Jadi Juru Kunci Asian Games 2018, Ini Kisah Sukses Wishnutama

Wishnutama (instagram @wishnutama)

Kesuksesan pembukaan Asian Games 2018 gak lepas dari ide kreatif, dan tangan dingin Wishnutama Kusubandio.

Upacara pembukaan yang menampilkan ribuan penari hingga atraksi unik Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menuai decak kagum berbagai kalangan. Banjir pujian gak hanya di Indonesia saja, tapi juga di berbagai negara lain.

Untuk menciptakan pembukaan Asian Games 2018 tersebut, Bos NET TV itu mengaku melakukan persiapan hingga 1,5 tahun. Setelah prosesi pembukaan Asian Games, ia dan tim juga bekerja keras kembali membongkar panggung selama 60 jam untuk dijadikan lapangan atletik.

Kesuksesannya bukan baru-baru ini terjadi. Sederet penghargaan sudah berhasil ia sabet sepanjang kariernya.

CEO dari PT. NET Mediatama Televisi ini pernah menjadi The Best CEO Indonesia versi majalah SWA di tahun 2010, The Most Admired CEO in Television Sector versi Warta Ekonomi, Indonesia Youngster Inc. versi Majalah SWA dan sejumlah penghargaan lainnya.

Wishnutama memang patut diacungi jempol. Gak cukup itu saja, kamu juga bisa mengikuti jejak pria 42 tahun tersebut dengan memahami dan meniru cara sukses yang ia jalani selama ini.

Mau tahu rahasia sukses ala Wishnutama? Simak ulasannya berikut ini.

Berani keluar dari zona nyaman

View this post on Instagram

Bismillah 🙏🏼 #openingceremony #asiangames2018

A post shared by wishnutama (@wishnutama) on

Karier Wishnutama berjalan mulus sejak masih bekerja di Indosiar. Dari Supervisor On Air Promotion, kariernya melesat cepat hingga menjadi Production Manager pada waktu yang terbilang cepat.

Tahun 2001, ia pindah ke Trans TV dan menjadi Kepala Divisi Produksi. Kariernya terus menanjak hingga menjadi Direktur Utama Trans TV. Sejumlah penghargaan pun berhasil ia raih saat itu. Di awal usia 30-an, ia sudah berada dalam jajaran top level management.

Siapa yang gak tergiur dengan posisi tersebut?

Saat itu, ia justru merasa khawatir terjebak dalam zona nyaman. Menurutnya, dalam keadaan nyaman seseorang akan sulit menjadi inovatif dan kreatif. Ia pun memutuskan resign tanpa memiliki rencana apa pun sebelumnya.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Menikmati tiap proses dan pantang mengeluh

Saat memutuskan resign tanpa memiliki perencanaan, tentu gak sedikit yang menyayangkan sikap Wishnutama tersebut.  Siapa sih yang berani mulai segalanya dari nol saat udah berada di puncak kesuksesan?

Setelah resign, ia membuka sebuah restoran di daerah Kemang, dan mendirikan sebuah production house (PH). Dari PH tersebut, ia dapat banyak tawaran pekerjaan hingga akhirnya mendapat kesempatan membuat stasiun televisi.

Membangun stasiun televisi dari nol tentu bukan pekerjaan yang mudah. Ia harus memutar otak untuk membuat program TV yang digemari penonton. Gak sedikit program yang telah dibuat berakhir gagal. Tapi pada masa-masa struggling inilah ide-ide kreatif dan inovasi bisa lahir. Karena itu, ia mengaku menikmati tiap proses yang harus dilalui hingga saat ini.

“Memulai dari nol kadang bisa menjadi sebuah turning point dalam kehidupan. Dari sana kamu bisa mencoba untuk lebih berinovasi, lebih kreatif, dan membuka wawasan.”

Tawarkan sesuatu yang baru

Wishnutama kerap melakukan inovasi yang berhasil menjadi tren. Salah satunya, saat masih bekerja di Trans TV,  ia menciptakan program acara komedi menggunakan skrip pertama bernama Extravaganza. Begitu pula dengan karakter dan berbagai program di stasiun televisi yang ia dirikan, Net TV.

Menawarkan atau menciptakan sesuatu yang baru tidaklah semudah kelihatannya. Gak jarang ide yang dicetuskan dipandang sebelah mata oleh banyak orang. Bukan gak mungkin juga inovasi yang dianggap telah sempurna memiliki kekurangan sana-sini.

Tapi, dengan melakukan perbaikan secara perlahan, ide tersebut bisa diwujudkan menjadi sesuatu yang besar. Bukankah sebuah tren juga berasal dari sesuatu yang baru?

Konsisten dan persisten

“Tidak ada orang yang gagal, yang ada hanyalah orang yang berhenti mencoba untuk lebih baik lagi.”

Dari sejumlah keberhasilan yang berhasil dicapai Wishnutama, ia mengaku banyak kegagalan yang pernah ia hadapi. Namun, upaya yang ia lakukan jauh lebih banyak dari jumlah kegagalan yang ia buat. Menurutnya, gak ada hal yang bisa langsung berhasil.

Diperlukan tekad yang kuat untuk konsisten dan persisten sampai tujuan dapat terwujudkan.  Gak perlu takut melakukan kesalahan dan mencoba kembali kala gagal. Tapi, bukan berarti melakukan kesalahan yang sama terus-terusan.

Untuk meraih hasil yang maksimal, cintai apa yang kamu lakukan. Seperti kaya Wishuutama, boleh bangga tapi jangan sombong. Bekerja keras tapi jangan terpaksa, bersyukur tapi jangan cepat berpuas diri. Semoga menginspirasi.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →