Menilik Fitur Keselamatan All New Honda CR-V yang Ringsek Dikendarai Rini Puspitawati

Belum lama ini, netizen dibuat geger dengan berita kecelakaan menimpa Ragil Supriyanto dan kekasih gelapnya yang merupakan model cantik Rini Puspitawati di Magetan. Gimana gak geger, Honda CR-V yang mereka tumpangi ringsek hingga tak berbentuk.

Menurut laporan di media, mobil bernomor polisi T 1201 EJ itu adalah mobil baru keluaran 2018 dan memang kondisinya masih mulus banget. Namun mobil itu jatuh dari ketinggian 200 meter ke jurang Sarangan.

Kabarnya, mobil itu terguling empat kali sebelum akhirnya mendarat di kebun sayur milik warga. Selain terguling, Honda CR-V berwarna putih itu juga menghantam batu.

Proses evakuasi juga memakan waktu cukup lama, empat linggis bengkok untuk mendongkel mobil tersebut. Rini dikabarkan kritis, sementara kekasihnya meninggal dunia.

Jika ditelisik, CR-V keluaran terbaru yaitu versi turbo memiliki standar keamanan cukup baik. Dalam uji tabrak yang dilakukan New Car Assessment Program for Southeast Asia (ASEAN NCAP), All New Honda CR-V Turbo meraih peringkat keselamatan 5 bintang di bawah new assessment protocol 2017-2020.

Kira-kira apa saja sih fitur keamanan dari mobil yang harganya mulai dari Rp 437 juta ini? Berikut ulasan lengkapnya.

1. SRS Airbag

SRS Airbag (ilustrasi).

Berjenis SUV premium, Honda CR-V ini dilengkapi dengan SRS airbag. Eh tapi ngomong-ngomong apa ya kepanjangan SRS itu?

SRS adalah singkatan dari Supplemental Restraint System. Diterjemahkan menjadi sistem penahan atau pengaman tambahan. Airbag ini diciptakan karena sabuk pengaman saja gak cukup untuk menahan benturan saat kecelakaan.

Dan meski dilengkapi dengan SRS Airbag, pada kenyataannya dalam kecelakaan parah ini timbul juga korban jiwa.

Untuk varian Turbo Prestige, jumlah SRS Airbag di mobil ini mencapai enam buah. Namun untuk yang tipe termurahnya cuma ada dua.

2. Struktur bodi standar Advanced Compatibility Engineering (ACE)

mobil baru
Honda CR-V

Fitur ini menjadi ciri khas keselamatan Honda yang berguna untuk menjaga penumpang di dalamnya. Jadi, bukan hanya sopirnya saja yang aman, penumpangnya pun tetap terjaga keselamatannya.

Intinya, fitur ACE akan melindungi kabin dari segala bentuk benturan. Di samping itu, Honda CR-V juga dilengkapi side impact beam untuk meredam benturan dari sisi mobil.

3. G-Force Technology Control

All New Honda CR-v (Ilustrasi).

G-Force Technology Control alias G-Con adalah teknologi di bidang rekayasa frame mobil. Area bodi panel terbuat dari baja regangan tinggi (high tensile steel), dan dilengkapi dengan pelindung baja pada setiap pintu yang berguna untuk melindungi penumpang agar tidak cedera parah.

Teknologi ini juga bisa melindungi penumpang agar tidak terhimpit ketika terjadi benturan yang cukup keras.

4. Hill start assist

Mobil ringsek (Ilustrasi).

Gak cuma Honda CR-V, rata-rata mobil terbaru masa kini juga memiliki fitur yang satu ini. Apa sih sebenarnya hill start assist atau HSA itu?

HSA merupakan fitur keamanan yang bisa menjaga mobil agar tidak meluncur bebas ketika berada di jalan tanjakan. Akan tetapi, fitur ini cuma bisa menahan mobil selama dua atau tiga detik saja ya.

Intinya, rem dibuat bekerja walaupun pedalnya gak terinjak.

5. Emergency Stop Signal (ESS)

Emergency Stop Signal

Dengan fitur ESS, semua lampu sein mobil Honda CR-V bakal nyala ketika mobil tersebut direm mendadak. Sama seperti kita menekan lampu hazard.

Ketika lampu ini menyala, maka mereka yang berkendara di belakang mobil bisa lebih sigap lantaran mobil di depannya memang sudah melakukan pengereman mendadak.

Fitur ini merupakan fitur standar mobil Eropa. Sebut saja seperti Mercedes-Benz, BMW, Volvo dan VW.

6. Multi angle Rearview camera

Honda

Fitur keamanan terakhir yang patut diketahui adalah Multi angle Rearview camera. Ini merupakan fitur yang memudahkan pengendara untuk parkir.

Dengan adanya kamera ini, maka pengendara gak perlu kesulitan buat parkir tanpa harus berpatok pada kaca spion. So, gak akan kejadian nabrak tiang listrik atau objek lain di area parkir.

Itulah deretan fitur keselamatan dari Honda CR-V seri terbaru. Cukup banyak dan semuanya berteknologi tentunya, dan memang sesuai dengan mobil seharga Rp 400 jutaan.

Namun jika kecelakaan seperti yang dialami Rini, mobil Jepang sekelas CR-V tentu bisa ringsek dan penumpangnya pun terhimpit mobil.

Kejadian itu ternyata berawal dari insiden menabrak pembatas jalan. Dan memang wilayah itu adalah wilayah yang rawan kecelakaan.

So, pesan buat kamu nih guys. Mobil mahal udah pasti dilengkapi dengan teknologi keselamatan yang mumpuni dan sesuai bujet, tapi bukan berarti sah-sah saja ya untuk mengemudi serampangan. (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →