5 Menteri Wanita di Kabinet Kerja Punya Sepak Terjang Mengagumkan

Menteri-wanita-blog

Saat mengumumkan nama-nama yang akan mengisi kursi menteri Kabinet Indonesia Maju, ada beberapa nama menteri wanita yang cukup menarik perhatian.

Misalnya, Menteri Keuangan yang masih dipegang oleh Sri Mulyani Indrawati. Ada juga nama baru, seperti Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang diduduki I Gusti Ayu Bintang Puspayoga.

Para menteri yang tergabung di kabinet Jokowi-Ma’ruf itu memiliki peranan sangat penting untuk memajukan Indonesia di lima tahun mendatang.

Jokowi sambil duduk bersila di tangga Istana Negara memperkenalkan satu persatu jajaran para menteri yang mengisi posisi menteri di masa pemerintahannya periode 2019-2024. 

Dari 38 orang tersebut, ada yang menarik dari jajaran menteri kali ini. Pasalnya, ada beberapa wajah baru, tapi namanya sudah sangat terkenal berkat prestasi yang ditorehkan.

Seperti pendiri Gojek Nadiem Makarim yang dipercaya menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Ada juga Wishnutama yang kini menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Selain itu, para menteri wanita juga turut menjadi sorotan. Pasalnya, ada lima srikandi yang dipilih Jokowi mengisi kursi Kabinet Indonesia Maju.

Meski berasal dari kaum wanita, kalau soal kinerja kerja gak usah diragukan lagi. Untuk itu, Lifepal ingin mengajak kamu berkenalan dengan lima menteri wanita yang prestasinya sangat mengagumkan.

Siapa saja? Yuk, langsung simak di bawah ini:

Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi

Menteri wanita
Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi (Instagram/@retno_marsudi)

Retno Lestari Priansari Marsudi kembali ditunjuk menjadi Menteri Luar Negeri untuk periode 2019-2024 di era pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Wanita berusia 56 tahun itu meraih gelar S1 di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Lalu, dia memperoleh gelar S2 Hukum Uni Eropa di Haagse Hogeschool, Belanda.

Setelah lulus kuliah di Haagse Hogeschool, Belanda, Retno bekerja di Kementerian Luar Negeri Indonesia dan kemudian menjabat sebagai sekretaris di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Den Haag, Belanda.

Kariernya kian meroket, Retno kemudian ditunjuk sebagai Direktur Eropa dan Amerika di tahun 2001. 

Bahkan, di tahun 2005, dia diangkat menjadi Duta Besar Indonesia untuk Norwegia dan Islandia. Berkat kerja kerasnya, dia menjadi orang Indonesia yang mendapat penghargaan “Order of Merit” dari Raja Norwegia.

Wanita kelahiran Semarang, 27 November 1962 ini juga mendapat penghargaan dari UN Women dan Partnership Global Forum (PGF) yang diserahkan langsung oleh Asisten Sekretatis Jenderal PBB, Lakhsmi Puri di Markas Besar PBB, New York pada 2017 lalu.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Dengan segudang prestasi yang ditorehkannya, tentu sangat wajar kalau Retno Marsudi dipercaya kembali menjadi Menteri Luar Negeri.

Baca juga: Sri Mulyani Jadi Menteri Lagi, Ini Sosok Pria di Balik Sang Menkeu

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar

menteri wanita
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar
(Instagram/@siti.nurbayabakar)

Posisi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan di kabinet kerja 2019-2024 juga kembali ditempati Siti Nurbaya Bakar.

Wanita kelahiran Jakarta, 28 Juli 1956 memiliki latar belakang pendidikan yang gak main-main. 

Setelah meraih gelar S1 di Institut Pertanian Bogor, dia melanjutkan S2-nya di International Institute for Aerospace Survey and Earth Science (ITC), Enschede, Belanda dan lanjut studi S3 di Jerman.

Siti Nurbaya mengawali kariernya di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Lampung. Di sana, dia menjabat sebagai Kasubid Analisis Statistik hingga Wakil Ketua Bappeda.

Istri Rusli Rachman ini juga berkecimpung di DPR RI, salah satunya menjadi Sekretaris Jenderal DPR-RI. Baru di tahun 2013, Siti Nurbaya terjun ke dunia politik dan menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

menteri wanita
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
(Instagram/@smindrawati)

Nama Sri Mulyani Indrawati memang seakan mampu menghipnotis banyak orang lewat segudang prestasi yang berhasil ditorehkannya.

Selama tiga kali berturut-turut, Sri Mulyani kembali ditunjuk sebagai Menteri Keuangan, termasuk di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Sebelum menjadi menteri, Sri Mulyani pernah menjabat sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia. Dia kemudian ditunjuk menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekomonian di era pemerintahan SBY.

Namun, di tahun 2010 hingg 2016, wanita berusia 57 tahun ini menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Hingga di tahun 2016, dia dipanggil kembali oleh Presiden Jokowi untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan.

Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah

menteri wanita
Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah
(Instagram/@vibizmediacom)

Ada wajah baru di kabinet kerja Jokowi-Ma’ruf yakni sosok Ida Fauziyah yang ditunjuk sebagai Menteri Tenaga Kerja periode 2019-2024.

Namun, di dunia politik karir wanita kelahiran Mojokerto, 16 Juli 1969 ini sudah tak perlu diragukan lagi. 

Selain menjabat sebagai Ketua Muslimat Nahdlatul Ulama, dia juga pernah menjadi ketua di fraksi Partai Kebangkitan Bangsa DPR RI dan anggota DPR RI.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmavati

menteri wanita
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmavati (Instagram/@klambiabite)

Adalagi wajah baru di jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju yakni Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Dia adalah I Gusti Ayu Bintang Darmavati.

Wanita kelahiran Bali, 24 November 1968 ini merupakan istri dari mantan Menteri Koperasi dan UMKM, Anak Agung Ngurah Puspayoga.

Meski belum banyak informasi mengenai sepak terjangnya di dunia politik. Tapi, Gusti Ayu memiliki prestasi di bidang olahraga yaitu tenis. Dia bahkan pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia Provinsi Bali.

Itulah perjalanan karier para menteri wanita di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Semoga dapat mengemban tugas negara dengan baik. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →