15 Menu Buka Puasa Irit Harganya Kurang dari Rp30 Ribu

Ilustrasi Buka Puasa Bersama alias Bukber (Shutterstock)

Menu buka puasa sehat, lezat, dan irit alias ramah di kantong akan banyak dicari umat Muslim yang berpuasa di bulan Ramadan ini. Pasalnya, kalau setiap hari beli makanan dengan harga menguras kantong, bisa-bisa kehabisan uang saat Lebaran.

Tak bisa dipungkiri, bulan puasa justru akan membuat kamu lebih boros. Apalagi, bila setiap kali menyantap menu buka puasa selalu dengan harga selangit. 

Padahal, di bulan-bulan biasa kamu hanya mengeluarkan uang sekitar Rp15 ribu untuk membeli makan siang dan malam hari. Sementara saat sarapan, kamu bisa stok roti gandum yang satu bungkusnya bisa untuk tiga hari. Irit banget deh!

Nah, dalam satu hari kamu cuma mengeluarkan bujet Rp30 ribu. Kalau seminggu, Rp30 ribu x 7 hari yaitu Rp210 ribu. Ditambah dengan dua roti gandum, Rp30 ribu.

Maka dalam satu minggu, kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp240 ribu untuk sarapan, makan siang dan makan malam. Irit banget kan?

Namun, saat bulan puasa, bisa-bisa pengeluaranmu lebih dari itu. Kok, bisa? Kan makannya cuma dua kali, saat sahur dan buka? Ya bisalah, karena kalau buka puasa, menu makanannya itu beragam banget, seperti:

  • Gorengan Rp5.000
  • Kolak Rp10 ribu
  • Es buah Rp15 ribu
  • Makanan utama Rp30 ribu.

Dalam sekali makan, uang yang harus dikeluarkan Rp60 ribu. Belum lagi saat sahur, sebesar Rp30 ribu. Maka dalam satu hari, kamu mengeluarkan uang sebesar Rp90 ribu.

Apalagi kalau ada ajakan buka puasa bersama teman-teman. Duh, kalau seperti itu mah yang ada siap-siap saja jatuh miskin saat Lebaran!

Karena itu, Lifepal ingin memberikan beberapa rekomendasi ide menu buka puasa irit dan lezat dengan bujet di bawah Rp30 ribu. Pengiritan banget kan?

Uangnya bisa dialokasikan untuk dana darurat, mengingat kondisi pandemi corona saat ini telah membuat krisis ekonomi di seluruh dunia. Sehingga kita harus lebih bijaksana mengatur keuangan.

Dana darurat

Dana darurat tidak hanya dipersiapkan saat masa krisis saja, namun selalu ada sepanjang hidup. Usahakan untuk menyimpan dana darurat minimal enam kali pengeluaran bulanan.

Kamu dapat menyimpannya di rekening tabungan. Hanya saja, rekening tabungan sekalipun yang memiliki bunga tinggi tidak akan mungkin tumbuh sebanyak investasi.

Karena itu, kamu bisa mengalokasikannya ke instrumen investasi pasar uang dan pendapatan tetap terlebih dulu. Dalam krisis ekonomi, kamu masih bisa berinvestasi dengan membeli saham yang harganya tengah diskon. Tapi, bijaklah dalam menggunakan danamu.

Lantas, menu buka puasa apa saja yang irit dan bisa membantumu mengalokasikan uang ke dana darurat? Berikut ini 15 di antaranya:

1. Teh manis hangat dan gorengan

menu buka puasa irit

Buka puasa di Tanah Air memang identik dengan teh manis hangat ditemani beberapa jenis gorengan. Meski sederhana, menyantap keduanya sudah bikin hati senang lho!

Kamu bisa membeli gorengan Rp5.000. Teh manisnya, bikin sendiri di rumah atau di kantor. 

Nah, kamu bisa membeli pecel ayam, sebesar Rp 15 ribu untuk disantap setelah salat tarawih. Jadi hanya perlu mengeluarkan uang Rp20 ribu sudah kenyang dan nikmat banget. Gimana, mau coba menu buka puasa yang irit ini gak?

2. Es kelapa dan ayam crispy

menu buka puasa irit

Menu buka puasa irit selanjutnya adalah dengan es kelapa dan paket ayam crispy. Terlihat mewah, padahal gak keluar uang hingga Rp30 ribu lho.

Kamu hanya perlu merogoh kocek Rp10 ribu untuk membeli es kelapa. Sementara itu, untuk paket ayam crispy, contohnya Sabana, untuk menu dengan nasi dan satu potong ayam dijual sebesar Rp15 ribu.

Jadi dengan mengeluarkan uang Rp25 ribu, kamu sudah bisa buka puasa dengan menu yang lezat. Menyenangkan banget, kan?

3. Es buah dan roti

menu buka puasa irit

Es buah dan roti juga bisa jadi perpaduan menu buka puasa yang bisa memanjakan lidahmu. Bahkan, uang yang harus kamu keluarkan juga gak akan mencekik leher kok!

Untuk seporsi es buah, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp10 ribu. Sedangkan roti yang dijual di mal-mal yang sudah pasti rasanya enak juga dijual dengan harga Rp10 ribu. 

Berarti, kamu hanya perlu menyiapkan bujet Rp20 ribu saja untuk menu buka puasa irit ini!

4. Es jeruk dan nasi goreng

menu buka puasa irit

Ada sebagian orang yang harus makan berat usai buka puasa. Gak perlu khawatir, kamu bisa tetap buka puasa enak dengan hanya ngeluarin uang sedikit.

Boleh dicoba buka puasa menggunakan es jeruk dan nasi goreng yang kalau dirincikan gak sampai Rp 30 ribu. Nasi goreng, Rp 15 ribu dan es jeruk cuma Rp 5.000. Enak kan?

5. Kolak dan buah kurma

Buka puasa memang kurang lengkap rasanya tanpa menyantap buah kurma dan kolak. Nah, kamu bisa mengombinasikan keduanya untuk jadi menu buka puasa irit hari ini ya.

Kolak yang bisa dipilih mulai dari kolak pisang hingga biji salak, biasanya dijual sebesar Rp10 ribu. 

Sedangkan kurmanya, bisa kamu bawa di rumah. Lebih irit banget kalau buka puasanya begini.

6. Air putih dan nugget pisang

Nugget pisang merupakan salah satu camilan yang kini tengah kekinian banget. Bahkan, beberapa selebriti seperti Gisel diketahui membuka bisnis pisang nugget.

Untuk satu kotak pisang nugget umumnya dijual mulai dari Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu. 

Sudah pasti kenyang banget kan, buka puasa dengan sekotak nugget pisang. Air putih menjadi pendamping menu buka puasa yang pas nih.

7. Menu buka puasa irit, Es campur dan lontong isi

menu buka puasa

Usai menahan dahaga sejak Subuh hingga Maghrib, memang paling enak saat buka puasa menyantap minuman yang dingin, manis, dan lezat.

Tenang, kamu bisa membeli es campur yang biasanya dijual sekitar Rp15 ribu di pinggir jalan. 

Untuk makanannya, kamu bisa membeli beberapa lontong isi dengan harga sekitar Rp10 ribu, agar bisa kenyang lebih lama.

8. Jus kurma dan macaroni schotel

menu buka puasa irit

Bosan mengonsumsi buah kurma gitu-gitu saja? Kenapa gak mencoba mengkreasikan buah kurma jadi menu makanan yang lezat? Salah satunya, dengan dijadikan jus.

Kamu bisa membawa beberapa potong buah kurma dari rumah buat yang buka puasa di luar, misalnya kantor. 

Kemudian, kamu bisa menyantapnya bersama macaroni schotel yang banyak dijual dengan kisaran harga Rp10 ribu hingga Rp15 ribu saja. Menu buka puasa irit yang satu ini menggiurkan banget kan?

9. Salad buah dan risoles mayo

menu buka puasa

Ide menu buka puasa irit dan lezat selanjutnya yang bisa kamu coba adalah kombinasi salad buah dan risoles mayo. Selain sehat dan lezat, sudah pasti gak bikin kantong kebobolan.

Kamu hanya perlu mengeluarkan bujet Rp15 ribu dan Rp10 ribu untuk risoles mayonya. Meski murah, tapi tetap bisa menggoyang lidah kan?

10. Es cendol dan serabi

menu buka puasa

Kebayang gak sih buka puasa dengan menggunakan es cendol yang didampingi dengan serabi lezat? Duh, bikin ngiler banget kan?

Gak usah khawatir, kamu bisa mewujudkannya tanpa bikin dompet kamu meringis. Es cendol banyak dijual dengan kisaran harga Rp5.000 dan sekotak serabi isi 10 dijual dengan harga Rp25 ribu.

Hanya dengan Rp30 ribu, kamu sudah bisa berbuka puasa dengan menu kesukaan dan pastinya bikin perut kenyang. Setuju?

11. Es pisang ijo dan bakwan udang 

menu buka puasa

Menu takjil buka puasa yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan ini cocok buat kamu yang mau mengonsumsi pisang namun dengan tambahan es yang segar. Beberapa waktu belakangan menu yang satu ini populer dibicarakan orang dan udah banyak pedagang yang menjualkannya di pinggir jalan.

Es pisang ijo bisa dikonsumsi dengan membelinya Rp5 ribu per potong. Sementara bakwan udang bisa dibeli dengan harga Rp5 ribu per potong.

12. Biji salak dan pastel sayur

 

menu buka puasa

Menu takjil buka puasa sehat dan murah lainnya adalah biji salak. Camilan ini biasa disajikan bersamaan dengan bubur sumsum atau kolak.

Tekstur biji salak yang kenyal dan gula merah yang manis gurih membuat banyak orang kangen menyantap takjil ini di bulan Ramadan. 

Untuk membeli biji salak, kamu cukup merogoh kocek Rp8 ribu per porsi. Sementara pastel sayurnya bisa dibeli Rp2.500 per potong. Murah meriah banget kan!

13. Bubur sumsum dan kue basah

menu buka puasa

Menu satu ini memiliki perpaduan rasa manis dan gurih yang mampu mengganjal perut sebelum makan besar. Tak heran, bubur sumsum yang banyak dijajakan di pinggir jalan selalu menjadi salah satu menu wajib di setiap bulan puasa.

Buat kamu yang ingin menyiapkan takjil satu ini sebagai menu saat azan Magrib berkumandang, bisa merogoh kocek Rp8 ribu hingga Rp10 ribu saja.

Takjil buka puasa sehat lainnya adalah kue basah yang bisa ditemukan di pasar atau toko kue. Kue basah menyajikan beragam menu camilan yang nyaman untuk perut kamu setelah lebih dari 12 jam menahan lapar, dan haus.

Untuk mencicipi menu ini, kamu hanya perlu merogoh kocek antara Rp1.500 hingga Rp3.500 per buah.

Jadi, perpaduan menu buka puasa bubur sumsum dan kue basah hanya kurang dari Rp20 ribu. Irit kan!

14. Batagor dan es teh manis

menu buka puasa

Batagor dikenal sebagai salah satu makanan khas Jawa Barat yang enak disantap ketika perut sedang lapar.

Biasanya batagor juga disajikan bersama menu lainnya seperti siomay, tahu, atau otak-otak dan disajikan dengan bumbu kacang serta kecap. Kamu bisa membeli seporsi batagor dengan harga Rp10 ribu saja.

Ditemani segelas es teh manis yang bisa dibuat di rumah, menu buka puasa satu ini sangat irit. Sehingga, bisa membantumu mengalokasikan uang untuk dana darurat.

15. Bakso dan es jeruk

menu buka puasa

Nah, menu pamungkas ini salah satu favorit masyarakat Indonesia. Menyantap semangkuk bakso ditemani es jeruk merupakan padanan pas yang bisa menghilangkan lapar dan dahaga.

Kamu hanya perlu merogoh kocek Rp12 ribu hingga Rp15 ribu untuk semangkuk bakso, dan Rp5 ribu hingga Rp8 ribu untuk segelas es jeruk.

Jadi, hanya dengan uang Rp20 ribu, kamu sudah bisa menyantap menu lezat dan pastinya tak membuat kantong jebol.  

Itu dia 15 menu buka puasa irit dan lezat di bawah Rp30 ribu yang bisa kamu coba selama bulan Ramadan.

Meski irit, bukan berarti gak bisa mengonsumsi makanan enak. Karena yang bikin kantong jebol selama bulan puasa itu ya lapar mata. 

Penginnya beli semua makanan. Padahal, dengan cerdas mengkombinasikan menu makanan, gak cuma lidah yang dimanjakan, tapi dompet juga ikut tersenyum. 

Semoga 15 ide menu takjil irit di atas bisa membantumu lebih hemat dan bisa mengalokasikan dana darurat. Kamu juga bisa mengecek keuanganmu dengan mudah di Lifepal financial checker secara online!  (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →