Manjakan Lidah tanpa Menyiksa! Ini 10 Ide Menu Buka Puasa Irit di Bawah Rp 30 Ribu

Ilustrasi Buka Puasa Bersama alias Bukber (Shutterstock)

Ilustrasi Buka Puasa Bersama alias Bukber (Shutterstock)

Tak sedikit orang yang bertanya, apa ya menu buka puasa irit tapi lezat. Pasalnya, kalau setiap hari beli makanan dengan harga yang menguras kantong, bisa-bisa gak bisa ikut lebaran karena uangnya udah habis.

Memang tak bisa dipungkiri, bulan puasa itu faktanya justru akan membuat kamu lebih boros. Kenapa bisa begitu?

Sebab, kalau di bulan-bulan biasanya paling kamu mengeluarkan uang sekitar Rp 15 ribu untuk membeli makan siang dan malam hari. Sementara saat sarapan, kamu bisa stok roti gandum yang satu bungkusnya bisa untuk tiga hari. Irit banget pokoknya.

Itu artinya, dalam satu hari kamu cuma mengeluarkan bujet Rp 30 ribu. Kalau seminggu, Rp 30 ribu x 7 hari yaitu Rp 210 ribu. Ditambah dengan dua roti gandum, Rp 30 ribu.

Maka dalam satu minggu, kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 240 ribu untuk sarapan, makan siang dan makan malam. Irit banget kan?

Tapi kalau bulan puasa, bisa-bisa pengeluaran lebih dari itu. Kok, bisa? Kan makannya cuma dua kali, saat sahur dan buka? Iya bisalah, karena kalau buka puasa, menu makanannya itu beragam banget, seperti:

  • Gorengan, Rp 5.000
  • Kolak, Rp 10 ribu
  • Es buah, Rp 15 ribu
  • Makanan utama Rp 30 ribu.

Dalam sekali makan, uang yang keluar Rp 60 ribu. Belum lagi saat sahur, sebesar Rp 30 ribu. Maka dalam satu hari, kamu mengeluarkan uang sebesar Rp 90 ribu.

Apalagi kalau ada ajakan buka puasa bersama teman-teman. Duh, kalau seperti itu mah yang ada siap-siap aja jatuh miskin pas lebaran.

Karena itu, kali ini MoneySmart.id ingin memberikan beberapa rekomendasi ide menu buka puasa irit dan lezat dengan bujet di bawah Rp 30 ribu. Pengiritan banget kan? Uangnya bisa buat beli baju lebaran keluarga deh.

Apa saja itu menu buka puasanya? Berikut ini sepuluh di antaranya:

Baca juga: 20 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Bakal Menggoyang Lidah di Bulan Ramadan

1. Teh manis hangat dan gorengan

menu buka puasa irit
Gorengan. (Shutterstock)

Buka puasa emang paling enak menyeruput teh manis hangat ditemani dengan beberapa gorengan. Sederhana, tapi dengan menyantap keduanya udah bikin senang banget kan.

Beli gorengan Rp 5.000. Teh manis, buat sendiri di rumah atau di kantor. Nah, kamu bisa membeli pecel ayam, sebesar Rp 15 ribu untuk disantap setelah shalat tarawih. Jadi hanya perlu mengeluarkan uang Rp 20 ribu udah kenyang dan nikmat banget. Gimana, mau coba menu buka puasa yang irit banget ini?

Baca juga: 20 Makanan Buka Puasa ala Timur Tengah Ini Dijamin Menggoyang Lidah

2. Es kelapa dan ayam crispy

menu buka puasa irit
Es kelapa. (Shutterstock)

Menu buka puasa irit selanjutnya adalah dengan es kelapa dan juga paket ayam crispy. Terlihat mewah, padahal gak keluar uang hingga Rp 30 ribu lho.

Kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 10 ribu untuk membeli es kelapa. Sementara itu, untuk paket ayam crispy, contohnya Sabana, untuk menu dengan nasi dan satu potong ayam dijual sebesar Rp 15 ribu.

Jadi dengan mengeluarkan uang Rp 25 ribu, kamu udah bisa buka puasa dengan menu yang lezat. Menyenangkan banget kan?

Baca juga: Bikin Nagih! 6 Takjil Buka Puasa Sehat Ini Harganya Cuma Rp 10.000 Lho!

3. Es buah dan roti

menu buka puasa irit
Es buah. (Shutterstock)

Es buah dan roti juga bisa jadi perpaduan menu buka puasa yang bisa memanjakan lidahmu. Lagipula uang yang harus kamu keluarkan juga gak mencekik leher kok.

Untuk seporsi es buah, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 10 ribu. Sedangkan roti yang dijual di mal-mal yang udah pasti rasanya enak, juga dijual dengan harga Rp 10 ribu. Berarti, kamu hanya perlu menyiapkan bujet Rp 20 ribu doang lho buat menu buka puasa irit ini.

4. Es jeruk dan nasi goreng

menu buka puasa irit
Nasi goreng. (Shutterstock)

Ada sebagian orang yang harus makan berat usai buka puasa. Gak perlu khawatir, kamu bisa tetap buka puasa enak dengan hanya ngeluarin uang sedikit.

Boleh dicoba buka puasa menggunakan es jeruk dan nasi goreng yang kalau dirincikan gak sampai Rp 30 ribu. Nasi goreng, Rp 15 ribu dan es jeruk cuma Rp 5.000. Enak kan?

5. Kolak dan buah kurma

menu buka puasa irit
Kolak. (Shutterstock)

Buka puasa memang kurang lengkap rasanya tanpa menyantap buah kurma dan kolak. Nah, kamu bisa mengkombinasikan keduanya untuk jadi menu buka puasa irit kamu hari ini ya.

Kolak, mulai dari kolak pisang hingga biji salak, biasanya dijual sebesar Rp 10 ribu. Sedangkan kurma, bisa kamu bawa di rumah. Lebih irit banget kalau buka puasanya begini.

6. Air putih dan Nugget pisang

menu buka puasa irit
Nugget pisang. (Shutterstock)

Nugget pisang merupakan salah satu camilan yang kini tengah kekinian banget. Bahkan beberapa selebriti seperti Gisel diketahui membuka bisnis pisang nugget.

Untuk satu kotak pisang nugget, umumnya dijual mulai dari Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu. Udah pasti kenyang banget kan, buka puasa dengan sekotak nugget pisang. Air putih menjadi pendamping menu buka puasa yang pas nih.

7. Menu buka puasa irit, Es campur dan lontong isi

menu buka puasa irit
Es campur. (Shutterstock)

Usai menahan dahaga sejak subuh hingga maghrib, memang paling enak saat buka puasa menyantap minuman yang dingin, manis dan lezat tentunya.

Tenang, kamu bisa membeli es campur yang biasanya dijual sekitar Rp 15 ribu di pinggir jalan. Untuk makanannya, kamu bisa membeli beberapa lontong isi dengan harga sekitar Rp 10 ribu, agar bisa lebih kenyang lama.

8. Jus kurma dan macaroni schotel

menu buka puasa irit
Makaroni schotel. (Shutterstock)

Bosan mengonsumsi buah kurma gitu-gitu aja? Kenapa gak coba kreasikan buah kurma menjadi menu makanan yang lezat? Salah satunya adalah dengan dijadikan jus.

Kamu bisa membawa beberapa potong buah kurma dari rumah buat yang buka puasa di luar, misalnya kantor. Kemudian, kamu bisa menyantapnya bersama macaroni schotel yang banyak dijual, kisaran harganya Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu saja. Menu buka puasa irit yang satu ini menggiurkan banget kan?

9. Salad buah dan risoles mayo

menu buka puasa irit
Salad buah. (Shutterstock)

Ide menu buka puasa irit nan lezat selanjutnya yang bisa kamu coba adalah kombinasi salad buah dan risoles mayo. Selain sehat dan lezat, udah pasti gak bikin kantong kebobolan.

Kamu hanya perlu mengeluarkan bujet Rp 15 ribu dan Rp 10 ribu untuk risoles mayonya. Meski murah tapi tetap bisa menggoyang lidah kan?

10. Es cendol dan Serabi

menu buka puasa irit
Serabi. (Shutterstock)

Kebayang gak sih buka puasa dengan menggunakan es cendol yang didampingi dengan serabi lezat? Duh, bikin ngiler banget kan?

Gak usah khawatir, kamu bisa mewujudkannya tanpa bikin dompet kamu meringis. Es cendol banyak dijual dengan kisaran harga Rp 5.000 dan sekotak serabi isi 10 dijual dengan harga Rp 25 ribu.

Hanya dengan Rp 30 ribu, kamu udah bisa berbuka puasa dengan menu kesukaan dan pastinya bikin perut kenyang. Setuju?

Nah, itu dia sepuluh menu buka puasa irit dan lezat di bawah Rp 30 ribu yang bisa kamu coba nih selama bulan Ramadan.

Lagipula, irit bukan berarti gak bisa mengonsumsi makanan enak kok. Karena yang bikin kantong jebol selama bulan puasa itu ya laper mata. Penginnya beli semua makanan. Padahal, dengan cerdas mengombinasikan menu makanan, gak cuma lidah yang dimanjakan, tapi dompet juga ikut tersenyum. (Editor: Ruben Setiawan)