Toyota Masih Juara! Ini Deretan Merek Mobil Paling Laku Sepanjang Tahun 2019

merek mobil

merek mobil

Kendaraan roda empat masih menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia, apalagi di kota-kota besar, mobil selalu menjadi penghias aspal jalan raya. Nah pasar otomotif Tanah Air masih didominasi oleh merek mobil asal Jepang. 

Entah fanatik dengan merek Jepang, atau memang suku cadang pabrikan mobil tersebut masih terjangkau dengan kantong masyarakat Indonesia. Atau bahkan dari segi peforma hingga nilai after sales-nya masih wajar ketimbang merek lainnya. 

Tak hanya itu, masyarakat Indonesia juga memiliki nilai-nilai sosial yang meyakini jika seseorang membeli mobil maka akan dipandang berhasil atau sukses.

Tercatat, sepanjang tahun 2019 lalu, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan wholesales (distribusi dari pabrik ke diler) kendaraan penumpang dan komersial mencapai 940.362 unit.

Sedangkan, penjualan retail sales (dari diler ke konsumen) totalnya tak jauh berbeda yakni sebanyak 940.010 unit. Berikut ini deretan merek mobil yang paling laku di Indonesia. Yuk intip aja di bawah sini.

Baca juga: Wiih, Ini Dia 5 Mobil Termahal di Dunia dan Para Pemiliknya

1. Toyota salah satu merek mobil yang paling laku

merek mobil
Toyota masih paling laku di Indonesia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Jika dilihat berdasarkan merek mobil, Toyota menempati peringkat pertama dengan penjualan mobil paling banyak selama 2019.

Produsen otomotif asal Negeri Sakura tersebut memiliki pangsa pasar sebesar 32 persen dengan melepas 304.344 unit mobil ke diler. Sedangkan untuk retail sales Toyota menjual 297.584 unit ke konsumen.

Baca juga: 5 Mobil LCGC yang Paling Laris di Sepanjang Tahun 2019, Harganya Ramah di Kantong!

2. Daihatsu

merek mobil
Daihatsu Terios salah satu andalan pabrikan asal Jepang ini jualan di Indonesia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kemudian duduk di peringkat kedua ada Daihatsu yang menjual 166.429 unit (wholesales). Sedangkan retail sales Daihatsu tercatat sebanyak 159.431 unit. Daihatsu juga merupakan salah satu pabrikan mobil yang cukup digemari oleh banyak konsumen Indonesia. 

Baca juga: Cuma 1 Unit! Begini Cantik dan Mewahnya Kolaborasi Bugatti Chiron dengan Hermes

3. Honda

merek mobil
Honda masuk dalam jajaran mobil paling laku di Indonesia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selain itu, peringkat ketiga terdapat Honda dengan jumlah wholesales 125.034 unit dan retail sales 135.076 unit. Bagi anak muda atau eksekutif muda, memiliki mobil dengan merek ini terbilang prestis. 

Honda yang saat ini memiliki andalannya CR-V dan HR-V merupakan jagoan Honda buat jualan. 

4. Mitsubishi Motors

merek mobil
Xpander masih menjadi andalan Mitsubishi jualan di Indonesia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Peringkat keempat, terdapat Mitsubishi Motors dengan jumlah wholesales 109.195 unit dan retail sales 110.654 unit. Xpander masih menjadi andalan Mitsubishi buat berjualan di pasar otomotif Indonesia. 

Selanjutnya, peringkat kelima ada Suzuki dengan penjualan, 90.267 unit, keenam Mitsubishi Fuso 39.243 unit, ketujuh ada Hino dengan penjualan 27.953 unit.

Posisi tiga terakhir yakni, kedelapan terdapat Isuzu dengan penjualan 22.702 unit, Wuling 17.731 unit, dan Nissan 11.713 unit.

Tahun 2020 ditargetkan tembus 1 juta unit

merek mobil
Penjualan mobil di Indonesia pada tahun 2020 ditargetkan laku 1 juta unit, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sementara itu, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, selama tahun 2019 terdapat beberapa momentum yang cukup besar terhadap penjualan mobil.

“Seperti adanya Pilkada serentak dan juga Lebaran yang maju di semester pertama memberikan pengaruh cukup besar untuk industri otomotif,” ujar Anton kepada Moneysmart.id.

Anton mengatakan, hingga kini Toyota berhasil mendapat market share sebesar 32.4 persen meningkat dari 30 persen di tahun sebelumnya. Dirinya memprediksi, pada tahun 2020 ini penjualan mobil di Indonesia akan mencapai kurang lebih satu juta unit selama satu tahun.

Akan tetapi, kata Anton, penjualan mobil akan sangat berpengaruh dari berbagai kebijakan pemerintah, dan juga keaktifan para pelaku industri otomotif di Indonesia.

“Kedepannya kemungkinan pasar masih akan berada di range yang sama plus minus 1 juta untuk setahun penuh. Harapannya pemerintah dan juga semakin aktifnya para pemain di industri otomotif meluncurkan layanan maupun produk-produk baru juga diharapkan akan dapat memberikan dorongan positif ke pasar di tahun depan,” tambah Anton.

Sedangkan dari sisi kelangan anak muda milenial, masih menjadi potensi pasar yang menjanjikan kedepan.

“Proporsi utama pembeli muda ataupun milenial, khususnya memang berada di mobil-mobil yang dasarnya ditujukan untuk anak muda dan sejauh ini angkanya cukup konsisten. Yakni Agya dan Yaris menjadi produk dengan rata-rata tertinggi di mana selama 5 tahun terakhir 40 persen pembelinya berusia dibawah 35 tahun,” pungkasnya.

Suzuki tancap gas penjualan mobil milenial

merek mobil
Suzuki bakal tancap gas nih di 2020 buat penjualan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Head of Brand Development & Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales Harold Donnel memprediksi, tren penjualan tahun 2020 mobil masih akan didominasi Low Multi Purpose Vehicle (LMPV). 

Meski begitu Sport Utility Vehicle (SUV) juga mulai bergeliat, tapi LMPV masih akan menjadi kontributor terbanyak. 

“Penjualan mobil sendiri dipengaruhi beberapa faktor, seperti adanya produk baru atau refreshment, regulasi pemerintah, dan tingkat kompetisi,” ujar Harold kepada Moneysmart.id.

Sedangkan dari sisi kalangan muda, Suzuki akan terus meningkatkan penjualan kendaraan yang lebih dinamis dan sporty 

“Saat ini Suzuki terus meningkatkan porsi penjualan ke kalangan muda dengan menelurkan produk-produk yang lebih dinamis seperti Ignis, Baleno, dll. Porsi saat ini ada di kisaran 30 persen. Saat ini konsumen muda Suzuki cenderung mencari model-model yang lebih kompak seperti city car, yaitu Ignis, Baleno, dan Karimun Wagon,” pungkas Harold.

Nah itu deretan merek mobil yang paling laku di pasar otomotif Indonesia. Di 2020 kita tunggu saja ya pergerakan pasar dunia otomotif di Tanah Air. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis