebut, mengembangkan program kepemimpinan untuk pemuda, dan merangsang penciptaan lapangan kerja. 

Kampanye Dubai Cares

Sheikh Mohammed bin Rashid al Maktoum
Sheikh Mohammed bin Rashid al Maktoum (Instagram/@hrhprincesshayagallery)

Pada September 2007, dia meluncurkan Dubai Cares, kampanye mengumpulkan uang untuk mendidik 1 juta anak di negara-negara miskin. 

Kampanye ini merupakan kontribusi Dubai untuk Tujuan Pembangunan Milenium PBB untuk menyediakan Pendidikan Dasar anak-anak untuk setiap anak pada tahun 2015. Jumlah disumbangkan untuk kampanye ini telah melebihi US$1,65 miliar.

Noor Dubai

Pada 3 Desember 2008, Sheikh Mohammad juga meluncurkan baru Ramadhan inisiatif dengan nama “Noor Dubai”, bertujuan untuk membantu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Badan Internasional untuk Pencegahan Kebutaan (IAPB) dalam mencapai tujuannya yang digariskan pada tahun 2020.

Visi Noor Dubai akan mengobati dan memberikan pelayanan kesehatan bagi satu juta orang yang menderita kebutaan yang bisa disembuhkan dan gangguan penglihatan di negara berkembang pada skala lokal, regional, dan internasional.

Itulah fakta mengenai Sheikh Mohammed bin Rashid al Maktoum yang kini tengah jadi sorotan usai sang istri kabur dan meminta cerai darinya

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →