4 Jenis Asuransi Jiwa di Indonesia dan Pilihan Terbaiknya 2020

Jenis asuransi jiwa

Saat ini sudah bukan zamannya lagi takut terhadap asuransi. Asuransi sudah dipandang sebagai kebutuhan yang penting untuk menjamin masa depan tetap cerah, terutama memiliki jenis asuransi jiwa tertentu buat keluarga.

Ibarat payung, asuransi jiwa sangat dibutuhkan pada saat yang mengganggu, tapi tak diperhatikan ketika kondisi masih aman.

Padahal seperti diketahui, hidup ini penuh dengan risiko. Kita tak pernah bisa memprediksi kapan risiko itu menerpa kita dan keluarga.

Jika Anda termasuk yang menyadari adanya risiko ini dan pentingnya melindungi keluarga melalui asuransi jiwa, itu sangat bagus!

Menurut data dari Otoritas Jasa Keuangan, tingkat penetrasi asuransi jiwa pada 2014 meningkat dibanding pada 2013. Artinya, semakin banyak masyarakat yang menjadi peserta asuransi jiwa.

Alasan asuransi jiwa itu perlu

Mungkin bagi kamu yang masih berusia muda, asuransi jiwa adalah asuransi terakhir dari sekian banyak asuransi yang bakal kamu beli. Namun, kenyataannya, asuransi jiwa adalah sesuatu yang nggak bisa kamu tunda-tunda lho. Gak ada yang tahu apa yang akan terjadi besok, lusa, atau minggu depan.

Karena itu, untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk semisal terkena musibah dan meninggalkan keluarga yang kamu nafkahi untuk selamanya, kamu perlu membeli polis asuransi jiwa agar keluarga bisa mendapatkan uang pertanggungan untuk hidup setelah kamu tinggalkan.

Jenis-jenis asuransi jiwa

jenis asuransi jiwa terbaik

Secara umum, ada empat jenis asuransi jiwa yang ditawarkan perusahaan asuransi, yaitu:

1. Asuransi berjangka (term life)

Asuransi ini biasanya menawarkan kontrak 5, 10, atau 20 tahun. Selama masa kontrak, premi yang dibayarkan tetap dan terhitung murah. Tapi bila ingin memperpanjang masa kontrak, premi naik.

Premi akan hangus begitu kontrak selesai, sehingga uang pertanggungan yang ditawarkan besar untuk menarik masyarakat.

Asuransi jenis ini sangat populer, tapi jarang ditawarkan oleh agen asuransi karena sebagiaan besar perusahaan asuransi kini cenderung berfokus pada unit link.

Yang direkomendasikan memilih asuransi ini adalah mereka yang mengutamakan masa depan anak di atas segalanya.

2. Asuransi seumur hidup (whole life)

Asuransi ini memberikan perlindungan seumur hidup, tapi biasanya perusahaan asuransi hanya membatasi hingga 100 tahun. Premi asuransi whole life lebih tinggi daripada term life, tapi tidak akan hangus jika tak ada klaim.

Selain itu, saat kontrak berakhir, uang pertanggungan akan diberikan seluruhnya. Asuransi ini direkomendasikan buat mereka yang tak punya tanggungan dan tak mau merepotkan keuangan keluarga ketika meninggal.

3. Asuransi dwiguna (endowment)

Asuransi ini disebut dwiguna atau punya dua manfaat karena memberikan uang pertanggungan saat tertanggung meninggal dalam periode tertentu. Selain itu, tertanggung bisa mencairkan uang tersebut saat tertanggung masih hidup ketika kontrak berakhir.

Asuransi ini seperti menggabungkan manfaat term life dan whole life sehingga preminya lebih mahal. Asuransi ini direkomendasikan buat mereka yang hendak:

  • Lebih memastikan pendidikan anak
  • Punya dana untuk kebutuhan tak terduga pada masa depan
  • Punya dana pensiun lebih besar

4. Asuransi unit link

Asuransi jiwa unit link paling sering ditawarkan oleh agen asuransi. Produk ini menggabungkan manfaat asuransi dan investasi.

Orang yang memakai asuransi ini biasanya tertarik berinvestasi tapi tak bisa atau takut terjun sendiri sembari tetap memastikan jiwanya terproteksi.

Kalau pakai unit link, pahami benar soal uang pertanggungan asuransi agar tak salah paham saat klaim. Tapi jika memang yang dicari hasil investasi yang besar, lebih baik tidak mengandalkan unit link.

Sebab imbal baliknya kurang signifikan jika dibandingkan dengan investasi murni, seperti reksa dana atau saham.

Nah, kamu bisa menggunakan kalkulator jenis asuransi jiwa terbaik dari Lifepal berikut untuk menentukan pilihan yang tepat buatmu.

Daftar-daftar asuransi jiwa terbaik 2020

Berikut ini beberapa daftar asuransi jiwa terbaik yang bisa kamu pertimbangkan untuk dipilih.

  • Asuransi jiwa Cigna
  • Asuransi jiwa Manulife
  • Manulife Essential Assurance
  • Asuransi jiwa Allianz
  • Asuransi jiwa Prudential
  • Asuransi jiwa Sequis Life
  • Asuransi jiwa Tugu Mandiri

1. Asuransi jiwa Cigna

Asuransi yang satu ini memiliki dua produk yang cukup lengkap: Life Protection Optima dan Cigna Second Life. Keduanya siap memberikan perlindungan seumur hidup bagi para nasabahnya.

Salah satu layanan menarik dari asuransi Cigna adalah klaim cepat, yaitu 45 menit saja untuk keputusan klaim meninggal dunia. 

Berikut beberapa manfaat produk yang ditawarkan.

Life Protection Optima

  • Life Protection Optima dari Cigna adalah asuransi jiwa murni yang bagus karena menawarkan masa pertanggungan 5 tahun saja dan perlindungan selama 10 tahun. Asuransi berjangka ini bakal memberikan pertanggungan sampai dengan Rp2 miliar.
  • Jika ingin hemat dengan mendaftarkan keluarga, Cigna juga memiliki polis Cigna Family Eazilife yang mampu melindungi tujuh anggota keluarga dalam satu polis.

Cigna Second Life

  • Asuransi whole life ini bakal kasih santunan kematian Rp50-150 juta hanya dengan premi mulai dari Rp200-300 ribuan saja!
  • Sebagai catatan, asuransi jiwa murah ini ditujukan untuk usia masuk 55-80 tahun ya!

2. Asuransi jiwa Manulife

Asuransi jiwa Manulife sudah terbukti akan kualitas dan kelengkapan fitur bagi para nasabahnya. Banyak sekali manfaat yang bisa kamu nikmati jika bergabung dengan produk-produknya.

Hadir dengan dua produk utama: Manulife Essential Assurance dan Berkah Savelink. Asuransi jiwa Manulife bisa jadi pilihan yang menarik.

3. Manulife Essential Assurance

Polis asuransi jiwa ini memberikan perlindungan seumur hidup sampai usia 99 tahun dengan premi bulanan mulai dari Rp475 ribu.

Jika membeli asuransi jiwa Manulife ini, kita bisa menambahkan beberapa rider, seperti Manulife Medicare Plus untuk biaya rumah sakit, Manulife Crisis Cover untuk risiko penyakit kritis, Waiver of Premium untuk pembebasan premi, dan ADDB untuk manfaat cacat tetap total

Berkah Savelink

  • Menawarkan proteksi jiwa dengan manfaat investasi yang dikelola dengan prinsip syariah.
  • Untuk mendaftar, calon nasabah harus berusia 18-70 tahun dan membayar kontribusi minimal Rp4 juta per tahun.

4. Asuransi jiwa Allianz

Allianz sudah berkecimpung di dunia asuransi jiwa sejak puluhan tahun lamanya. Semua produk dengan berbagai manfaatnya telah teruji bagus. 

Allianz lebih fokus menyediakan asuransi dengan manfaat investasi, atau yang sering disebut unit link. Untuk layanan nasabah keunggulan Allianz adalah adanya berbagai aplikasi eAZy, nasabah bisa memantau polis, membayar premi, hingga mengajukan klaim secara online.

Berikut beberapa lini produk asuransi jiwa Allianz.

SmartLink New Flexi Account

  • Produk unit link ini memberikan perlindungan jiwa untuk usia 1 – 70 tahun dengan premi berkala mulai dari Rp300 ribu per bulan.
  • Untuk melengkapi luas pertanggungan, Allianz menyediakan berbagai asuransi tambahan seperti penyakit kritis dan pertanggungan rawat inap.

SmartLink Maxi Fund Plus

  • Polis ini memberikan perlindungan jiwa sampai dengan usia 100 tahun dengan premi top up tunggal minimal Rp1 juta.
  • Menariknya, kita bisa memilih sendiri portofolio investasi yang akan digunakan.

5. Asuransi jiwa Prudential

Jika ingin menggunakan layanan asuransi jiwa yang punya kredibilitas tinggi, Prudential adalah jawabannya. Keunggulan dari asuransi jiwa Prudential adalah varian produknya yang sangat luas.

Hampir semua jenis asuransi jiwa tersedia, yaitu asuransi jiwa murni, asuransi pendidikan, unit link, asuransi jiwa syariah, asuransi jiwa untuk karyawan, hingga bancassurance.

Berikut beberapa produknya.

PRUsafe Guard

  • Polis ini menawarkan perlindungan jiwa selama 15 tahun dengan pembayaran premi 10 tahun dengan manfaat tambahan jika tertanggung mengalami kecelakaan di tempat kerja atau menderita penyakit khusus.
  • Pada masa akhir asuransi, Prudential juga menjanjikan pengembalian premi. Untuk mendapatkan produk ini, kita hanya perlu mengeluarkan sekitar Rp250 ribu saja per bulan!

USave PRUStar

  • Prudential memiliki asuransi dwiguna USave PRUStar yang merupakan hasil kerjasama dengan Bank UOB.
  • Hanya dengan premi mulai dari Rp3,6 juta per tahun, kita akan mendapatkan perlindungan jiwa selama 10 tahun dengan pengembalian premi sebesar 110 persen.

6. Asuransi jiwa Sequis Life

Asuransi jiwa itu nggak perlu mahal. Asuransi jiwa Sequis Life bisa jadi pilihan yang terjangkau buat kamu dan keluarga. Dengan premi yang rendah, kamu bisa mendapatkan manfaat yang luas dengan pilihan rider yang variatif.

Beberapa produk andalannya antara lain:

Financial Smart Life

  • Menawarkan perlindungan jiwa nasabah hingga usia 100 tahun.
  • Polis ini juga menawarkan uang pertanggungan hingga Rp250 juta dengan premi mulai dari Rp2.500 per hari!
  • Selain itu, nasabah juga mendapatkan nilai tunai yang bisa cair jika tidak ada klaim.

Asuransi Retirement Life Plan

Memberikan uang pertanggungan jika tertanggung meninggal dunia sebelum atau sesudah masa asuransi berakhir (usia 100 tahun).

Selain itu, diberikan juga manfaat pensiun sebesar 100 persen uang pertanggungan dengan minimum uang pertanggungan Rp40 juta.

7. Asuransi jiwa Tugu Mandiri

Asuransi yang satu ini termasuk salah satu asuransi lokal yang terpercaya. Sudah ada sejak 1985, asuransi jiwa Tugu Mandiri memang hadir sebagai perusahaan pengelolaan dana pensiun dengan berbagai produk asuransi di dalamnya, termasuk asuransi jiwa.

TM SiTampan Insani

  • Polis ini fokus pada pengelolaan tabungan dan investasi dana pensiun.
  • Untuk mendapatkannya, nasabah akan dikenakan premi mulai Rp300 ribu saja per bulan!
  • Nasabah akan mendapatkan santunan kematian term life sebesar 200 persen dari akumulasi iuran atau maksimal Rp200 juta.
  • Jika masih hidup sampai masa akhir pertanggungan, tentu nasabah akan mendapatkan pencairan dana yang sudah disetor.

TM Power link Tugu Prestasi

Asuransi pendidikan untuk memastikan bahwa anak bisa bersekolah terlepas dari risiko kematian orangtua di masa depan.

Produk ini akan memberikan santunan kematian sebesar Rp150 juta dan pembebasan premi jika orangtua mengalami kematian, cacat tetap, atau terdiagnosa penyakit kritis.

Memilih asuransi jiwa yang tepat

Untuk memilih jenis asurani jiwa yang tepat buat kita sekeluarga, pastikan melihat masing-masing manfaat asuransi tersebut untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, yang juga sangat penting adalah melihat kemampuan finansial untuk membayar premi.

Misalnya kita ambil contoh kasus Bapak Agus yang berusia 30 tahun dengan gaji Rp 8 juta per bulan.

Tujuan ikut asuransi:

  • Melindungi masa depan istri dan satu anaknya
  • Memiliki dana pensiun yang cukup.
  • Dia tak memerlukan asuransi kesehatan karena dia dan keluarganya sudah tercover asuransi kantor yang lumayan.

Kondisi keuangan keluarga Bapak Agus:

  • Sudah punya rumah dengan cicilan Rp 2 jutaan hingga 10 tahun ke depan
  • Tak ada cicilan lain

Dengan gaji  Rp 8 juta dan diasumsikan naik 5 persen per tahun, kondisi keuangan Bapak Agus itu bisa dikatakan cukup baik.

Melihat kondisi keuangan dan kebutuhannya, Bapak Agus memilih jenis asuransi dwiguna. Dia menandatangani kontrak asuransi 25 tahun dengan uang pertanggungan Rp 500 juta.

Dengan begitu, jika dia misalnya meninggal 20 tahun kemudian, keluarganya akan mendapat Rp 500 juta. Sedangkan jika dia masih hidup saat kontraknya berakhir, keluarganya juga akan tetap menerima Rp 500 juta.

Untuk diketahui, membeli polis asuransi hanya karena tertarik mendengar tawaran agen tanpa mengetahui seluk-beluknya lebih lanjut sangat tidak direkomendasikan.

Sebab salah memilih asuransi taruhannya adalah kondisi keuangan bisa berantakan. Jadi, teliti dan pahami produk asuransi sebelum memilihnya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →