Punya Perusahaan Besar di Indonesia, 4 Pengusaha Ini Jadi Menteri Jokowi

Menteri Jokowi

Jajaran menteri Jokowi sudah dipanggil ke Istana Negara, Jakarta, sejak Senin 21 Oktober hingga Selasa 22 Oktober 2019. Para menteri Jokowi itupun diperkenalkan presiden ke-8 RI hari ini, Rabu (23/10/2019).

Selain dari partai, banyak bermunculan nama-nama baru di dunia politik yang menjadi menteri Jokowi. Salah satunya, pendiri Gojek Nadiem Makarim yang memenuhi undangan Jokowi ke Istana Negara, Senin lalu.

Nadiem pun memastikan telah mengundurkan diri dari Gojek untuk mengemban tugas sebagai menteri di pemerintahan Jokowi dan Ma’ruf Amin hingga 2024 mendatang.

Tak hanya Nadiem Makarim, ada beberapa pengusaha lain yang menjadi calon menteri Jokowi. Beberapa di antaranya pun sudah dipanggil kakek Jan Ethes itu ke Istana Negara.

Siapa saja mereka? Berikut empat pengusaha yang menjadi menteri Jokowi di periode 2019-2024, seperti dirangkum Lifepal:

1. Bahlil Lahadalia

Menteri Jokowi
Bahlil Lahadalia (Instagram/@bahlillahadalia)

Nama pengusaha sukses Bahlil Lahadalia termasuk pengusaha yang mengunjungi Istana Negara, beberapa waktu lalu. Pria berusia 43 tahun ini juga menjadi salah sosok yang sangat menginspirasi.

Hidup serba keterbatasan sejak kecil, membuat Bahlil harus berjuang ekstra untuk bertahan hidup. Ia bahkan pernah menjadi sopir angkot hingga menjual kue di sekolah.

Semasa sekolah, Bahlil memang dikenal sangat aktif berorganisasi, seperti menjadi ketua OSIS dan bergabung di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Bermodal pengalamannya tersebut, pria kelahiran Maluku Utara ini nekat mendirikan perusahaan sendiri.

Dengan begitu banyak sumber daya alam yang melimpah di Tanah Papua, membuat usaha Bahlil sukses berat. Bahkan, kini dia memiliki 10 perusahaan di berbagai bidang yang bergabung di PT Rifa Capital.

Baca juga: Mundur dari Gojek, Juragan Ojek Berharta Rp 1,4 T Siap Jadi Pembantu Presiden

2. Nadiem Makarim

menteri jokowi
Nadiem Makarim (Instagram/@nadiemmakarimofficial)

Masyarakat memang sangat dikejutkan dengan kedatangan Nadiem Makarim ke Istana Negara, Senin 21 Oktober lalu. Pria lulusan Harvard, Amerika Serikat ini memang mempunyai track record yang gak sembarangan.

Nadiem yang dikenal sebagai pendiri Gojek ini sebelumnya pernah bekerja di Zalora Indonesia sebagai Co-Founder serta Managing Editor.

Baru pada tahun 2011, dia menggebrak bisnis di Indonesia dengan mendirikan ojek online, yaitu Gojek yang kini telah berkembang pesat di Indonesia.

Berkat kesuksesannya tersebut, pria kelahiran Singapura, 4 Juli 1984 ini sempat diberikan pujian oleh Presiden Jokowi karena mampu membanggakan nama Indonesia.

3. Wishnutama

menteri jokowi
Wishnutama (Instagram/@wishnutama)

Wishnutama Kusubandio atau yang tenar dengan nama Wishnutama merupakan salah satu pendiri dan Komisaris Utama NET Mediatama Televisi.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Sama halnya dengan Nadiem, Wishnutama juga sempat terlihat mendatangi Istana Negara, beberapa waktu lalu.

Suami Gista Putri ini juga dikenal sebagai orang yang sangat kreatif dan inspiratif. Bahkan, dia menjadi orang yang turut menyukseskan acara-acara Jokowi.

Salah satunya, saat Pembukaan ASIAN Games 2018 silam yang banjir pujian tak hanya di Indonesia, tapi juga berbagai negara lain.

4. Erick Thohir

menteri jokowi
Erick Thohir (Instagram/@erickthohir)

Siapa sih yang gak kenal dengan pengusaha sukses Indonesia Erick Thohir yang tak lain adalah pemilik Mahaka Group.

Mahaka Group merupakan sebuah perusahaan induk yang membawahi beberapa bisnis terkenal di Indonesia, seperti di penyiaran, yakni Gen FM & Jak FM, stasiun televisi Jak TV.

Ada juga Mahaka Advertising, Harian Republika, Golf Digest, Rajakarcis.com dan berbagai perusahaan lainnya yang bergerak di bisnis olahraga dan hiburan.

Pria berusia 49 tahun memang menjadi ketua tim sukses Jokowi dan Ma’aruf Amin selama Pilpres 2019. Namanya pun disebut-sebut akan menjadi menteri di Kabinet Kerja Jilid II.

Itulah empat pengusaha sukses Indonesia yang akan menjadi menteri Jokowi periode 2019-2024. Gimana menurut kalian? (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →